TEKNIK MENDONGENG DAN BERCERITA DI PAUD

Sebagai pendidik Paud dan orang tua seyogyanya kita bisa bercerita atau mendongeng kepada anak, untuk bisa mendongeng dan bercerita yang baik, ada beberapa teknik sederhana yang dapat kita pelajari sendiri di rumah. Latihan sederhana dan menyenangkan dapat dilakukan untuk mendapatkan kemampuan dasar yang wajib kita miliki seperti kemampuan Olah suara (Vokal), gaya, Ekspresi, mimik, moving, bloking, dan pemanfaatan media dan properti alat bantu mendongeng dan bercerita....

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Utara)



Maaf data belum Terentri !!
Lihat selengkapnya Lembaga PAUD Propinsi Sulawesi Utara di sini
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=170000&level=1

Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!

Perluasan Layanan PAUD Melalui Prinsip 5 K

Pos PAUD Santa Budi  Bali
Pembinaan TK dan PAUD disatukan pembinaanya dalam satu Direktorat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 36 tahun 2010.  Dengan demikian pembinan TK, Kelompok Bermain, dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) baik formal, nonformal, maupun informal dibawah naungan Dit. Pembinaan PAUD. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pembinaan PAUD Dr. Erman Syamsuddin ketika menerima kunjungan majalah Community Magazine (commagz).

SEJARAH SEKOLAH PAUD DI INDONESIA DAN PERKEMBANGANNYA

PAUD di Indonesia, Sekolah Anak, Kingdergarten, Pelopor PAUD di Dunia
PAUD-Anakbermainbelajar--- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD di Indonesia eksistensinya dimulai sebelum masa kemerdekaan. Pada masa ini setidaknya dapat ditelusuri melalui dua periode, yaitu ;  pada masa pergerakan nasional pada penjajahan Belanda sekitar Tahun 1908-1941 dan masa penjajahan Jepang Tahun 1942-1945. Namun demikian keberadaan dan perkembangan PAUD di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan PAUD di dunia internasional.

Pada tahun 1940 Friedrich Wilhelm August Frobel telah mendirikan sebuah lembaga yang disebut "Kindergarten", "Kinder" artinya anak dan "garten" berarti taman. Lembaga ini didirikan di kota  Blankerburg, Jerman yang disebut-sebut sebagai pelopor PAUD di dunia.

Menurut Frobel, anak usia dini diibaratkan seperti tunas tumbuh-tumbuhan, masih memerlukan pemeliharaan dan perhatian sepenuhnya dari si "juru tanam".

Berdirinya Kindergarten yang juga dikenal dengan Frobel School berpengaruh terhadap perkembangan PAUD di seluruh dunia. Konsep Kindergarten dengan cepat menyebar keseluruh penjuru dunia. Kemudian PAUD versi lain pun bermunculan. Pada tahun 1907 di pemukiman kumuh san Lorenzo, Italia, Maria Montessori, seorang yang berlatar belakang dokter, mendirikan Casa dei Bambini yang ditujukan bagi perawatan anak-anak dari keluarga miskin dan kaum buruh. Casa dei Bambini artinya rumah untuk perawatan anak yang selanjutnya dikenal sebagai rumah anak. Di Indonesia, pemerintah Hindia Belanda membawa konsep ini dan mendirikan Frobel School bagi anak-anaknya.

Seiring dengan kebangkitan nasional yang diawali berdirinya Budi Utomo, kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi kaum budi putera semakin dirasakan. Frobel School yang awanya hanya diperuntukan bagi anak-anak keturunan Belanda, Eropa, dan Bangsawan, mulai dikenal oleh cendikiawan muda pribumi. Pada tahun 1919 Persatuan Wanita Aisyiyah mendirikan Bustanuf Athfal yang pertama di Yogyakarta. Kurikulum dan materi pendidikannya menanamkan sikap nasionalisme dan nilai-nilai ajaran agama. Bustanul Athfal ditujukan untuk merespon popularitas lembaga PAUD yang berorientasi Eropa. Pada tahun 1922, Ki Hajar Dewantara, sepulang diasingkan dari Belanda selama dua tahun (1913-1915), mendirikan Taman Lare atau Taman Anak atau Kindertuin yang akhirnya berkembang menjadi Taman Indria.

Pada masa penjajahan Jepang, Lembaga pendidikan sejenis PAUD, terus berlanjut namun semakin berkurang. Pemerintah Jepang tidak mengawasi secara formal penyelenggaraan pendidikan setingkat PAUD, namun melengkapi kegiatan kelasnya dengan nyanyian-nyanyian Jepang. 

Periode berikutnya adalah periode setelah kemerdekaan, Periode ini setidaknya terbagi menjadi 6 periode, yaitu : 
Periode 1945-1965 ditandai dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Lanjutan Wanita. Yayasan tersebut mendirikan Sekolah Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (TK) Nasional di Jakarta dan merupakan gerakan nasional dalam melawan kembalinya Belanda. Di era ini pemerintah dan swasta mulai membangun banyak TK. Pada tahun 1950, melalui UU No. 4 tahun 1950 tentang Dasar-dasar Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah keberadaan TK resmi diakui sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional. Pada tahun itu pula, tepatnya tanggal 22 Mei 1950 berdiri IGTKI. Pada tahun 1951 berdiri Yayasan Bersekolah Pada Ibu yang menyumbang pendirian TK hingga menyebar ke luar pulau Jawa. Tahun 1951-1955, pemerintah berupaya mengembangkan kurikulum, menyediakan fasilitas, dan mengadakan supervisi ke TK-TK. Pada periode itu pula didirikan SPG-TK Nasional di Jakarta dengan pemberian subsidi, dan pengembangannya yang terus berlanjut hingga ke luar pulau Jawa. Pada tahun 1957 berdiri GOPTKI (Gabungan Organisasi Penyelenggara TK Indonesia) yang melaksanakan kongres pertamanya pada tahun 1959. Pada awal tahun 1960-an, mulai didirikan TK yang bersetatus negeri. Tahun 1960-1963, pemerintah mulai melakukan pengiriman SDM untuk belajar ke luar negeri, diantaranya ke Australia, USA, dan New Zealand. Dampak dari pengiriman SDM tersebut, terjadi modernisasi pendidikan di tingkat PAUD bersekala besar dan merupakan jawaban atas ketidakpuasan sebelumnya. Sebagai penghujung, di periode tersebut, yaitu tahun 1963-1964 lahirlah Proyek (kurikulum) Gaya Baru. Inti kurikulum tersebut berorientasi pada fasilitas anak mendekati anak mendekati kecakapan, kebutuhan dan minat individual. Ciri khasnya tersedia pusat minat (sudut), seperti: sudut rumah tangga, sudut seni, pusat musik, dan sebagainya.

Periode1965-1998 ditandai dengan diperkenalkanya silabus kurikulum baru tahun 1968 yang mengantikan kurikulum versi 1964 (kurikulum gaya baru). pada bulan November 1968, pemerintah Indonesia berkerjasama dengan UNICEF dalam bentuk menyediakan konsultan dan pendanaan untuk penataran guru dan administrator pendidikan di tingkat TK. pada tahun 1970, mulai dijamin kerjasama nyata antra pemerintah dengan GOPTKI, IGTKI dan PGRI. Kerjasama tersebut melahirkan kegiatan workshop bersama, dengan tema "Konsolidasi Gerakan Prasekolah" .pada tahun 1974. diberlakukan kurikulum baru yang merupakan pembaharuan dari kurikulum 1968. Isi kurikulum meliputi PMP, kegiatan bermain bermain bebas, pendidikan bahasa, PLH, ungkapan kreatif, pendidikan olah raga, pendidikan dan pemeliharaan kesehatan, serta pendidikan skolastik. Pada tahun 1984, diberlakukan kurikulum baru dengan isi kurikulum meliputi bidang pengembangan agama, PMP, daya cipta, jasmani dan kesehatan, daya fikir/pengetahuan, serta perasaan kemasyarakatan dan lingkungan. Berlakunya UU Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diikuti terbitnya PP Nomor 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah, semakin mempertegas eksistensi dan kedudukan Pendidikan Prasekolah di Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1993, diberlakukan kurikulum TK 1993. Dalam kurikulum 1993 trsebut terdapat dua kegiatan utama, yaitu : 1) Program pembentukan perilaku, dan 2) Program pengembangan kemampuan dasar: daya cipta, bahasa, daya pikir, keterampilan dan jasmani.

Terkait dengan penyiapan pendidik oleh perguruan tinggi, mulai tahun 1979 di FKIP Jakarta didirikan jurusan Pendidikan Prasekolah dan Dasar jenjang S-1, yang terselenggara hingga tahun 1998 (yang setelah tahun 1998 berubah menjadi Program S-1 Pendidikan Anak Usia Dini hingga sekarang).

Upaya lebih luas dalam pengadaan pendidik paud PAUD oleh perguruan tinggi terjadi pada tahun 1993/1994-1996/1997  peningkatan kualifikasi guru prasekolah dari SPG ke D-2 PGTK yang penyelenggaraanya dimulai dari IKIP Bandung.

Pada tahun 1998 menguatkan berbagai upaya di bidang pendidikan anak usia dini, maka diadakan Semiloka Tingkat Nasional tentang Pendidikan Anak Usia Dini di IKIP Jakarta. Peserta terdiri dari 10 LPTK dan unsur dinas pendidikan dari seluruh Indonesia. 

Periode 1998-2003 ditandai dengan otonomi pendidikan, yang berpengaruh terhadap tata kelola penanganan PAUD di pusat maupun di daerah-daerah. Pada periode ini pemerintah mulai mendukung berkembangnya PAUD jalur pendidikan nonformal dalam bentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) dan satuan PAUD Sejenis dalam bentuk pengintegrasian layanan PAUD dengan Posyandu. Melalui dukungan Bank Dunia pada 1998-2004 pemerintah merintis program Pengembangan Anak Dini Usia di 4 propinsi, yaitu Jawa Barat, Banten, Bali, dan Sulawesi Selatan. Program dilanjutkan pada tahun 2008-2013 dengan nama program Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini (PPAUD) dengan dukungan pembiayaan pinjaman dari Bank Dunia dan hibah dari pemerintah Belanda. Pada tahun 2001 dibentuk Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PADU) yang mengemban mandat melakukan pembinaan satuan PAUD nonformal. Pada tahun 2002 terbentuk konsorsium PAUD yang membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan. Pada bulan Februari 2002, terbentuk forum PADU/PAUD Tingkat Nasional yang turut berkontribusi dalam pengembangan dan pembangunan PAUD di Indonesia. Di periode ini pula terjadi pendirian PGTK/PG-PAUD jenjang S-1 dibeberapa perguruan tinggi (PGTK S-1 di UPI, PGTK S-1 IKIP Yogyakarta, dll).

Periode 2003-2009, ditandai dengan keluarnya undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang merupakan jawaban atas tuntutan reformasi dalam semua aspek kehidupan. Melalui UU ini untuk pertama kali PAUD diatur secara khusus dalam sebuah undang-undang, yaitu pada pasal 1 butir 14 tentang pengertian PAUD; pasal 28 yang secara khusus mengatur tentang PAUD; dan pasal-pasal terkait lainnya. Pada tahun 2003 diselenggarakan Seminar dan Lokakarya Nasional (Semiloknas) di IKIP Bandung yang menghadirkan akademisi dari perguruan tinggi, forum PAUD, dan praktisi PAUD dari berbagai daerah. Semiloknas ini menghasilkan 'blue print' tentang kerangka akademik dan rujukan pengembangan PAUD di Indonesia yang mengawali konseptualisasi pembangunan PAUD Indonesia. Selanjutnya pada tahun 2005 berdiri organisasi profesi, himpunan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Indonesia (HIMPAUDI) yang menggerakan seluruh potensi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang tersebar diseluruh Indonesia. Pembentukan HIMPAUDI di tingkat pusat ini dengan cepat diikuti dengan pembentukan HIMPAUDI tingkat propinsi dan Kabupaten/Kota.

Pada tahun 2004-2009 program PAUD menjadi salah satu dari 10 prioritas Depdiknas sehingga PAUD menjadi salah satu program pokok dalam pembangunan pendidikan di Indonesia (tertuang dalam RPJM Tahun 2004-2009 dan renstra Depdiknas Tahun 2004-2009). Pada penghujung tahun 2009, diterbitkan Permendiknas Nomor. 58 tahun 2009 tentang Standar PAUD (formal dan nonformal).

Periode 2010-sekarang, ditandai dengan kebijakan penggabungan pembinaan PAUD formal dan PAUD nonformal di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) melalui Peraturan Presiden Nomor 24 tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kementrian Negara Republik Indonesia sebagaimana diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2010. Pada perjalanan sejarah pembinaan PAUD di Indonesia, akhirnya sebagai karakteristiknya yang meliputi TK (termasuk Taman Kanak-kanak Bistanul Athfal/TK-BA), RA, KB, TPA, Satuan PAUD Sejenis, serta PAUD berbasis keluarga dan/atau lingkungan.

Sumber : Buku Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011-2025, Dirjen Pendidikan anak Usia Dini, Non Formal, dan Informal, Kemendiknas Tahun 2011.

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Papua)



1. PAUD TK Yalkom : Ilugua Desa Wambalfak, Kabupaten Kecamatan Abenaho, Yalimo, Propinsi Papua

Lihat selengkapnya Lembaga PAUD Propinsi PAPUA di sini !

http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=250000&level=1

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Papua Barat )

  1. PAUD Bunga : kompleks Aspen Atas, Aspen Bawa, Arter, Kuda Laut,  Papua Barat
  2. PAUD Bunga Papua:  Kompleks Kampung Cengke, Papua Barat.

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Papua Tengah)

Maaf data belum terentri !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Maluku Utara)



Maaf data belum terentri !!

Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Maluku)

Maaf data belum terentri !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Tengah)


Maaf data belum terentri !!

Selanjutnya Lihat disini!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Tenggara)



Maaf data belum terentri !!

Selanjutnya Lihat disini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Selatan)



  1. PAUD INARAH; Jl. Paccerakkang No. 100 Daya- Makassar Indonesia Tlp : (0411) 511982.  http://www.paud-inarah.com/
  2. PAUD NADYA: Tamarellang Sarajoko Kelurahan Ballasaraja Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba Propinsi Sulawesi Selatan Kode Pos 92552 Telepon (0413) 2587776 Website http://www.nadya-paud.at.ua E-mail: nadya.paud@gmail.com.


Propinsi Selanjutnya lihat Selanjutnya disini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Gorontalo)

Maaf data belum terentri !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sulawesi Barat)



Maaf data belum terentri!!


Lihat Selanjutnya disini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kalimantan Timur)

Maaf data belum terentri !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kalimantan Selatan)

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kalimantan Tengah)

Data belum terentri!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kalimantan Barat)

PAUD Prop Kalbar
  1.  PAUD PUSPA PUTIH; Desa Pendawan Kec. Sambas Kab. Sambas Propinsi Kalimantan Barat
    http://paudpuspaputih.blogspot.com/

Lihat PADU di Propinsi Lainnya di sini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Data belum terentri!!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Nusa Tenggara Barat)


Lembaga PAUD NTT


  1. PAUD PELANGI : Jln. Dugandini No.3 Kr.Blumbang Kelurahan Sapta Marga Kecamatan Cakranegara Kota Mataram NTB Telpon (0870) 6661090, 081805265020. http://pelangiplaygroup.blogspot.com/
  2.  

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Bali)



Maaf Data Belum terentri !!


Propinsi selanjutnya Lihat disini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Propinsi Jawa Timur)



  1. PAUD JUWITA HARAPAN. Alamat: Perumahan "Jalagriya" TNI AL Blok G XVI/6 Sugihwaras Candi Sidoarjo Jawa Timur Telp. (031) 8927734. http://paudjuwitaharapan.blogspot.com/
  2. PAUD TK-TPA PAUD AISYIYAH : Jln. Singajaya Jenangan Ponorogo 63492 Jawa Timur.
  3. PAUD DIAN AGUNG KINDERGARTEN : Jl.Bendungan Sigura-gura no.31 Telp. (0341-570344) Malang : http://tkdianagungmalang.blogspot.com
  4. PAUD TUNAS BANGSA: Desa Banjardowo Kecamatan Lengkong Kabupaten Ngajuk.
  5. PAUD MUCHTARUSSALAM: Jln. Aksia Sumberkembang Barat Rt. 05 Rw. 01 Karangmulyo Tegalsari Kab. Banyuwangi Jawa Timur: http://paud-muchtarussalam.blogspot.com/
 
Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Jawa Barat)


  1. PAUD AL-KAUTSAR GUNUNGHALU : Kp. Selakopi Desa Sirnajaya Kec Gununghalu Kab. Bandung Barat http://paudalkautsar.blogspot.com/
  2. PAUD PERMATA ASY'SYIFA : Taman Cimanggu Jln.Palem II no.17, Bogor 16164 Tlp.085711484061 e-mail:permata.asy.syifa @gmail.com 
  3. PAUD KOBER ASH-SHIDDIQIYYAH; Jl. Cempaka wati No 53 Blok Pejaten Kidul Desa Cempaka Kec. Plumbon Cirebon Jawa Barat http://paud-ashiddiqiyyah.blogspot.com/

 
Untuk Lembaga PAUD Propinsi Lainnya lihat disini!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)


  1. PAUD TIARA CHANDRA : Yogyakarta
  2. PAUD GENIUS KIDS : Komplek Pesantren Al Muksin Jl. Parangtritis km. 3,5 Krapyak Wetan Bantul Yokyakarta  telp (0274) 7144865
  3. PAUD KB-TK AL-AZHAR Yogyakarta : Kompleks Masjid Agung Al Azhar Kebayoranbaru Jakarta Selatan : http://www.alazhar-yogyakarta.com/
  4. PAUD HALIFAH CENTER : Karanganyar, widodomartani, Ngempalak, Sleman Yogyakarta : http://khalifah-centre.blogspot.com/
  5. PAUD TK MASJID SYUHADA : Komplek Masjid Syuhada Jl. I. Dewa Nyoman Oka 13 Yogyakarta (McD Sudirman ke selatan) : http://www.tkmasjidsyuhada.com/

Propinsi Selanjutnya lihat di sini !!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Jawa Tengah)


LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Banten)



  1. PAUD LASKAR SEMUT; Taman Puspa Blok C 5 No. 2 Citra Raya Tangerang, Kabupaten Tanggerang. Provinsi Banten. (021) 59404702.  http://tk-paud-laskarsemut.blogspot.com/
  2. PAUD KOMUNITAS MENARA; Jl. Beruang II No. 69 Pondok Ranji Tanggerang selatan. www.komunitasmenara.org/  www.negeri5menara.com


Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Jawa)

Data belum terentri !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi DKI Jakarta)



  1. Paud Raudhatul Athfal Istiglal : Lt. Dasar Masjid Istiglal Jl. Taman Wijaya Kusuma Jakarta Pusat 10710 Telp.0213500711 Fax.0213459525 
  2. Paud Buah Hati  : Jalan Kruing Komplek AL Pondok Labu Cilandak Jakarta Selatan Telp. (021) 7513074/75, Fax. (021) 75906162  Pengelola : Ida Ahdiyati, S.Pd.
  3. Paud Melati : Kantor Walikota Jakarta Utara Lt. 10 Jakarta Utara 
  4. Paud Tumbuh Kembang Jl Baru No.34 Rt.02 RW 10 Kel.Baru Pasar Rebo Jakarta Timur dengan telepon (021)8701318
  5. Paud BKB KEMUNING RW 06. Alamat sekolah : Jln. Wika RT 008/06 Kelurahan Srengseng Sawah Kec. Jagakarsa Jakarta Selatan 12640 

 Propinsi Selanjutnya lihat disini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Lampung)

PAUD Lampung

  1. PAUD AL-MUNAWAROH; Jl. Ikan nila IX No.18 Kel. Pecoh Raya Kecamatan Teluk Betung Selatan- Bandar lampung telp (0721) 484002.
  2.  
Lembaga PAUD Propinsi Lainnya Lihat disini !!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Bengkulu)

 

Data belum terentri !!



Propinsi selanjutnya lihat disini !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Bangka Belitung)



Maaf Data belum terentri !!!

Propinsi selanjutnya Lihat disini!!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sumatera Selatan)

Data belum terentri !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Jambi)




  1. PAUD AL-QUDSIAH; Ds. Pursawari Kuamang Kuning 1 SPA. Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Kode Pos: 37252  http://paudalqudsiah.blogspot.com/
  2. PAUD AR-RAHIMAH; Kota Jambi. http://paudarrahimah.wordpress.com/  atau http://paud-arrahimah.blogspot.com/ 


Propinsi Selanjutnya Lihat disini !!!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Kepulauan Riau)

Data belum terentri !!

