10 CARA AGAR ANAK MAU MAKAN MAKANAN KELUARGA

Rabu, 11 Desember 2013

PAUD-Anakbermainbelajar---Ada saatnya anak yang berusia di atas 1 tahun sudah mulai diberikan makanan orang dewasa. Makanan yang diberikan pada anak sebaiknya makanan setiap hari yang terdiri dari; makanan pokok, lauk-pauk dan sayur atau buah. Kadang sering terjadi anak enggan makan makanan yang telah disediakan sesuai dengan menu keluarga hari itu, karena itu kita perlu melakukan cara-cara tertentu untuk mendorong anak agar mau makan makanan yang telah tersedia bersama keluarga. Agar anak mau makan makanan keluarga, cobalah lakukan hal atau cara berikut ini;

  1. Kurangi pemberian susu, terutama anak yang "ngedot", sehingga anak memiliki rasa lapar dan mudah diberikan makanan utama.
  2. Berikan makanan selingan, sebaiknya diberikan beberapa jam setelah makan makanan utama
  3. Tidak memberikan makanan selingan secara berlebihan karena akan mengganggu nafsu makannya.
  4. Makanan selingan harus dipilih yang tidak mengandung lemak, gula dan garam dengan kadar tinggi.
  5. Tentukan jam makan utama yaitu pagi hari, siang dan sore. Jam makan yang teratur ini akan dikenal anak sampai ia besar kelak, hingga nantinya anak dapat mudah bergabung dengan pola makan keluarga.
  6. Berilah menu seimbang sesuai dengan kebutuhan gizinya
  7. Untuk balita makan kadang-kadang merupakan hal yang kurang menyenangkan, karena pada usia ini yang menggembirakan adalah bermain. Manfaatkan momen ini dengan menyuapkan makan.
  8. Berikan anak variasi menu makanan keluarga yang baik, sesuai dengan selera anak.
  9. pada umur 2 tahun anak perlu setengah jumlah yang dimakan orang tuanya. Pisahkan dulu makanan untuk anak baru untuk kedua orang tua.
  10. Biasakan anak makan duduk bersama-sama seluruh anggota keluarga.
Demikian cara anak mau makan makanan keluarga, semoga bemanfaat. termakasih.



17.21.00

0 komentar: