Home » Archives for April 2013
PAUD-Anakbermainbelajar---Dalam Pendidikan anak usia dini, salah faktor yang juga menentukan terhadap keberhasilan dan kemajuan tumbuh kembang anak adalah masalah kesehatan. Faktor kesehatan menjadi sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap proses petumbuhan anak secara keseluruhan. Anak yang tentu saja berbeda pertumbuhan dan perkembangannya dibandingkan anak yang tidak sehat, karena segala aktivitas anak baik bermain maupun belajar akan dapat mereka lakukan dengan baik jika kondisi kesehatannya juga baik.
Apa itu sehat dan Bagaimana anak yang sehat ?
WHO menyatakan definis kesehatan ini adalah keadaan sempurna secara fisik, mental dan sosial, tidak hanya bebas dari penyakit dan kecacatan. Kesehatan secara sosial diartikan kemampuan seseorang dalam hidup bersama di dalam suatu kelompok masyarakat (American Heritage College Dictionary, 1997 dalam Nies & McEwen, 2001).
Dengan demikian kesehatan dapat disimpulkan keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental, sosial dan spritual, tidak hanya bebas dari penyakit, kelemahan dan kecacatan yang memungkinkan seseorang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi (UU Nomor 23 Tahun 1992 ; American Heritage College Dictionary, 1997 dalam Nies & McEwen, 2001 ; Seevani 2004)
Kesehatan anak berdasarkan indikator dari Depkes 2009, anak sehat memiliki kriteria yaitu:
- Berat badan naik sesuai garis pertumbuhan mengikuti pita hijau pada Kartu Menuju ke atas
- Sehat (KMS), atau naik ke pita warna di atasnya
- Anak bertambah tinggi
- Kemampuan bertambah sesuai usia
- Jarang sakit
- Ceria, aktif, lincah.
Soegeng Santoso dan Ranti (2004) juga mengungkapkan ciri-ciri anak sehat menurut Departemen Kesehatan RI tahun 2003, yaitu:
- Tumbuh dengan baik, dapat dilihat dari naiknya berat badan dan tinggi badan secara teratur dan proporsional.
- Tingkat perkembangan sesuai dengan tingkat umurnya.
- Tampak aktif/ gesit dan gembira
- Mata bersih dan bersinar
- Nafsu makan baik.
- Bibir dan lidah tampak segar
- Pernapasan tidak berbau tak sedap
- Kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering
- Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Ciri-ciri anak sehat dapat lihat dari berbagai segi, antara lain segi fisik, segi psikis, dan segi sosialisasi (Santoso dan Rianti. 2004);
- Dilihat dari segi fisik ditandai dengan sehatnya badan dan pertumbuhan jasmani yang normal.
- Segi psikis, anak yang sehat jiwanya berkembang secara wajar, pikiran bertambah cerdas, dan perasaan bertambah peka.
- Dari segi sosialisasi, anak tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Dari berbagai defini tersebut di atas, maka ciri-ciri anak sehat dapat dikelompokan menjadi 4 (empat) kelompok, yaitu:
1. Sehat secara fisik:
Berat badan dan tinggi badan sesuai standar pertumbuhan
kemampuan bertambah sesuai usia
Jarang sakit
aktif/ gesit dan gembira
Mata bersih dan bersinar
Nafsu makan baik
Bibir dan lidah tampak segar
Pernapasan tidak berbau
KUlit dan rambut tampak bersih dan tidak kering
2. Sehat secara Mental dan psikis
Perkembangan sesuai dengan tahap perkembangannya
Jiwa berkembang secara wajar
Pikiran bertambah cerdas,
Perasaan betambah peka
3. Sehat secara sosial
Ceria
Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya
Mudah bergaul dengan teman sebayanya.
Layanan Dasar Kesehatan untuk Anak Usia Dini di Lembaga PAUD
Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu mewujudkan anak sehat maka layanan dasar kesehatan bagi anak usia dini meliputi semua kegiatan perioritas yang dapat mewujudkan anak usia dini yang memiliki ciri anak sehat tersebut diatas. Beberapa layanan dasar kesehatan tersebut adalah sebagai berikut:
- Menimbang anak minimal sekali sebulan (Baca juga penjelasan Cara penilaian Status Gizi Anak disini!!)
- Mengukur tinggi badan anak minimal sebulan sekali (Baca juga penjelasan Cara penilaian Status Gizi Anak disini!!)
- Memeriksa secara sederhana keadaan kuku, kulit, rambut, mata, mulut dan gigi
- Mengupayakan anak usia dini mendapatkan imunisasi dasar
- Memberikan layanan dasar kebersihan
- Pemberian dan tau pendidikan gizi bagi anak usia dini
- Pencegahan terhadap makanan yang tidak aman bagi kesehatan anak usia dini
- Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS).
Demikian tentang pengertian atau definisi sehat dan ciri anak usia dini yang sehat, semoga tulisan ini bermanfaat untuk ayah-bunda dan pendidik PAUD sekalian, terimakasih. Wassalam.
Sumber: Dirangkum dengan penambahan dan perubahan seperlunya dari Buku 3 Seri Bahan Ajar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar " Perawatan Gizi dan Kesehatan Anak Usia Dini" Depdikbud Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Tahun 2013.
DEFINISI SEHAT DAN CIRI ANAK USIA DINI YANG SEHAT
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
11.15.00
PAUD-Anakbermainbelajar----Sebagai pendidik Paud dan orang tua seyogyanya kita bisa bercerita atau mendongeng kepada anak, untuk bisa mendongeng dan bercerita yang baik, ada beberapa teknik sederhana yang dapat kita pelajari sendiri di rumah. Latihan sederhana dan menyenangkan dapat dilakukan untuk mendapatkan kemampuan dasar yang wajib kita miliki seperti kemampuan Olah suara (Vokal), gaya, Ekspresi, mimik, moving, bloking, dan pemanfaatan media dan properti alat bantu mendongeng dan bercerita.
Secara umum mendongeng atau bercerita untuk anak usia dini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:
1. Mendongeng dengan menggunakan alat peraga
2. Mendongeng dengan tanpa menggunakan alat peraga
Perhatikan contoh pada gambar, bagaimana pengunaan alat peraga baik berupa gambar maupun properti pendukung kegiatan mendongeng.
Yang terpenting dalam kegiatan mendongeng adalah sejauh mana guru atau pendongeng mampu menarik perhatian anak terhadap dongeng yang dibawakannya.
Sehingga ketika dongeng telah selesai disampaikan, anak mampu mengulang kembali dalam gambaran ingatannya tentang dongeng dan cerita tersebut, termasuk nilai-nilai moral yang disampaikan dalam sebuah cerita dongeng tersebut.
TEKNIK MENDONGENG DAN BERCERITA DI PAUD
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
01.16.00
Maaf data belum Terentri !!
Lihat selengkapnya Lembaga PAUD Propinsi Sulawesi Utara di sini :
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=170000&level=1
Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Utara)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.47.00
Pos PAUD Santa Budi Bali |
Unknown 11.02.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
Perluasan Layanan PAUD Melalui Prinsip 5 K
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
11.02.00
PAUD-Anakbermainbelajar--- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD di Indonesia eksistensinya dimulai sebelum masa kemerdekaan. Pada masa ini setidaknya dapat ditelusuri melalui dua periode, yaitu ; pada masa pergerakan nasional pada penjajahan Belanda sekitar Tahun 1908-1941 dan masa penjajahan Jepang Tahun 1942-1945. Namun demikian keberadaan dan perkembangan PAUD di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan PAUD di dunia internasional.
Pada tahun 1940 Friedrich Wilhelm August Frobel telah mendirikan sebuah lembaga yang disebut "Kindergarten", "Kinder" artinya anak dan "garten" berarti taman. Lembaga ini didirikan di kota Blankerburg, Jerman yang disebut-sebut sebagai pelopor PAUD di dunia.
Menurut Frobel, anak usia dini diibaratkan seperti tunas tumbuh-tumbuhan, masih memerlukan pemeliharaan dan perhatian sepenuhnya dari si "juru tanam".
Berdirinya Kindergarten yang juga dikenal dengan Frobel School berpengaruh terhadap perkembangan PAUD di seluruh dunia. Konsep Kindergarten dengan cepat menyebar keseluruh penjuru dunia. Kemudian PAUD versi lain pun bermunculan. Pada tahun 1907 di pemukiman kumuh san Lorenzo, Italia, Maria Montessori, seorang yang berlatar belakang dokter, mendirikan Casa dei Bambini yang ditujukan bagi perawatan anak-anak dari keluarga miskin dan kaum buruh. Casa dei Bambini artinya rumah untuk perawatan anak yang selanjutnya dikenal sebagai rumah anak. Di Indonesia, pemerintah Hindia Belanda membawa konsep ini dan mendirikan Frobel School bagi anak-anaknya.
Seiring dengan kebangkitan nasional yang diawali berdirinya Budi Utomo, kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi kaum budi putera semakin dirasakan. Frobel School yang awanya hanya diperuntukan bagi anak-anak keturunan Belanda, Eropa, dan Bangsawan, mulai dikenal oleh cendikiawan muda pribumi. Pada tahun 1919 Persatuan Wanita Aisyiyah mendirikan Bustanuf Athfal yang pertama di Yogyakarta. Kurikulum dan materi pendidikannya menanamkan sikap nasionalisme dan nilai-nilai ajaran agama. Bustanul Athfal ditujukan untuk merespon popularitas lembaga PAUD yang berorientasi Eropa. Pada tahun 1922, Ki Hajar Dewantara, sepulang diasingkan dari Belanda selama dua tahun (1913-1915), mendirikan Taman Lare atau Taman Anak atau Kindertuin yang akhirnya berkembang menjadi Taman Indria.
Pada masa penjajahan Jepang, Lembaga pendidikan sejenis PAUD, terus berlanjut namun semakin berkurang. Pemerintah Jepang tidak mengawasi secara formal penyelenggaraan pendidikan setingkat PAUD, namun melengkapi kegiatan kelasnya dengan nyanyian-nyanyian Jepang.
Periode berikutnya adalah periode setelah kemerdekaan, Periode ini setidaknya terbagi menjadi 6 periode, yaitu :
Menurut Frobel, anak usia dini diibaratkan seperti tunas tumbuh-tumbuhan, masih memerlukan pemeliharaan dan perhatian sepenuhnya dari si "juru tanam".
Berdirinya Kindergarten yang juga dikenal dengan Frobel School berpengaruh terhadap perkembangan PAUD di seluruh dunia. Konsep Kindergarten dengan cepat menyebar keseluruh penjuru dunia. Kemudian PAUD versi lain pun bermunculan. Pada tahun 1907 di pemukiman kumuh san Lorenzo, Italia, Maria Montessori, seorang yang berlatar belakang dokter, mendirikan Casa dei Bambini yang ditujukan bagi perawatan anak-anak dari keluarga miskin dan kaum buruh. Casa dei Bambini artinya rumah untuk perawatan anak yang selanjutnya dikenal sebagai rumah anak. Di Indonesia, pemerintah Hindia Belanda membawa konsep ini dan mendirikan Frobel School bagi anak-anaknya.
Seiring dengan kebangkitan nasional yang diawali berdirinya Budi Utomo, kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi kaum budi putera semakin dirasakan. Frobel School yang awanya hanya diperuntukan bagi anak-anak keturunan Belanda, Eropa, dan Bangsawan, mulai dikenal oleh cendikiawan muda pribumi. Pada tahun 1919 Persatuan Wanita Aisyiyah mendirikan Bustanuf Athfal yang pertama di Yogyakarta. Kurikulum dan materi pendidikannya menanamkan sikap nasionalisme dan nilai-nilai ajaran agama. Bustanul Athfal ditujukan untuk merespon popularitas lembaga PAUD yang berorientasi Eropa. Pada tahun 1922, Ki Hajar Dewantara, sepulang diasingkan dari Belanda selama dua tahun (1913-1915), mendirikan Taman Lare atau Taman Anak atau Kindertuin yang akhirnya berkembang menjadi Taman Indria.
Pada masa penjajahan Jepang, Lembaga pendidikan sejenis PAUD, terus berlanjut namun semakin berkurang. Pemerintah Jepang tidak mengawasi secara formal penyelenggaraan pendidikan setingkat PAUD, namun melengkapi kegiatan kelasnya dengan nyanyian-nyanyian Jepang.
Periode berikutnya adalah periode setelah kemerdekaan, Periode ini setidaknya terbagi menjadi 6 periode, yaitu :
Periode 1945-1965 ditandai dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Lanjutan Wanita. Yayasan tersebut mendirikan Sekolah Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (TK) Nasional di Jakarta dan merupakan gerakan nasional dalam melawan kembalinya Belanda. Di era ini pemerintah dan swasta mulai membangun banyak TK. Pada tahun 1950, melalui UU No. 4 tahun 1950 tentang Dasar-dasar Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah keberadaan TK resmi diakui sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional. Pada tahun itu pula, tepatnya tanggal 22 Mei 1950 berdiri IGTKI. Pada tahun 1951 berdiri Yayasan Bersekolah Pada Ibu yang menyumbang pendirian TK hingga menyebar ke luar pulau Jawa. Tahun 1951-1955, pemerintah berupaya mengembangkan kurikulum, menyediakan fasilitas, dan mengadakan supervisi ke TK-TK. Pada periode itu pula didirikan SPG-TK Nasional di Jakarta dengan pemberian subsidi, dan pengembangannya yang terus berlanjut hingga ke luar pulau Jawa. Pada tahun 1957 berdiri GOPTKI (Gabungan Organisasi Penyelenggara TK Indonesia) yang melaksanakan kongres pertamanya pada tahun 1959. Pada awal tahun 1960-an, mulai didirikan TK yang bersetatus negeri. Tahun 1960-1963, pemerintah mulai melakukan pengiriman SDM untuk belajar ke luar negeri, diantaranya ke Australia, USA, dan New Zealand. Dampak dari pengiriman SDM tersebut, terjadi modernisasi pendidikan di tingkat PAUD bersekala besar dan merupakan jawaban atas ketidakpuasan sebelumnya. Sebagai penghujung, di periode tersebut, yaitu tahun 1963-1964 lahirlah Proyek (kurikulum) Gaya Baru. Inti kurikulum tersebut berorientasi pada fasilitas anak mendekati anak mendekati kecakapan, kebutuhan dan minat individual. Ciri khasnya tersedia pusat minat (sudut), seperti: sudut rumah tangga, sudut seni, pusat musik, dan sebagainya.
Periode1965-1998 ditandai dengan diperkenalkanya silabus kurikulum baru tahun 1968 yang mengantikan kurikulum versi 1964 (kurikulum gaya baru). pada bulan November 1968, pemerintah Indonesia berkerjasama dengan UNICEF dalam bentuk menyediakan konsultan dan pendanaan untuk penataran guru dan administrator pendidikan di tingkat TK. pada tahun 1970, mulai dijamin kerjasama nyata antra pemerintah dengan GOPTKI, IGTKI dan PGRI. Kerjasama tersebut melahirkan kegiatan workshop bersama, dengan tema "Konsolidasi Gerakan Prasekolah" .pada tahun 1974. diberlakukan kurikulum baru yang merupakan pembaharuan dari kurikulum 1968. Isi kurikulum meliputi PMP, kegiatan bermain bermain bebas, pendidikan bahasa, PLH, ungkapan kreatif, pendidikan olah raga, pendidikan dan pemeliharaan kesehatan, serta pendidikan skolastik. Pada tahun 1984, diberlakukan kurikulum baru dengan isi kurikulum meliputi bidang pengembangan agama, PMP, daya cipta, jasmani dan kesehatan, daya fikir/pengetahuan, serta perasaan kemasyarakatan dan lingkungan. Berlakunya UU Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diikuti terbitnya PP Nomor 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah, semakin mempertegas eksistensi dan kedudukan Pendidikan Prasekolah di Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1993, diberlakukan kurikulum TK 1993. Dalam kurikulum 1993 trsebut terdapat dua kegiatan utama, yaitu : 1) Program pembentukan perilaku, dan 2) Program pengembangan kemampuan dasar: daya cipta, bahasa, daya pikir, keterampilan dan jasmani.
Periode1965-1998 ditandai dengan diperkenalkanya silabus kurikulum baru tahun 1968 yang mengantikan kurikulum versi 1964 (kurikulum gaya baru). pada bulan November 1968, pemerintah Indonesia berkerjasama dengan UNICEF dalam bentuk menyediakan konsultan dan pendanaan untuk penataran guru dan administrator pendidikan di tingkat TK. pada tahun 1970, mulai dijamin kerjasama nyata antra pemerintah dengan GOPTKI, IGTKI dan PGRI. Kerjasama tersebut melahirkan kegiatan workshop bersama, dengan tema "Konsolidasi Gerakan Prasekolah" .pada tahun 1974. diberlakukan kurikulum baru yang merupakan pembaharuan dari kurikulum 1968. Isi kurikulum meliputi PMP, kegiatan bermain bermain bebas, pendidikan bahasa, PLH, ungkapan kreatif, pendidikan olah raga, pendidikan dan pemeliharaan kesehatan, serta pendidikan skolastik. Pada tahun 1984, diberlakukan kurikulum baru dengan isi kurikulum meliputi bidang pengembangan agama, PMP, daya cipta, jasmani dan kesehatan, daya fikir/pengetahuan, serta perasaan kemasyarakatan dan lingkungan. Berlakunya UU Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diikuti terbitnya PP Nomor 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah, semakin mempertegas eksistensi dan kedudukan Pendidikan Prasekolah di Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1993, diberlakukan kurikulum TK 1993. Dalam kurikulum 1993 trsebut terdapat dua kegiatan utama, yaitu : 1) Program pembentukan perilaku, dan 2) Program pengembangan kemampuan dasar: daya cipta, bahasa, daya pikir, keterampilan dan jasmani.
Terkait dengan penyiapan pendidik oleh perguruan tinggi, mulai tahun 1979 di FKIP Jakarta didirikan jurusan Pendidikan Prasekolah dan Dasar jenjang S-1, yang terselenggara hingga tahun 1998 (yang setelah tahun 1998 berubah menjadi Program S-1 Pendidikan Anak Usia Dini hingga sekarang).
Upaya lebih luas dalam pengadaan pendidik paud PAUD oleh perguruan tinggi terjadi pada tahun 1993/1994-1996/1997 peningkatan kualifikasi guru prasekolah dari SPG ke D-2 PGTK yang penyelenggaraanya dimulai dari IKIP Bandung.
Upaya lebih luas dalam pengadaan pendidik paud PAUD oleh perguruan tinggi terjadi pada tahun 1993/1994-1996/1997 peningkatan kualifikasi guru prasekolah dari SPG ke D-2 PGTK yang penyelenggaraanya dimulai dari IKIP Bandung.
Pada tahun 1998 menguatkan berbagai upaya di bidang pendidikan anak usia dini, maka diadakan Semiloka Tingkat Nasional tentang Pendidikan Anak Usia Dini di IKIP Jakarta. Peserta terdiri dari 10 LPTK dan unsur dinas pendidikan dari seluruh Indonesia.
Periode 1998-2003 ditandai dengan otonomi pendidikan, yang berpengaruh terhadap tata kelola penanganan PAUD di pusat maupun di daerah-daerah. Pada periode ini pemerintah mulai mendukung berkembangnya PAUD jalur pendidikan nonformal dalam bentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) dan satuan PAUD Sejenis dalam bentuk pengintegrasian layanan PAUD dengan Posyandu. Melalui dukungan Bank Dunia pada 1998-2004 pemerintah merintis program Pengembangan Anak Dini Usia di 4 propinsi, yaitu Jawa Barat, Banten, Bali, dan Sulawesi Selatan. Program dilanjutkan pada tahun 2008-2013 dengan nama program Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini (PPAUD) dengan dukungan pembiayaan pinjaman dari Bank Dunia dan hibah dari pemerintah Belanda. Pada tahun 2001 dibentuk Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PADU) yang mengemban mandat melakukan pembinaan satuan PAUD nonformal. Pada tahun 2002 terbentuk konsorsium PAUD yang membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan. Pada bulan Februari 2002, terbentuk forum PADU/PAUD Tingkat Nasional yang turut berkontribusi dalam pengembangan dan pembangunan PAUD di Indonesia. Di periode ini pula terjadi pendirian PGTK/PG-PAUD jenjang S-1 dibeberapa perguruan tinggi (PGTK S-1 di UPI, PGTK S-1 IKIP Yogyakarta, dll).
Periode 2003-2009, ditandai dengan keluarnya undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang merupakan jawaban atas tuntutan reformasi dalam semua aspek kehidupan. Melalui UU ini untuk pertama kali PAUD diatur secara khusus dalam sebuah undang-undang, yaitu pada pasal 1 butir 14 tentang pengertian PAUD; pasal 28 yang secara khusus mengatur tentang PAUD; dan pasal-pasal terkait lainnya. Pada tahun 2003 diselenggarakan Seminar dan Lokakarya Nasional (Semiloknas) di IKIP Bandung yang menghadirkan akademisi dari perguruan tinggi, forum PAUD, dan praktisi PAUD dari berbagai daerah. Semiloknas ini menghasilkan 'blue print' tentang kerangka akademik dan rujukan pengembangan PAUD di Indonesia yang mengawali konseptualisasi pembangunan PAUD Indonesia. Selanjutnya pada tahun 2005 berdiri organisasi profesi, himpunan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Indonesia (HIMPAUDI) yang menggerakan seluruh potensi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang tersebar diseluruh Indonesia. Pembentukan HIMPAUDI di tingkat pusat ini dengan cepat diikuti dengan pembentukan HIMPAUDI tingkat propinsi dan Kabupaten/Kota.
Pada tahun 2004-2009 program PAUD menjadi salah satu dari 10 prioritas Depdiknas sehingga PAUD menjadi salah satu program pokok dalam pembangunan pendidikan di Indonesia (tertuang dalam RPJM Tahun 2004-2009 dan renstra Depdiknas Tahun 2004-2009). Pada penghujung tahun 2009, diterbitkan Permendiknas Nomor. 58 tahun 2009 tentang Standar PAUD (formal dan nonformal).
Periode 2010-sekarang, ditandai dengan kebijakan penggabungan pembinaan PAUD formal dan PAUD nonformal di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) melalui Peraturan Presiden Nomor 24 tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kementrian Negara Republik Indonesia sebagaimana diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2010. Pada perjalanan sejarah pembinaan PAUD di Indonesia, akhirnya sebagai karakteristiknya yang meliputi TK (termasuk Taman Kanak-kanak Bistanul Athfal/TK-BA), RA, KB, TPA, Satuan PAUD Sejenis, serta PAUD berbasis keluarga dan/atau lingkungan.
Periode 2003-2009, ditandai dengan keluarnya undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang merupakan jawaban atas tuntutan reformasi dalam semua aspek kehidupan. Melalui UU ini untuk pertama kali PAUD diatur secara khusus dalam sebuah undang-undang, yaitu pada pasal 1 butir 14 tentang pengertian PAUD; pasal 28 yang secara khusus mengatur tentang PAUD; dan pasal-pasal terkait lainnya. Pada tahun 2003 diselenggarakan Seminar dan Lokakarya Nasional (Semiloknas) di IKIP Bandung yang menghadirkan akademisi dari perguruan tinggi, forum PAUD, dan praktisi PAUD dari berbagai daerah. Semiloknas ini menghasilkan 'blue print' tentang kerangka akademik dan rujukan pengembangan PAUD di Indonesia yang mengawali konseptualisasi pembangunan PAUD Indonesia. Selanjutnya pada tahun 2005 berdiri organisasi profesi, himpunan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Indonesia (HIMPAUDI) yang menggerakan seluruh potensi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang tersebar diseluruh Indonesia. Pembentukan HIMPAUDI di tingkat pusat ini dengan cepat diikuti dengan pembentukan HIMPAUDI tingkat propinsi dan Kabupaten/Kota.
Pada tahun 2004-2009 program PAUD menjadi salah satu dari 10 prioritas Depdiknas sehingga PAUD menjadi salah satu program pokok dalam pembangunan pendidikan di Indonesia (tertuang dalam RPJM Tahun 2004-2009 dan renstra Depdiknas Tahun 2004-2009). Pada penghujung tahun 2009, diterbitkan Permendiknas Nomor. 58 tahun 2009 tentang Standar PAUD (formal dan nonformal).
Periode 2010-sekarang, ditandai dengan kebijakan penggabungan pembinaan PAUD formal dan PAUD nonformal di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) melalui Peraturan Presiden Nomor 24 tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kementrian Negara Republik Indonesia sebagaimana diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2010. Pada perjalanan sejarah pembinaan PAUD di Indonesia, akhirnya sebagai karakteristiknya yang meliputi TK (termasuk Taman Kanak-kanak Bistanul Athfal/TK-BA), RA, KB, TPA, Satuan PAUD Sejenis, serta PAUD berbasis keluarga dan/atau lingkungan.
Sumber : Buku Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011-2025, Dirjen Pendidikan anak Usia Dini, Non Formal, dan Informal, Kemendiknas Tahun 2011.
SEJARAH SEKOLAH PAUD DI INDONESIA DAN PERKEMBANGANNYA
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
18.05.00
1. PAUD TK Yalkom : Ilugua Desa Wambalfak, Kabupaten Kecamatan Abenaho, Yalimo, Propinsi Papua
Lihat selengkapnya Lembaga PAUD Propinsi PAPUA di sini !
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=250000&level=1
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Papua)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.58.00
- PAUD Bunga : kompleks Aspen Atas, Aspen Bawa, Arter, Kuda Laut, Papua Barat
- PAUD Bunga Papua: Kompleks Kampung Cengke, Papua Barat.
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Papua Barat )
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.52.00
Maaf data belum terentri !!
Unknown
22.36.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Papua Tengah)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.36.00
Maaf data belum terentri !!
Propinsi Selanjutnya Lihat disini !! Unknown 22.33.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Maluku Utara)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.33.00
Maaf data belum terentri !!
Unknown
22.27.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Maluku)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.27.00
Maaf data belum terentri !!
Selanjutnya Lihat disini!! Unknown 22.26.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Tengah)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.26.00
Maaf data belum terentri !!
Selanjutnya Lihat disini !! Unknown 22.25.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Tenggara)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.25.00
- PAUD INARAH; Jl. Paccerakkang No. 100 Daya- Makassar Indonesia Tlp : (0411) 511982. http://www.paud-inarah.com/
- PAUD NADYA: Tamarellang Sarajoko Kelurahan Ballasaraja Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba Propinsi Sulawesi Selatan Kode Pos 92552 Telepon (0413) 2587776 Website http://www.nadya-paud.at.ua E-mail: nadya.paud@gmail.com.
Propinsi Selanjutnya lihat Selanjutnya disini !! Unknown 22.23.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Selatan)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.23.00
Maaf data belum terentri !!
Unknown
22.22.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Gorontalo)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.22.00
Maaf data belum terentri!!
Lihat Selanjutnya disini !! Unknown 22.21.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Barat)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.21.00
Maaf data belum terentri !!
Unknown
22.18.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kalimantan Timur)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.18.00
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kalimantan Selatan)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
01.20.00
Data belum terentri!!
Unknown
01.18.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kalimantan Tengah)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
01.18.00
- PAUD PUSPA PUTIH; Desa Pendawan Kec. Sambas Kab. Sambas Propinsi Kalimantan Barat
http://paudpuspaputih.blogspot.com/
Lihat PADU di Propinsi Lainnya di sini !! Unknown 01.15.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kalimantan Barat)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
01.15.00
Data belum terentri!!!
Unknown
01.14.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Nusa Tenggara Timur)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
01.14.00
- PAUD PELANGI : Jln. Dugandini No.3 Kr.Blumbang Kelurahan Sapta Marga Kecamatan Cakranegara Kota Mataram NTB Telpon (0870) 6661090, 081805265020. http://pelangiplaygroup.blogspot.com/
Unknown 01.13.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Nusa Tenggara Barat)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
01.13.00
Maaf Data Belum terentri !!
Propinsi selanjutnya Lihat disini !! Unknown 01.07.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Bali)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
01.07.00
- PAUD JUWITA HARAPAN. Alamat: Perumahan "Jalagriya" TNI AL Blok G XVI/6 Sugihwaras Candi Sidoarjo Jawa Timur Telp. (031) 8927734. http://paudjuwitaharapan.blogspot.com/
- PAUD TK-TPA PAUD AISYIYAH : Jln. Singajaya Jenangan Ponorogo 63492 Jawa Timur.
- PAUD DIAN AGUNG KINDERGARTEN : Jl.Bendungan Sigura-gura no.31 Telp. (0341-570344) Malang : http://tkdianagungmalang.blogspot.com
- PAUD TUNAS BANGSA: Desa Banjardowo Kecamatan Lengkong Kabupaten Ngajuk.
- PAUD MUCHTARUSSALAM: Jln. Aksia Sumberkembang Barat Rt. 05 Rw. 01 Karangmulyo Tegalsari Kab. Banyuwangi Jawa Timur: http://paud-muchtarussalam.blogspot.com/
Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Propinsi Jawa Timur)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
00.51.00
- PAUD AL-KAUTSAR GUNUNGHALU : Kp. Selakopi Desa Sirnajaya Kec Gununghalu Kab. Bandung Barat http://paudalkautsar.blogspot.com/
- PAUD PERMATA ASY'SYIFA : Taman Cimanggu Jln.Palem II no.17, Bogor 16164 Tlp.085711484061 e-mail:permata.asy.syifa @gmail.com
- PAUD KOBER ASH-SHIDDIQIYYAH; Jl. Cempaka wati No 53 Blok Pejaten Kidul Desa Cempaka Kec. Plumbon Cirebon Jawa Barat http://paud-ashiddiqiyyah.blogspot.com/
Untuk Lembaga PAUD Propinsi Lainnya lihat disini!!
Unknown
00.42.00
PAUD Anakbermainbelajar
IndonesiaLEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Jawa Barat)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
00.42.00
- PAUD TIARA CHANDRA : Yogyakarta
- PAUD GENIUS KIDS : Komplek Pesantren Al Muksin Jl. Parangtritis km. 3,5 Krapyak Wetan Bantul Yokyakarta telp (0274) 7144865
- PAUD KB-TK AL-AZHAR Yogyakarta : Kompleks Masjid Agung Al Azhar Kebayoranbaru Jakarta Selatan : http://www.alazhar-yogyakarta.com/
- PAUD HALIFAH CENTER : Karanganyar, widodomartani, Ngempalak, Sleman Yogyakarta : http://khalifah-centre.blogspot.com/
- PAUD TK MASJID SYUHADA : Komplek Masjid Syuhada Jl. I. Dewa Nyoman Oka 13 Yogyakarta (McD Sudirman ke selatan) : http://www.tkmasjidsyuhada.com/
Propinsi Selanjutnya lihat di sini !!!
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
00.34.00
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Jawa Tengah)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
00.20.00
- PAUD LASKAR SEMUT; Taman Puspa Blok C 5 No. 2 Citra Raya Tangerang, Kabupaten Tanggerang. Provinsi Banten. (021) 59404702. http://tk-paud-laskarsemut.blogspot.com/
- PAUD KOMUNITAS MENARA; Jl. Beruang II No. 69 Pondok Ranji Tanggerang selatan. www.komunitasmenara.org/ www.negeri5menara.com
Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!! Unknown 00.15.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Banten)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
00.15.00
Data belum terentri !!
Unknown
00.15.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Jawa)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
00.15.00
- Paud Raudhatul Athfal Istiglal : Lt. Dasar Masjid Istiglal Jl. Taman Wijaya Kusuma Jakarta Pusat 10710 Telp.0213500711 Fax.0213459525
- Paud Buah Hati : Jalan Kruing Komplek AL Pondok Labu Cilandak Jakarta Selatan Telp. (021) 7513074/75, Fax. (021) 75906162 Pengelola : Ida Ahdiyati, S.Pd.
- Paud Melati : Kantor Walikota Jakarta Utara Lt. 10 Jakarta Utara
- Paud Tumbuh Kembang Jl Baru No.34 Rt.02 RW 10 Kel.Baru Pasar Rebo Jakarta Timur dengan telepon (021)8701318
- Paud BKB KEMUNING RW 06. Alamat sekolah : Jln. Wika RT 008/06 Kelurahan Srengseng Sawah Kec. Jagakarsa Jakarta Selatan 12640
Propinsi Selanjutnya lihat disini !!
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi DKI Jakarta)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.59.00
- PAUD AL-MUNAWAROH; Jl. Ikan nila IX No.18 Kel. Pecoh Raya Kecamatan Teluk Betung Selatan- Bandar lampung telp (0721) 484002.
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Lampung)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.56.00
Data belum terentri !!
Propinsi selanjutnya lihat disini !! Unknown 23.55.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Bengkulu)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.55.00
Maaf Data belum terentri !!!
Propinsi selanjutnya Lihat disini!!! Unknown 23.54.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Bangka Belitung)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.54.00
Data belum terentri !!
Unknown
23.43.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sumatera Selatan)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.43.00
- PAUD AL-QUDSIAH; Ds. Pursawari Kuamang Kuning 1 SPA. Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Kode Pos: 37252 http://paudalqudsiah.blogspot.com/
- PAUD AR-RAHIMAH; Kota Jambi. http://paudarrahimah.wordpress.com/ atau http://paud-arrahimah.blogspot.com/
Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!! Unknown 23.35.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Jambi)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.35.00
Data belum terentri !!
Unknown
23.34.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kepulauan Riau)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.34.00
- Paud Kemenag Riau : Jl. Jendral Sudirman No. 235, Telp (0761) 21360 Pekanbaru 28011
- Paud Harapan Bunda : Desa Banjung Bunga Kecamatan Pulau Merbau Kab. kepulauan Meranti
- Paud Pelita Riau : Jl. Balai Perikanan No.19 Rumbai Pesisir Pekan Baru
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Riau)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.22.00
- PAUD Citra Al Madina Padang : Alamat : Jl. Purus I No. 8A Padang Barat Kota Padang http://paud-citramadina.blogspot.com
- PAUD Ceria Anak Pintar : Palak Aneh, Pariaman, Sumatera Barat,
- PAUD Darul Fahri :Padangpanjang Barat (Kamp. Jao), Padangpanjang, Sumatera Barat
- TK RIDHOTULLAH : Jln. Raya Ulu Gadut Padang, Sumatra Barat Telepon : 0751-72275,778610,778642 www.ridhotullah.blogspot.com
- TK AL HUFFAZH, KOTA PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT
- TK ISLAM H. RJ. RASUNA SAID SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK NUSA INDAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK MAHADUL ISLAMI SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK CEMPAKA PUTIH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK ASUHAN BUNDA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK LUNDANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK NEGERI PEMBINA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AISYIYAH KUBANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK TUNAS MURNI BATU TABA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AL HIDAYAH III KAMPUNG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK BUDI UTAMA KOTO TUO SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK PERTIWI LIMO KAMPUNG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK ASSAADAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK DHARMA WANITA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK DARUL FALAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK JERUK MANIS SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK NEGERI PEMBINA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK MAHADUL ISLAMI SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK RUHAMA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK ATTAQW SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AL HIKMAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AISYIYAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK DHARMA WANITA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AISYIYAH KUBANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK PERPETA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AISYIYAH SITAPUNG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK HIDAYATUL ATHFAL SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK DHARMA WANITA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AISYIYAH SEI TUAK SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AISYIYAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AL IKHLAS CINGKARIANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK RUHAMA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK ISLAM AL-IRSYAD BULAAN KAMBA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK NEGERI PEMBINA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AL KHAIRAT SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK TUNAS BANGSA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK ISLAM AL IRSYAD PARABEK SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK MAHADUL ISLAMI SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AL IRSYAD PAHAMBATAN SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK KUNTUM MEKAR SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK TUNAS HARAPAN SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK ISLAM WALADUN SHALEH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK PEMBINA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK AISYIYAH KUBANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK TUNAS HARAPAN SUMATERA BARAT KAB. AGAM
- TK MUTIARA IBU SUMATERA BARAT KAB. AGAM
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sumatera Barat )
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.19.00
- Paud Raudhatul Hasanah : Gunung Sitoli, Bagansiapiapi, Medan
- Paud Tasya : Jalan Pendidikan Gang Bersama Medan
- Paud TK-Swasta Josua : Jln. BG. Josua 30 Medan
- Paud Madya Insani : Jl. Bajak V Gg. Bahagia No.138-A Medan Amplas - Medan
- Paud Yayasan Tadika Puri : Jln Karya Wisata No.23A Johor Medan
- Paud Ar-Ridho : Pesantren Babur Ridho Kelurahan Labuhan Deli - Kec.Medan Marelan
- Paud Bina Santri : Jalan Pasar III No.80, Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan.
LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sumatera Utara Medan)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.00.00
BUKU PEDOMAN PENYELENGGARAAN PAUD TPQ (PAUD BERBASIS PENDIDIKAN AL-QUR'AN)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
19.54.00
PANDUAN PENYELENGGARAAN TPA PAUD
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
12.52.00
Pada usia 0 - 2 tahun adalah masa-masa emas untuk perkembangan otak anak, 80% perkembangan otak terjadi pada usia 0 - 2 tahun ini, karena itu sangat penting untuk diperhatikan nutrisi dan
makanan pembentuk sel-sel otak anak yang sedang tumbuh. Ada beberapa zat gizi esensial untuk tubuh yang sangat berperan penting terhadap perkembangan otak anak, salah satunya adalah zat besi.
Unknown 12.50.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
makanan pembentuk sel-sel otak anak yang sedang tumbuh. Ada beberapa zat gizi esensial untuk tubuh yang sangat berperan penting terhadap perkembangan otak anak, salah satunya adalah zat besi.
Unknown 12.50.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
PENGARUH ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA PERTUMBUHAN OTAK ANAK
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
12.50.00
PANDUAN MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PAUD
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
12.11.00
BUKU PEDOMAN PENYELENGGARAAN PARENTING PAUD
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
12.06.00
Ada beberapa buku panduan wajib dan buku pendamping yang harus dimiliki Penyelenggara dan pengelola Paud, antara lain sbb:
KERANGKA BESAR PAUD INDONESIA PEIODE 2011-2025 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PERMEN NOMOR 58 TAHUN 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2010.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS KELUARGA (PARENTING) yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PAUD BERBASIS TAMAN PENDIDIKAN ALQUR'AN (PAUD-TPQ) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PEDOMAN PENDIDIKAN KARAKTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2012
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN POS PADU. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PADU BERBASIS PELAYANAN ANAK AGAMA KRISTEN. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PADU BERBASIS PELAYANAN ANAK AGAMA KRISTEN. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !! Unknown 12.45.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
KERANGKA BESAR PAUD INDONESIA PEIODE 2011-2025 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PERMEN NOMOR 58 TAHUN 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2010.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS KELUARGA (PARENTING) yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PAUD BERBASIS TAMAN PENDIDIKAN ALQUR'AN (PAUD-TPQ) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN KELOMPOK BERMAIN (KB) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN TAMAN PENETIPAN ANAK (TPA) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PEDOMAN PENDIDIKAN KARAKTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2012
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN POS PADU. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PADU BERBASIS PELAYANAN ANAK AGAMA KRISTEN. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PADU BERBASIS PELAYANAN ANAK AGAMA KRISTEN. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !! Unknown 12.45.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
BUKU PEDOMAN DAN PETUNJUK TEKNIS PAUD
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
12.45.00
Unknown
10.26.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
CONTOH RENCANA KEGIATAN HARIAN SENTRA RKH
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
10.26.00
PANDUAN RESMI PENYELENGGARAAN KELOMPOK BERMAIN KB
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
09.59.00
Unknown
00.03.00
PAUD Anakbermainbelajar
Indonesia
DAFTAR ISI BLOG
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
00.03.00
Kita telah mengetahui bahwa otak, seperti halnya organ tubuh yang lain, perlu diperhatikan secara khusus, dengan pemeliharaan yang baik agar tetap berada pada kondisi optimal untuk melaksanakan fungsi pokoknya.
Sangat penting untuk menjaga pengaturan nutrisi makanan yang sehat dan berimbang yang menyuplai Vitamin, A, B, C, dan E, seperti halnya menjaga tubuh anda sehat dan bugar Vitamin-vitamin ini memegang peran terpenting agar anda tetap wapada untuk menjaga penglihatan, ingatan, dan fungsi otak secara umum bekerja dengan baik.
Terlalu banyak gula, tepung, kafein, dan obat-obatan yang tidak perlu bisa menyebabkan melemahnya fungsi otak dan menyebabkan kemunduran mental. Pastikan bahwa orang tua menyadari pentingnya anak menerima nuntrisi yang baik, khususnya sarapan yang baik untuk membuat mereka siap belajar disekolah.
Para orang tua diharapkan menerapkan konsep sarapan yang telah terbukti sangat baik, dianjurkan juga kepada para orang tua untuk menyediakan sarapan makanan yang teratur, mengurangi jajan dan tidak melewatkan jam makan, karena otak memerlukan suplai energi secara terus-menerus.
tetap berada pada kondisi terbaiknya untuk melaksanakan fungsi pokoknya.
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak - Masa pertumbuhan adalah masa yang tepat untuk memaksimalkan kemampuan otak anak. Untuk mendukungnya, berikanlah nutrisi sehat yang bisa menjadi makanan otak.
Makanan yang baik untuk nuntrisi otak dapat meningkatkan memori dan keterampilan, sehingga membuat anak lebih mahir dalam menghafal atau mengingat sesuatu.
Berikut nutrisi yang bisa jadi makanan otak untuk anak, seperti dilansir boldsky, Selasa (12/6/2012):
1. Produk susu
Susu dan produk susu lainnya merupakan sumber yang kaya protein, kalsium, kalium dan vitamin D. Semua nutrisi penting ini adalah sumber kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim dan jaringan otak. Anak-anak dan orang dalam kelompok usia remaja yang sedang dalam tahap tumbuh juga membutuhkan nutrisi ini.
2. Semua jenis buah berry
Stroberi, ceri, blueberry dan blackberry dikenal sebagai 'brainberries' karena buah-buah ini menyediakan hampir semua nutrisi penting untuk otak. Buah berri merupakan sumber antioksidan dan vitamin C yang membantu dalam mengurangi stres oksidatif.
3. Telur dan kacang
Kolin, salah satu unsur penting lain untuk perkembangan sel-sel batang memori yang dapat ditemukan dalam telur dan kacang. Kolin dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak, juga meminimalkan kelelahan. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber vitamin D, yang mampu mengurangi penurunan fungsi kognitif.
4. Gandum Utuh
Vitamin B dan glukosa yang ditemukan dalam biji-bijian seperti oat meal dan beras merah, sehingga membuatnya menjadi makanan otak yang sehat untuk anak. Tubuh membutuhkan pasokan reguler dari glukosa yang disediakan oleh biji-bijian. Vitamin B meningkatkan aliran darah sistem saraf yang merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga semua organ tubuh untuk aktif, termasuk otak.
5. Salmon
Ikan dengan tingkat lemak tinggi seperti salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 seperti DHA dan EPA. Ini adalah nutrisi penting untuk pengembangan otak yang tepat. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan memiliki memori lebih tajam daripada yang tidak. - 5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak.
Sedangkan makanan yang harus dihindari untuk anak adalah makanan yang mengandung kalori, pemanis yang berlebihan.
Memang tidak ada salahnya memperkenalkan rasa manis pada si kecil. Tetapi yang harus diperhatikan adalah sedikit banyaknya jumlah yang dikonsumsi. Gula yang berlebih akan membawa masalah kesehatan untuk buah hati Anda.
Ini adalah beberapa dampak bahaya gula yang berlebih terhadap anak usia pra sekolah dan balita.:
1. Gula dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Makanan manis akan memberikan makan pada bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.
2. Gula juga dapat membuat si kecil hiperaktif. Kadar gula tinggi akan membuat tubuh melepaskan insulin yang membantu penyerapan gula dalam tubuh sebagi sumber energi. Hal ini juga akan menyebabkan kadar gula turun dengan cepat, sehingga si kecil mudah gemetar dan lesu, ini akan membuatnya ketagihan dengan permen.
3. Menyebabkan kelemahan pada otak. Anak yang mengkonsumsi gula berlebih pada usia sekolah akan berdampak buruk pada kemampuan konsentrasinya. Padahal mereka membutuhkan banyak konsentrasi dalam belajarnya.
4. Sama seperti halnya orang dewasa, kelebihan kalori juga dapat membua anak-anak obesitas. Obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga terjadi pada anak-anak. Hal itu dikarenakan anak lebih suka makanan manis yang ahirnya terjadi kelebihan kalori yang menyebabkan obesitas pada anak. Selain itu anak yang gemar makan gula cenderung sedikit mendapatkan nutrisi dari makanan sehat. Karena rasa manis akan cepat membuat perut terasa kenyang.
5. Gula tidak menyebabkan diabetes. Tetapi diet gula dengan pemanis tambahan dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 atau resistensi insulin yaitu pra diabetes.
Berapa banya gula yang baik dikonsumsi untuk si kecil?
Pada tahun 2009, American Heart Assosiation (AHA) menetapkan panduan baru terhadap batas jumlah gula tambahan yang baik saat berdiet. Anak-anak baik mengkonsumsi gula tidak lebih dari tiga sampai delapan sednok teh per hari. Sayangnya, menurut studi lain yang dilakukan oleh AHA, anak-anak umur satu tahun hingga tiga tahun sudah dapat mengkonsumsi 12 sendok teh gula per hari.
Dirangkum dari Berbagai Sumber !
MAKANAN SEHAT UNTUK MENCERDASKAN OTAK ANAK
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
21.55.00
Bunda...sare... curhat...disini ... ini hasil curhat bunda dan pendidik paud mungkin bisa kita jadikan bahan renungan.....
Baca selengkapnya di sini !! Unknown 20.25.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
- Gimana ya pak..kami bingung, ini juga terpaksa mengajar membaca dan menulis di TK dengan cara ngedril seperti ini, ini perintah kepsek yang mau memenuhi permintaan orang tua kalo tidak diajari orang tua menuntut katanya nanti anaknya tidak bisa masuk sekolah SD yang pavorit.
- Pak TK saya di RA, jam kerjanya saya harus masuk jam 7.00 wita sampai dengan 13.00 wita. gajihnya Rp 250.000, satu bulan. Ini masuk UMR enggak pak?
- Saya guru TK yang baru pak, kebetulan tempat saya mengajar ini TK berbasis Islam tapi kok praktik sholat engga ada nich kepala sekolahnya tidak menerima saran saya buat diadain praktik sholat!
- Lagi galau pak!!...di TK saya ada teman sesama pendidik yang kalo mengajari anak-anak membaca dan menulis diiming-imingi permen dan coklat, caranya kalo anak mau menyelesaikan membaca dan menulis dikasih permen ama coklat....boleh engga pak?
Baca selengkapnya di sini !! Unknown 20.25.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
CURHAT BUNDA PENDIDIK PAUD..!!
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
20.25.00
Banyak orangtua merasa perlu memberikan anaknya mainan terbaru untuk melihat dan merangsang minat, bakat, dan kecerdasan anak. Namun, kebanyakan balita akan terlihat jenius hanya di mata orangtua mereka. Ada juga balita yang memang sudah terlihat berbakat sejak awal semenjak kelahiran mereka. Lalu bagaimana untuk melacak bakat dan minat anak Anda? Berikut ini ada beberapa pedoman untuk mengetahui hal tersebut.
Menurut Lilsugar, ada 10 petunjuk untuk melacak dan mengetahui bakat, kecerdasan anak yaitu :.
Sumber : http://www.unic29.com/2012/05/inilah-10-tanda-anak-anda berbakat.html? Unknown 11.54.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
Menurut Lilsugar, ada 10 petunjuk untuk melacak dan mengetahui bakat, kecerdasan anak yaitu :.
- Mengumpulkan informasi. Mereka yang memiliki kecerdasan mampu menangkap berbagai informasi yang mereka dengar dan menceritakannya kembali kemudian. National Association of Gifted Children (NAGC) memberi contoh, “Seorang anak berusia 6 tahun baru saja kembali dari perjalanan ke museum dan mampu menggambarkan roket yang dia lihat secara akurat.”
- Besar rasa tertariknya. Anak-anak berbakat umumnya menunjukkan minat pada berbagai topik. Mereka mungkin tertarik pada dinosaurus pada bulan tertentu, lalu tertarik pada ruang angkasa di bulan berikutnya, dan seterusnya.
- Menulis dan membaca lebih dini. Jika anak Anda adalah anak yang pintar, ia akan dapat membaca dan menulis pada usia dini tanpa pendidikan formal sebelumnya.
- Berbakat di bidang seni. Anak-anak yang menunjukkan bakat luar biasa dalam seni atau musik atau lainnya, terkadang diyakini menjadi anak yang berbakat. Balita yang mampu menggambar sesuatu yang jelas, mampu membuat garis sempurna atau menggambarkan tingkat tinggi pemahaman tentang seni secara umum dikategorikan sebagai anak-anak berbakat.
- Menunjukkan konsentrasi. Anak-anak dikenal suka lama berkonsentrasi. Tapi jika anak Anda termasuk yang suka berkonsentrasi atau tertarik pada sesuatu dengan waktu yang panjang, maka akan Anda dapat dianggap sebagai anak berbakat.
- Memiliki memori yang baik. Beberapa balita yang berbakat mampu mengingat sesuatu dengan baik sejak mereka masih kecil. Contohnya, anak umur 2 tahun mampu mengingat dan menceritakan kembali peristiwa sejak ia berumur 18 bulan.
- Memiliki kosakata lanjutan. Balita yang dapat berbicara pada usia dini tidak dapat dimasukkan dalam tanda-tanda anak berbakat. Tapi, jika si kecil dapat menggunakan kosakata lebih dan kalimat, maka mereka lebih pandai daripada yang Anda pikir. Contohnya, menurut NAGC, jika anak pada usia dua tahun umumnya membuat kalimat, “ada anjing.” Anak berbakat akan mampu membuat kalimat lagi, seperti “ada anjing cokelat di halaman belakang dan ia mengendus bunga kami.”
- Perhatian pada detail. Anak berbakat memiliki perhatian pada detail. Anak yang lebih besar lebih mungkin ingin mengetahui secara khusus bagaimana cara sesuatu bekerja. Sementara anak yang lebih besar lagi mampu menempatkan kembali di mana mereka mengambil mainan atau tahu ketika ada sesuatu yang dipindahkan dari tempat asalnya.
- Lakukan apa yang mereka inginkan. Secara umum, anak-anak tidak terlalu peduli dengan diri sendiri atau orang lain, kecuali teman mereka memiliki sesuatu yang mereka inginkan. Tapi tidak demikian halnya dengan anak-anak berbakat, mereka peduli pada orang lain dan juga sangat memperhatikan diri mereka sendiri.
- Memahami sesuatu yang kompleks. Balita yang memiliki kecerdasan tinggi memiliki kemampuan untuk memahami sesuatu yang kompleks, yang berkaitan dengan hubungan dan berpikir secara abstrak. Mereka mampu memahami masalah secara mendalam dan memikirkan solusinya.
Sumber : http://www.unic29.com/2012/05/inilah-10-tanda-anak-anda berbakat.html? Unknown 11.54.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
10 TANDA ANAK BERBAKAT
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
11.54.00