WANITA MENYUSUI ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM

Rabu, 27 November 2013

 
Pentingnya menyusui menurut Islam
menyusui: ©Shutterstock.com/

Banyak terjadi di masyarakat modern, para wanita enggan menyusui anaknya hanya karena alasan pribadi, seperti jika menyusui bayi maka bisa menghambat karir atau khawatir merusak tubuh dan penampilan. Karena itu merawat dan mengasuh bayipun tidak dianggap sebagai hal yang penting, karena toh bisa diserahkan kepada baby sitter (pengasuh bayi) dengan membayar sejumlah uang. Jika demikian, maka wanita itu telah mengabaikan perannya sebagai ibu yang menjadi kewajibannya dan hak anaknya.

Dalam pandangan Islam sangat penting mengembalikan kesadaran para muslimah terhadap keutamaan dan kemuliaan peran wanita sebagai seorang ibu. Karena melalui tangan ibulah akan lahir mutiara-mutiara Islam yang berkilauan yang akan mengembalikan agama ini pada puncak tingkat kecemelangan yang gemilang.

Secara hakiki, seandainya seorang muslimah sudah mendalam menyadari betapa tingginya nilai dan kemuliaan peran seorang ibu, niscaya ia tidak akan menggantikannya dengan aktivitas-aktivitas yang hukumnya mubah (boleh dilaksanakan boleh juga tidak) yang hanya kalo dicermati betul-betul tidak akan membawa kebaikan bagi dirinya dan keluarganya, sehingga ia akan mencari cara pelaksanaan aktivitas tersebut tanpa mengurangi keoptimalan peran keibuannya. Ia akan menjadi orang yang ingin melalui tahap demi tahap pertumbuhan anaknya di usia dini, sejak merawat kandungan, melahirkan, menyusui, mengasuh dan mendidik-anak-anaknya. Karena sebenarnya pahala aktivitas-aktivitas sebagai ibu sejati setara dengan pahala pejuang fii sabiilillah di garis depan medan pertempuran. Sementara sudah diyakini ganjaran syahid adalah surga. 
Mengenai hal ini Rasulullah SAW bersabda :


"Wanita yang sedang hamil dan menyusui sampai habis masa menyusuinya seperti pejuang di garis depan fii sabilillah. Dan jika ia meninggal di antara waktu tersebut, maka sesungguhnya baginya adalah pahala mati syahid." (HR Thabrani).

Sungguh, motivasi meraih kemuliaan inilah yang mendorong para ibu untuk mencurahkan kesungguhannya dalam menjalani perannya, termasuk dalam hal memberikan ASI yang sangat vital bagi kebutuhan pertumbuhan sibuah hati. Karena itu wahai bunda tercinta berikanlah ASI untuk bayi kita disertai  dengan perhatian yang penuh cinta dan kasih sayang, insya Allah untuk wanita ini Surga balasannya.

Sumber; Disarikan dari berbagai sumber.!!



13.21.00

0 komentar: