PENTINGNYA RANGSANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK

karya wisata anak, outbond paud, belajar diluar, pembelajaran alam,
Seorang anak yang lahir dibekali bermilyar neuron (sel syaraf) dan Sinapsis dalam otaknya. Pada periode awal perkembangan anak sel-sel neuron tumbuh, bermigrasi, berhubungan satu sama lain, menyusun dan menciptakan jalan terjadinya proses wiring (perkawatan) dalam otak. Proses wiring tersebut akan bertambah kuat dan memberikan bentuk pada bagaimana cara anak berpikir, merasa, bersikap, berperilaku, dan belajar bila neuron-neuron tersebut distimulasi. Neuron-neuron yang tidak mendapatkan stimulasi pendidikan akan musnah lewat proses alamiah (pemangkasan ini berlangsung terus hingga remaja). Hal inilah yang menyebabkan mengapa usia dini (periode perkembangan anak) disebut sebagai masa emas (the golden age), yaitu dimana sel-sel otak berkembang luarbiasa dengan membuat sambungan antar sel dan akan menentukan kualitas anak kelak dalam kehidupannya.

LANGKAH PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN PAUD

PAUD, menyusun belajar, ibu balita, anak dan ibu belajar,

Penyusunan rencana belajar program pendidikan anak usia dini dilakukan dalam beberapa langkah :
-    Menentukan aspek dan indicator perkembangan
-    Menentukan tema/topic
-    Menentukan materi
-    Menentukan kegiatan
-    Menentukan alat dan bahan
-    Menentukan pencatatan

Enam langkah yang harus diperhatikan dalam penyusunan rencana belajar saling terkait satu dengan yang lainnya, sehingga tidak dapat menghilangkan satu langkah, dan melompat ke langkah berikutnya.

BERMAIN ADALAH DUNIA ANAK

Bermain, dunia anak, anak bermain, sentra luarBermain adalah dunia anak, setiap anak akan bermain dengan caranya masing-masing. Bermain merupakan sarana belajar anak usia dini. Melalui bermain anak dapat menemukan hal-hal baru yang sangat berguna untuk membangun pengetahuan mereka. Selain itu melalui  bermain anak dapat mengembangkan kreativitasnya. Anak melakukan berbagai kegiatan yang dapat melatih kelenturan tangan, menumbuhkan imajinasi dan ekspresi diri, kemampuan pemecahan masalah, mencari cara baru dan sebagainya.Jadi bermain merupakan pusat dari aktivitas anak usia dini
.
Bermain dapat membantu anaku untuk memahami dan menguasai perasaannya, mengembangkan intelektual serta mengembangkan ketrampilan pisik dan sosial anak. Bermain adalah aktivitas  yang dipilih sendiri oleh anak karena merupakan kebutuhan bagi anak. Bermain merupakan alat utama untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Bermain adalah sarana bagi anak mencoba mewujudkan imajinasinya secara nyata.

Kesuksesan anak dalam bermain sangat bergantung pada orang dewasa. Keterlibatan pendidik dalam bermain adalah hal yang terpenting untuk mendukung pertumbuhan dan kemampuan belajar anak. Kegiatan anak dalam bermain  dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan anggota tubuhnya (bertepuk tangan, bergoyang, berlari-lari)  bermain pura-pura, menciptakan sesuatu, atau  bermain dengan teman sebaya. Pengalaman bermain tersebut dapat membantu perkembangan fisik, emosi, kognitif dan sosial anak. Jadi bermain  merupakan cara terbaik bagi anak untuk mengembangkan seluruh kemampuannya.
Menciptakan lingkungan bermain yang baik bagi anak harus didasarkan pada tiga jenis main yaitu :
  1. Main Sensori motor (sensori-motor play)
  2. Main Peran (Symbolic play)
  3. Main Pembangunan (constructive play)
Pengalaman main yang bermutu harus direncanakan dengan baik, yaitu menata lingkungan main dan memberi pijakan-pijakan.

CARA MEMBUAT ORIGAMI LIPATAN KERTAS KODOK LOMPAT

Bunda kita akan mencoba membuat orimagami lipatan kertas binatang kodok yang bisa melompat, adapun Langkah-langkah membuat KODOK LOMPAT ini seperti dibawah ini:

Tingkat kesulitan : Mudah

Adapun langkah-langkah untuk membuat Kodok Untuk Melipat Kertas/origami PAUD dan TK adalah sebagai berikut :

    Siapkan kertas Persegi empat Panjang,
    Lipat bagian atas menjadi dua sisi segitiga,   
    Lipat sisi kiri dan kanan atas ke arah atas
    Lipat sisi kiri dan kanan persegi panjang yang masih tersisa
    Berilipatan zizak pada bigian bawah
    Berilah gambar mata dengan spidol warna sesuai selera

Jadilah Kodok kecil yang dapat dibuat mainan yang bisa melompat jika ditekan bagian belakangnya.

PENGERTIAN RENCANA PEMBELAJARAN PAUD

Rencana pembelajaran adalah suatu rancangan tertulis mengenai kegiatan main anak yang dilakukan secara rutin yang menjelaskan tentang struktur kegiatan dan aktivitas bermain. Karena rencana pembelajaran merupakan rencana kegiatan yang dikenal dan disukai oleh anak, pendidik PAUD harus menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak.

Cari Tulisan