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Riau)

  1. Paud Kemenag Riau : Jl. Jendral Sudirman No. 235, Telp (0761) 21360 Pekanbaru 28011
  2. Paud Harapan Bunda : Desa Banjung Bunga Kecamatan Pulau Merbau Kab. kepulauan Meranti
  3. Paud Pelita Riau : Jl. Balai Perikanan No.19 Rumbai Pesisir Pekan Baru

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sumatera Barat )

  1. PAUD Citra Al Madina Padang : Alamat : Jl. Purus I No. 8A Padang Barat Kota Padang http://paud-citramadina.blogspot.com
  2.  PAUD Ceria Anak Pintar :  Palak Aneh, Pariaman, Sumatera Barat,
  3.  PAUD Darul Fahri :Padangpanjang Barat (Kamp. Jao), Padangpanjang, Sumatera Barat
  4.  TK RIDHOTULLAH : Jln. Raya Ulu Gadut Padang, Sumatra Barat  Telepon : 0751-72275,778610,778642 www.ridhotullah.blogspot.com
  5. TK AL HUFFAZH, KOTA PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT
  6. TK ISLAM H. RJ. RASUNA SAID SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  7. TK NUSA INDAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  8. TK MAHADUL ISLAMI SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  9. TK CEMPAKA PUTIH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  10. TK ASUHAN BUNDA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  11. TK LUNDANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  12. TK NEGERI PEMBINA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  13. TK AISYIYAH KUBANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  14. TK TUNAS MURNI BATU TABA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  15. TK AL HIDAYAH III KAMPUNG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  16. TK BUDI UTAMA KOTO TUO SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  17. TK PERTIWI LIMO KAMPUNG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  18. TK ASSAADAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  19. TK DHARMA WANITA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  20. TK DARUL FALAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  21. TK JERUK MANIS SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  22. TK NEGERI PEMBINA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  23. TK MAHADUL ISLAMI SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  24. TK RUHAMA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  25. TK ATTAQW SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  26. TK AL HIKMAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  27. TK AISYIYAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  28. TK DHARMA WANITA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  29. TK AISYIYAH KUBANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  30. TK PERPETA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  31. TK AISYIYAH SITAPUNG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  32. TK HIDAYATUL ATHFAL SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  33. TK DHARMA WANITA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  34. TK AISYIYAH SEI TUAK SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  35. TK AISYIYAH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  36. TK AL IKHLAS CINGKARIANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  37. TK RUHAMA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  38. TK ISLAM AL-IRSYAD BULAAN KAMBA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  39. TK NEGERI PEMBINA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  40. TK AL KHAIRAT SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  41. TK TUNAS BANGSA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  42. TK ISLAM AL IRSYAD PARABEK SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  43. TK MAHADUL ISLAMI SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  44. TK AL IRSYAD PAHAMBATAN SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  45. TK KUNTUM MEKAR SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  46. TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  47. TK TUNAS HARAPAN SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  48. TK ISLAM WALADUN SHALEH SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  49. TK PEMBINA SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  50. TK AISYIYAH KUBANG SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  51. TK TUNAS HARAPAN SUMATERA BARAT KAB. AGAM
  52. TK MUTIARA IBU SUMATERA BARAT KAB. AGAM

LEMBAGA PAUD SEINDONESIA (Provinsi Sumatera Utara Medan)


  1.     Paud Raudhatul Hasanah : Gunung Sitoli, Bagansiapiapi, Medan
  2.     Paud Tasya : Jalan Pendidikan Gang Bersama Medan
  3.     Paud TK-Swasta Josua : Jln. BG. Josua 30 Medan
  4.     Paud Madya Insani : Jl. Bajak V Gg. Bahagia No.138-A Medan Amplas - Medan
  5.     Paud Yayasan Tadika Puri : Jln Karya Wisata No.23A Johor Medan
  6.     Paud Ar-Ridho : Pesantren Babur Ridho Kelurahan Labuhan Deli - Kec.Medan Marelan
  7.     Paud Bina Santri : Jalan Pasar III No.80, Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan.

BUKU PEDOMAN PENYELENGGARAAN PAUD TPQ (PAUD BERBASIS PENDIDIKAN AL-QUR'AN)

PANDUAN PENYELENGGARAAN TPA PAUD

PENGARUH ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA PERTUMBUHAN OTAK ANAK

Pada usia 0 - 2 tahun adalah masa-masa emas untuk perkembangan otak anak, 80% perkembangan otak terjadi pada usia 0 - 2 tahun ini, karena itu sangat penting untuk diperhatikan nutrisi dan

makanan pembentuk sel-sel otak anak yang sedang tumbuh. Ada beberapa zat gizi esensial untuk tubuh yang sangat berperan penting terhadap perkembangan otak anak, salah satunya adalah zat besi.

PANDUAN MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PAUD

BUKU PEDOMAN PENYELENGGARAAN PARENTING PAUD

BUKU PEDOMAN DAN PETUNJUK TEKNIS PAUD

Ada beberapa buku panduan wajib dan buku pendamping yang harus dimiliki Penyelenggara dan pengelola Paud, antara lain sbb:

KERANGKA BESAR PAUD INDONESIA PEIODE 2011-2025 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.


Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !! 


PERMEN NOMOR 58 TAHUN 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2010.

Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !! 


PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS KELUARGA (PARENTING) yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.

Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !! 


PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PAUD BERBASIS TAMAN PENDIDIKAN ALQUR'AN (PAUD-TPQ) Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!


PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN KELOMPOK BERMAIN  (KB) Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.

Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!


PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN TAMAN PENETIPAN ANAK (TPA) Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011.


Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!


PEDOMAN PENDIDIKAN KARAKTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2012


Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!


PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN POS PADU. Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011

 
Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !! 


PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PADU BERBASIS PELAYANAN ANAK AGAMA KRISTEN. Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011 


 Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!

  
PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PADU BERBASIS PELAYANAN ANAK AGAMA KRISTEN. Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Tahun 2011



 Baca selengkapnya DOWNLOAD di sini !!

