HARAPAN DAN KONDISI PAUD DI INDONESIA

Selasa, 23 Juli 2013

Gambaran tentang cita-cita dan kondisi nyata tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia secara rinci telah dipaparkan pada bab-bab sebelumnya. Namun untuk mengingatkan kembali serta memperkuat komitmen nasional tentang betapa pentingnya diadakan "Gerakan Nasional PAUD", Secara ringkas harapan dan kondisi sebenarnya tentang PAUD di Indonesia perlu dikemukakan kembali.

Cita-cita besar pembangunan PAUD di Indonesia adalah ingin mengantarkan anak Indonesia menjadi anak yang cerdas secara komprehenshif. Diharapkan mereka kelak menjadi instrumen dan Investasi pembangunan bangsa sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu PAUD dalam sistem Pendidikan Nasional maupun dalam kerangka pembangunan sumberdaya manusia sangat fundamental dan harus menjadi perhatian utama. Namun, hingga akhir tahun 2010 pembangunan PAUD di Indonesia masih belum mencapai harapan, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Secara kuantitatif pembangunan PAUD baru mencapai APK 53,70%. Begitupun secara kualitatif, sebagai mana yang diuraikan sebelumnya; capaian mutu PAUD belum menunjukan sesuai yang diharapkan juga. Semakin mencolok perbedaannya, jika dibandingkan dengan negara-negara lain, posisi capaian pembangunan PAUD Indonesia termasuk tertinggal.

Gambaran tersebut mengisyaratkan diperlukan suatu tindakan khusus, bahkan ekstra dukungan dari semua fihak agar ketercapaian bangunan PAUD dapat lebih cepat terwujud. Tindakan yang paling rasional dan memungkinkan adalah dengan membangun kesadaran segenap komponen dan sumberdaya bangsa serta bertumpu pada kemandirian potensi nasional untuk secara bersama-sama dan bahu-membahu bergerak dan berpartisipasi dalam pembangunan PAUD. Oleh karena itu kegiatan yang dapat "memobilisasi" semua potensi perlu segera digulirkan. Kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk: "Gerakan Nasional PAUD".

Sumber : Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periodan 2011 -2025



11.59.00

0 komentar: