CARA MEMBUAT APE PERMAINAN ADONAN (LEMPUNG) UNTUK ANAK

Kamis, 07 November 2013

Permainan adonan lempung atau seperti lilin mainan ini untuk anak betujuan untuk Melatih motorik halus dan kasar anak serta mengembangkan  imajinasi sesuai dengan usia anak.

Adapun bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat adonan lempung ini adalah:  

Cara dengan Adonan 1: 

 
- 3 cangkir tepung terigu

Tepung untuk membuat Adonan, Tepung media bermain, bermain tepung, anak paud main tepung

  
- 1 cangkir garam

  
- 1 cangkir air



  
- Pewarna Makanan
  



- Setengah cangkir minyak kelapa


Cara Membuat Adonen Lempung

Cara Membuatnya :Campur tepung dan garam, tambahkan secara perlahan-lahan air dan minyak lalu aduk perlahan-lahan dengan tangan (diuleni) sampai terbentuk menjadi adonan.
Campuran tadi, dicampur/diaduk bersama-sama dengan tangan sampai tercampur rata. Campur. terus hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk menjadi bentuk mainan liat yang disukai anak (lihat video tutorial cara mencampur bahan Adonen Lempung). Adonan siap dibentuk menjadi berbagai benda disesuaikan dengan usia dan imajinasi anak. Adonan ini bisa disimpan selama 1 bulan atau lebih di kulkas/alat pendingin, bila tidak dipakai. 



Selain bahan dan cara di atas dapat pula dibuat adonan lempung dengan cara menggunakan campuran adonan 2 seperti di bawah ini :

Cara dengan Adonan 2 :  

Cara kedua ini juga merupakan pembuatan adonan lempung untuk pembuatan lilin mainan anak paud. Untuk cara kedua ini sebaiknya hanya untuk diberikan pada anak USIA Taman Kanak-kanak. Karena ada bahan dasar sabun yang takutnya bisa termakan oleh anak. 
- 1 cangkir tepung kanji (aci)  
- 1 cangkir air  
- 3 cangkir serpihan sabun  
- Beberapa tetes pewarna makanan


Cara membuatnya sama dengan cara dari adonan 1 disesuaikan dengan bahan adonan yang tersedia. 



Cara Memainkan Adonan Lempung:

Buatlah mainan dengan berbagai bentuk misal. Orang-orangan, hewan atau benda lain yang ada disekitar anak. Mainan ini untuk melatih motorik halus dan rnenciptakan serta memupuk imajinasinya dengan membuat benda yang dilihatnya. 




Demikian bunda cara bermain dan membuat Permainan Adonan Lempung/Lilin untuk anak PAUD dan Taman-kanak-kanak. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. Terimakasih.




18.02.00

1 komentar:

Daniel Rudy mengatakan...

dari bahan yang telah disebutkan, apakah mainan lilin ini aman jika tertelan oleh anak ?