CONTOH RENCANA KEGIATAN HARIAN SENTRA RKH


 
RKH RENCANA KEGIATAN HARIAN

Untuk Contoh RKH SENTRA PAUD berbasis Minat dapat di download dibawah ini.:

PANDUAN RESMI PENYELENGGARAAN KELOMPOK BERMAIN KB

DAFTAR ISI BLOG

MAKANAN SEHAT UNTUK MENCERDASKAN OTAK ANAK

Kita telah mengetahui bahwa otak, seperti halnya organ tubuh yang lain, perlu diperhatikan secara khusus, dengan pemeliharaan yang baik agar tetap berada pada kondisi optimal untuk melaksanakan fungsi pokoknya.

Sangat penting untuk menjaga pengaturan nutrisi makanan yang sehat dan berimbang yang menyuplai Vitamin, A, B, C, dan E, seperti halnya menjaga tubuh anda sehat dan bugar Vitamin-vitamin ini memegang peran terpenting agar anda tetap wapada untuk menjaga penglihatan, ingatan, dan fungsi otak secara umum bekerja dengan baik.

Terlalu banyak gula, tepung, kafein, dan obat-obatan yang tidak perlu bisa menyebabkan melemahnya fungsi otak dan menyebabkan kemunduran mental. Pastikan bahwa orang tua menyadari pentingnya anak menerima nuntrisi yang baik, khususnya sarapan yang baik untuk membuat mereka siap belajar disekolah.

Para orang tua diharapkan menerapkan konsep sarapan yang telah terbukti sangat baik, dianjurkan juga kepada para orang tua untuk menyediakan sarapan makanan yang teratur, mengurangi jajan dan tidak melewatkan jam makan, karena otak memerlukan suplai energi secara terus-menerus.
tetap berada pada kondisi terbaiknya untuk melaksanakan fungsi pokoknya.

Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak - Masa pertumbuhan adalah masa yang tepat untuk memaksimalkan kemampuan otak anak. Untuk mendukungnya, berikanlah nutrisi sehat yang bisa menjadi makanan otak.

Makanan yang baik untuk nuntrisi otak dapat meningkatkan memori dan keterampilan, sehingga membuat anak lebih mahir dalam menghafal atau mengingat sesuatu.

Berikut nutrisi yang bisa jadi makanan otak untuk anak, seperti dilansir boldsky, Selasa (12/6/2012):

1. Produk susu
Susu dan produk susu lainnya merupakan sumber yang kaya protein, kalsium, kalium dan vitamin D. Semua nutrisi penting ini adalah sumber kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim dan jaringan otak. Anak-anak dan orang dalam kelompok usia remaja yang sedang dalam tahap tumbuh juga membutuhkan nutrisi ini.

2. Semua jenis buah berry
Stroberi, ceri, blueberry dan blackberry dikenal sebagai 'brainberries' karena buah-buah ini menyediakan hampir semua nutrisi penting untuk otak. Buah berri merupakan sumber antioksidan dan vitamin C yang membantu dalam mengurangi stres oksidatif.

3. Telur dan kacang
Kolin, salah satu unsur penting lain untuk perkembangan sel-sel batang memori yang dapat ditemukan dalam telur dan kacang. Kolin dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak, juga meminimalkan kelelahan. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber vitamin D, yang mampu mengurangi penurunan fungsi kognitif.

4. Gandum Utuh
Vitamin B dan glukosa yang ditemukan dalam biji-bijian seperti oat meal dan beras merah, sehingga membuatnya menjadi makanan otak yang sehat untuk anak. Tubuh membutuhkan pasokan reguler dari glukosa yang disediakan oleh biji-bijian. Vitamin B meningkatkan aliran darah sistem saraf yang merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga semua organ tubuh untuk aktif, termasuk otak.

5. Salmon
Ikan dengan tingkat lemak tinggi seperti salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 seperti DHA dan EPA. Ini adalah nutrisi penting untuk pengembangan otak yang tepat. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan memiliki memori lebih tajam daripada yang tidak. - 5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak.


Sedangkan  makanan yang harus dihindari untuk anak adalah makanan yang mengandung kalori, pemanis yang berlebihan.

Memang tidak ada salahnya memperkenalkan rasa manis pada si kecil. Tetapi yang harus diperhatikan adalah sedikit banyaknya jumlah yang dikonsumsi. Gula yang berlebih akan membawa masalah kesehatan untuk buah hati Anda.

Ini adalah beberapa dampak bahaya gula yang berlebih terhadap anak usia pra sekolah dan balita.:

1. Gula dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Makanan manis akan memberikan makan pada bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

2. Gula juga dapat membuat si kecil hiperaktif. Kadar gula tinggi akan membuat tubuh melepaskan insulin yang membantu penyerapan gula dalam tubuh sebagi sumber energi. Hal ini juga akan menyebabkan kadar gula turun dengan cepat, sehingga si kecil mudah gemetar dan lesu, ini akan membuatnya ketagihan dengan permen.

3. Menyebabkan kelemahan pada otak. Anak yang mengkonsumsi gula berlebih pada usia sekolah akan berdampak buruk pada kemampuan konsentrasinya. Padahal mereka membutuhkan banyak konsentrasi dalam belajarnya.

4. Sama seperti halnya orang dewasa, kelebihan kalori juga dapat membua anak-anak obesitas. Obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga terjadi pada anak-anak. Hal itu dikarenakan anak lebih suka makanan manis yang ahirnya terjadi kelebihan kalori yang menyebabkan obesitas pada anak. Selain itu anak yang gemar makan gula cenderung sedikit mendapatkan nutrisi dari makanan sehat. Karena rasa manis akan cepat membuat perut terasa kenyang.

5. Gula tidak menyebabkan diabetes. Tetapi diet gula dengan pemanis tambahan dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 atau resistensi insulin yaitu pra diabetes.

Berapa banya gula yang baik dikonsumsi untuk si kecil?

Pada tahun 2009, American Heart Assosiation (AHA) menetapkan panduan baru terhadap batas jumlah gula tambahan yang baik saat berdiet. Anak-anak baik mengkonsumsi gula tidak lebih dari tiga sampai delapan sednok teh per hari. Sayangnya, menurut studi lain yang dilakukan oleh AHA, anak-anak umur satu tahun hingga tiga tahun sudah dapat mengkonsumsi 12 sendok teh gula per hari.


Dirangkum dari Berbagai Sumber !

CURHAT BUNDA PENDIDIK PAUD..!!

Bunda...sare... curhat...disini ... ini hasil curhat bunda dan pendidik paud  mungkin bisa kita jadikan bahan renungan.....

  1. Gimana ya pak..kami bingung, ini juga terpaksa mengajar membaca dan menulis di TK dengan cara ngedril seperti ini, ini perintah kepsek yang mau memenuhi permintaan orang tua kalo tidak diajari orang tua menuntut katanya nanti anaknya tidak bisa masuk sekolah SD yang pavorit.
  2. Pak TK saya di RA, jam kerjanya saya harus masuk jam 7.00 wita sampai dengan 13.00 wita. gajihnya Rp 250.000, satu bulan. Ini masuk UMR enggak pak?
  3. Saya guru TK yang baru pak, kebetulan tempat saya mengajar ini TK berbasis Islam tapi kok praktik sholat engga ada nich kepala sekolahnya tidak menerima saran saya buat diadain praktik sholat!
  4. Lagi galau pak!!...di TK saya ada teman sesama pendidik yang kalo mengajari anak-anak membaca dan menulis diiming-imingi permen dan coklat, caranya kalo anak mau menyelesaikan membaca dan menulis dikasih permen ama coklat....boleh engga pak?


Baca selengkapnya di sini !!

10 TANDA ANAK BERBAKAT

Banyak orangtua merasa perlu memberikan anaknya mainan terbaru untuk melihat dan merangsang minat, bakat, dan kecerdasan anak. Namun, kebanyakan balita akan terlihat jenius hanya di mata orangtua mereka. Ada juga balita yang memang sudah terlihat berbakat sejak awal semenjak kelahiran mereka. Lalu bagaimana untuk melacak bakat dan minat anak Anda? Berikut ini ada beberapa pedoman untuk mengetahui hal tersebut.
 
Menurut Lilsugar, ada 10 petunjuk untuk melacak dan mengetahui bakat, kecerdasan anak yaitu :.


  1. Mengumpulkan informasi. Mereka yang memiliki kecerdasan mampu menangkap berbagai informasi yang mereka dengar dan menceritakannya kembali kemudian. National Association of Gifted Children (NAGC) memberi contoh, “Seorang anak berusia 6 tahun baru saja kembali dari perjalanan ke museum dan mampu menggambarkan roket yang dia lihat secara akurat.”
  2. Besar rasa tertariknya. Anak-anak berbakat umumnya menunjukkan minat pada berbagai topik. Mereka mungkin tertarik pada dinosaurus pada bulan tertentu, lalu tertarik pada ruang angkasa di bulan berikutnya, dan seterusnya.
  3. Menulis dan membaca lebih dini. Jika anak Anda adalah anak yang pintar, ia akan dapat membaca dan menulis pada usia dini tanpa pendidikan formal sebelumnya.
  4. Berbakat di bidang seni. Anak-anak yang menunjukkan bakat luar biasa dalam seni atau musik atau lainnya, terkadang diyakini menjadi anak yang berbakat. Balita yang mampu menggambar sesuatu yang jelas, mampu membuat garis sempurna atau menggambarkan tingkat tinggi pemahaman tentang seni secara umum dikategorikan sebagai anak-anak berbakat.
  5. Menunjukkan konsentrasi. Anak-anak dikenal suka lama berkonsentrasi. Tapi jika anak Anda termasuk yang suka berkonsentrasi atau tertarik pada sesuatu dengan waktu yang panjang, maka akan Anda dapat dianggap sebagai anak berbakat.
  6. Memiliki memori yang baik. Beberapa balita yang berbakat mampu mengingat sesuatu dengan baik sejak mereka masih kecil. Contohnya, anak umur 2 tahun mampu mengingat dan menceritakan kembali peristiwa sejak ia berumur 18 bulan.
  7. Memiliki kosakata lanjutan. Balita yang dapat berbicara pada usia dini tidak dapat dimasukkan dalam tanda-tanda anak berbakat. Tapi, jika si kecil dapat menggunakan kosakata lebih dan kalimat, maka mereka lebih pandai daripada yang Anda pikir. Contohnya, menurut NAGC, jika anak pada usia dua tahun umumnya membuat kalimat, “ada anjing.” Anak berbakat akan mampu membuat kalimat lagi, seperti “ada anjing cokelat di halaman belakang dan ia mengendus bunga kami.”
  8. Perhatian pada detail. Anak berbakat memiliki perhatian pada detail. Anak yang lebih besar lebih mungkin ingin mengetahui secara khusus bagaimana cara sesuatu bekerja. Sementara anak yang lebih besar lagi mampu menempatkan kembali di mana mereka mengambil mainan atau tahu ketika ada sesuatu yang dipindahkan dari tempat asalnya.
  9. Lakukan apa yang mereka inginkan. Secara umum, anak-anak tidak terlalu peduli dengan diri sendiri atau orang lain, kecuali teman mereka memiliki sesuatu yang mereka inginkan. Tapi tidak demikian halnya dengan anak-anak berbakat, mereka peduli pada orang lain dan juga sangat memperhatikan diri mereka sendiri.
  10. Memahami sesuatu yang kompleks. Balita yang memiliki kecerdasan tinggi memiliki kemampuan untuk memahami sesuatu yang kompleks, yang berkaitan dengan hubungan dan berpikir secara abstrak. Mereka mampu memahami masalah secara mendalam dan memikirkan solusinya.
Demikian 10 Ciri dan tanda-tanda anak berbakat,...bagaimana anak anda?

