TIPS MENDIDIK ANAK AGAR PEMURAH HATI

Minggu, 07 Juli 2013

Agar anak menjadi pemurah hati, senang berbagi dan memberi kepada sesama berikut ada beberapa tips yang dapat ayah dan bunda lakukan bersama-sama anak :

1. Biasakan kita memberi bekal atau makanan lebih untuk anak, minimal dua, satu untuk dia sendiri, satu untuk dibagi. dan beri uang receh untuk diberikan kepada pengemis.

2. Biasakan anak membagi kebahagiaan dengan memberi. Kalau punya kue dan makanan, anak dibiasakan membagi dengan membelah kua menjadi dua, satu untuk dia dan satu disuapkan kepada bunda.

3. Kalau bertemu pengemis dan orang miskin; jelaskan kepada ananda bahwa untuk bisa makan, pengemis membutuhkan sedekah dari orang yang lebih mampu, karena itu ananda diajarkan untuk selalu membantu mereka.

4. Ajak sikecil beres-beres, membongkar isi lemari pakaian dan rak mainan. Baju, mainan, sepatu, dan tas yang masih layak pakai, kami bagi ke anak bapak satpam, tukang sampah, atau anak yatim piatu.

5. Bacakan anak cerita yang sisinya ringan mudah dimengerti dan mendidik tentang bagaimana kita harus saling memberi dan berbagi.

6. Kalau menonton reality show yang menayangkan kepedulian kepada orang susah, kita jelaskan kepada anak bahwa kita lebih beruntung dibandingkan mereka, sehingga ia harus lebih peduli kepada teman-teman sebayanya yang kesusahan,

7. Dekati anak agar selalu mau sharing dengan kita, jika anak sudah mau sharing dan bertanya macam-macam kita harus pintar dan cerdas mencari jawaban yang kongrit sambil menerangkan alasan dan maknanya sehingga dapat diterima anak.



12.08.00

0 komentar: