ISTILAH DAN PENGERTIAN PERAN BUNDA PAUD

Jumat, 08 November 2013

Awal diperkenalkan tentang program bunda PAUD, banyak masyarakat terutama orang tua bahkan pendidik PAUD yang belum memahami istilah dan pengertian Bunda PAUD. Hingga sekarang setelah beberapa tahun berjalan program bunda PAUD berdasarkan pengamatan penulis masih banyak masyarakat yang belum memahami konsepsi tentang bunda PAUD ini.

Bunda PAUD Nasional Ibu Negara, Ibu Ani Susilo Bambang Yudoyono, Ibu Ani Bunda PAUD, Ibu Presiden bunda PAUD

Berbicara tentang Bunda PAUD tentunya tidak terlepas dari Gerakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini atau di sebut Gerakan Nasional PAUD. Gerakan nasional PAUD adalah upaya memobilisasi semua komponen dan sumber daya bangsa dalam rangka percepatan dan perluasan pelaksanaan PAUD yang bermutu. Gerakan nasional ini perlu dipayungi oleh perangkat hukum dan mandat yang jelas sehingga dapat terlaksana secara lebih terarah, sistematis, terukur, terkendali serta tepat sasaran. 

Istilah dan pengertian dari Peran Bunda PAUD adalah sebagai simbol sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan di seluruh tanah air, mulai dari jenjang pemerintahan terendah Desa/kelurahan hingga Nasional, keberadaan Bunda PAUD dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Bunda PAUD, Apresiasi Bunda PAUD, Bunda PAUD Kota, Bunda PAUD Kota Banjarmasin,


Bunda PAUD dari masing-masing jenjang pemerintahan adalah sebagai berikut :

1. Bunda PAUD Nasional
Bunda PAUD Nasional dalam hal ini adalah Ibu Negara, berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Indonesia dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD secara nasional.

2. Bunda PAUD Propinsi
Bunda PAUD Propinsi berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Propinsi dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Propinsi.

3. Bunda PAUD Kabupaten/kota
Bunda PAUD Kabupaten/kota berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Kabupaten/kota dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Kabupaten/kota.

4. Bunda PAUD Kecamatan
Bunda PAUD Kecamatan berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Kecamatan dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Kecamatan.

5. Bunda PAUD Desa/Kelurahan 
Bunda PAUD Desa/Kelurahan berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Desa/Kelurahan dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Desa/Kelurahan.

Demikian tentang Istilah dan pengertian peran bunda PAUD. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber : Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011 - 2025, Dirjen Pendidikan Anak Usia, Non Formal dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional 2011.



11.01.00

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thank you..