Sumber : http://www.unic29.com/2012/05/inilah-10-tanda-anak-anda berbakat.html?

MENGENAL KONSEP DASAR SENTRA PAUD BCCT

Pengertian Sentra Paud adalah suatu pengertian yang menurut penelusuran penulis belum ada definisi yang jelas tentang sentra Paud ini, kecuali merujuk kepada beberapa konsep dasar dan teori pengembangan metode sentra di Paud yang di kenal dengan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau lebih jauh tentang sentra dan saat lingkaran.

Beyond Centers and Circles Time (BCCT) adalah metode penyelenggaraan PAUD yang berpusat pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran. Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dapat dikatakan sebagai konsep belajar dimana pendidik (guru) menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong anak didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari

Sentra main adalah zona atau area main anak yang dilengkapi seperangkat alat main yang berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mendukung perkembangan anak dalam tiga jenis permainan. Yakni main sensorimotor (fungsional), main peran, dan main pembangunan.

Sedangkan saat lingkaran merupakan saat guru duduk bersama anak dengan posisi melingkar untuk memberikan pijakan (arahan) kepada anak yang dilakukan sebelum dan sesudah main. ...........



MENGENAL SEKILAS SENTRA DI PAUD

Apa itu sentra ? demikian pertanyaan banyak orang, termasuk para orang tua ketika melihat lembaga Paud tempat anak mereka melaksanakan pembelajaran dengan metode sentra ini. Ketika awal diperkenalkan banyak orang tua yang masih belum bisa memahami bahkan tidak menerima cara belajar anak mereka dengan metode sentra ini, orang tua masih beranggapan cara belajar konvensional masih yang terbaik, sentra mereka anggap  tidak berguna, hanya membuang-buang waktu anak, bermain-main, dan tidak membuat anak belajar. Pemahaman yang keliru para orang tua inilah yang menjadi salah satu penyebab lembaga-lembaga paud di Indonesia, terutama yang ada di daerah pedalaman, enggan dan ragu-ragu untuk melaksanakan sentra di lembaga mereka, karena mereka takut para orang tua anak tidak bisa menerima metode pembelajaran sentra yang akan mereka lakukan.

Pemahaman keliru masyarakat dan orang tua itu bertolak belakang dengan pentingnya metode belajar dengan sentra ini. Sentra sendiri adalah kegiatan belajar yang sesuai dengan karakterisitik dan perkembangan anak. Tidak seperti metode konvensional tradisional yang selama ini dilaksanakan di banyak lembaga Paud yang kebanyakan menjejali anak dengan aksara dan angka yang didril terus menerus yang mengakibatkan anak kehilangan masa-masa penting sesuai usia mereka sebagai anak-anak yang perlu bermain, bergembira dan mengekplorasi lingkungan yang penuh pengetahuan. Selama ini anak yang didrill, dijejali, dipaksa, belajar hapalan, aksara dan angka dengan  berakibat anak akan bosan belajar, sehingga kelak begitu mereka berada disekolah lanjutan kebosanan ini mungkin dapat meningkat menjadi kemalasan belajar yang sangat parah.

Sentra menurut Rebecca Isbel  sesuai bagi pembelajaran anak karena :
  1. Sentra sebagai representasi dari dunia dan pikiran anak
  2. Sentra yang efektif didesain untuk menghubungkan dunia anak sebagai pembelajar yang aktif, dengan dunia yang diketahuinya, karena itu perlu dirancang untuk memotivasi anak untuk terlibat di dalamnya
  3. Sentra merupakan aplikasi dari pembelajaran terintegrasi (integrated learning)
  4. Setiap sentra didukung dengan alat dan bahan main yang dapat digunakan anak sesuai dengan gagasannya.
  5. Sentra sangat fleksibel karena dapat dibuka di dalam maupun di luar ruangan.

Jadi mengapa sentra itu bagus dan penting? karena metode pembelajaran anak usia dini dengan sentra ini dikembangkan berdasarkan penelitian dan didukung teori yang sesuai dengan pendidikan dan perkembangan anak.

Disentra anak dapat:
  1. Mengembangkan rasa percaya diri dan melatih kemampuan dalam mengatasi permasalahannya
  2. Mencoba, bereksplorasi, mengembangkan gagasan, dan menata ulang apa yang seharusnya terjadi menurut pemahamannya.
  3. Mengembangkan rasa tanggungjawab terhadap alat dan bahan main yang digunakan
  4. Membangun kemampuan bekerjasama, interaksi sosial yang lebih intensif dibanding dalam kelompok besar.
 Jadi...Bunda...Ayah...Jangan ragu-ragu dan takut ya...di sentra Ananda belajar...kok.!!


Baca juga : Mengenal Konsep Dasar Sentra BCCT;