CARA MENGETAHUI ANAK PAUD YANG BERBAKAT "TES BAKU"

Sabtu, 13 Agustus 2016

PAUD-Anakbermainbelajar---Dalam pendidikan anak usia dini PAUD, untuk mengetahui anak berbakat kita harus menyelami lebih jauh berbagai aspek yang melingkupi seluruh diri anak. Kita sering melihat hal-hal luar biasa yang bisa dilakukan anak sesuai dengan usia mereka. Anak-anak seperti ini sering disebut anak berbakat, yaitu anak dengan kemampuan kecerdasan pada satu atau beberapa bidang yang berada sangat jauh di atas rata-rata kemampuan anak sebayanya. Kemampuan anak tersebut dapat dilihat dibidang akademik, seperti matematika atau sains, bidang seni visual atau performa (melukis, menggambar, mengarang, musik, menyanyi, atau seni peran), kreativitas, kepemimpinan, atau bidang yang berkaitan dengan fisik dan psikomotor, seperti lari, berenang, basket dll. Kenyataannya pada anak berbakat ini, kemampuan yang luar biasa tersebut tidak hanya terbatas pada skor kecerdasan umum (IQ) saja. 

Untuk mengetahui dan meyakinkan kita, jika anak kita memang berbakat, tentu saja diperlukan berbagai pertimbangan. Umumnya pertimbangan pertama adalah potensi kecerasan anak, yang diukur melalui tes kecerdasan baku, seperti Wechsler atau Stanford-Binet. Skor kecerdasan umum (IQ) anak berbakat berada di atas 130. Namun harus diingat bahwa bukar skor IQ saja yang dipertimbangkan, dalam menentukan berbakat tidaknya anak. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan, dalam menentukan berbakat tidaknya anak. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah kreativitas, serta komitmen terhadap tugas dan bidang yang menunjukan keberbakatan anak, yaitu bidang di mana anak menunjukan kemampuan yang luar biasa dan di atas kemampuan anak-anak sebayanya.

Untuk mengamati anak kita berbakat atau tidak, dapat dicermati dari karakteristik anak itu sendiri. Beberapa karakteristik anak berbakat yang dapat diamati sebagai panduan untuk mengetahui gambaran kemampuan anak dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel Karakteristik Anak Berbakat

Meskipun anak PAUD berbakat menunjukan kemampuan yang berbeda-beda dalam bidang keberbakatannya, secara umum anak berbakat menunjukan kemampuan belajar dengan mudah dan cepat. Selain itu, anak berbakat memiliki fleksibilitas dalam ide-ide dan penyelesaian tugas, serta lebih dulu mampu berpikir abstrak pada usia di mana anak sebayanya belum mampu. Di samping itu, kebanyakan anak berbakat memiliki self esteem yang tinggi, keterampilan sosial dan penyesuaian diri yang baik. 

Pada anak berbakat yang sesungguhnya, sifat perkembangan bakatnya tidak hanya sementara, keberbakatannya ini dapat menjadi tolak ukur bagi bakat mereka kelak ketika sudah dewasa. Banyak anak-anak berbakat ini menjadi orang-orang sukses ketika mereka dewasa dengan bakat yang dimilikinya, ini sekali lagi tentunya dengan penanganan dan arahan yang tepat dari orang dewasa disekitarnya.

Demikian tulisan ringkas tentang cara mengetahui anak PAUD yang berbakat menurut teori, semoga bermanfaat. terimakasih.



17.16.00

0 komentar: