APE ALAT PERMAINAN ANAK SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK

Menurut Piaget dan Saras Smilansky (1968), anak usia dini belajar melalui panca inderanya dan melalui hubungan fisik dengan lingkungan mereka. Kebutuhan sensorimotor anak akan lebih baik hasilnya apabila ada dukungan diberi kesempatan main dengan bermacam-macam bahan dan alat permainan. Kebutuhan bermain sensorimotor juga akan lebih baik bila berhubungan dengan banyak tekstur dan berbagai jenis bahan bermain yang berbeda.
Permainan APE anak, mainan balita, APE untuk balita

Permainan anak juga disesuaikan dengan tahapan perkembangan dan usia anak, masing-masing permainan mempunyai karakteristik yang sesuai dengan tingkatan usia masing-masing anak. Berikut ini APE atau Alat Permainan yang dapat dipergunakan sesuai dengan Tingkat Perkembangan dan Usia Anak yaitu :

SOAL-SOAL TEST PAUD PERKEMBANGAN DAN KARATERISTIK ANAK

Soal-soal Essay

  1. Jelaskan pengertian tentang tumbuh dan kembang, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya proses tumbuh kembang tersebut.
  2. Pahami dan sebutkan kebutuhan-kebutuhan dasar anak usia dini.
  3. Bagaimana pendidik PAUD menstimulasi anak usia 0 – 6 tahun agar perkembangan sosialnya berkembang baik.
  4. Mengapa latihan yang sesuai dengan perkembangan (developmentally appropriate practice) perlu dipakai dalam mengembangkan aspek fisik, social, emosional dan kognitif.
  5. Mengapa APE sangat diperlukan dalam menstimulasi anak usia dini

KISAH SEMUT YANG SOMBONG DAN KEPOMPONG


Kisah ini dimulai dari sebuah hutan yang sangat lebat, tinggallah di sana bermacam-macam hewan hutan, mulai dari semut, gajah, harimau, badak, burung dan sebagainya. Pada suatu hari datanglah badai yang sangat dahsyat. Badai itu datang seketika sehingga membuat panik seluruh hewan penghuni hutan itu. Semua hewan panik dan berlari ketakutan menghindari badai yang datang tersebut.

PONDASI UNTUK PERKEMBANGAN ANAK PAUD


Ketika melihat pondasi bangunan rumah yang runtuh ini, kita mungkin bisa mengaitkannya dengan proses  membesarkan anak. Yang bersabar membangun dengan ketekunan, kehati-hatian, kepekaan dan konsisten demi kokohnya pondasi, Akan memetik hasilnya dimasa datang, tidak akan rugi malah cenderung mudah melakukan finishing.

Lihatlah kerajaan rayap yang membangun istana mereka dengan kompak perlahan-lahan, lama kelamaan bangunan akan semakin tinggi dan kuat. PAUD dan SD adalah pondasi yang harus digarap dengan serius, Tidak terburu2 menuntut knowledge adalah sikap yang tepat, yang tidak sabar mendapatkan IQ tinggi saat membangun pondasi, Akan direpotkan kelak saat finishing, Karena harus bongkar pasang, serba salah dan kekhawatiran pondasinya tidak kuat dan rapuh....Bagaimana menurut anda?


The best status : Yulia Arfani

WANITA MENYUSUI ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM

 
Pentingnya menyusui menurut Islam
menyusui: ©Shutterstock.com/

Banyak terjadi di masyarakat modern, para wanita enggan menyusui anaknya hanya karena alasan pribadi, seperti jika menyusui bayi maka bisa menghambat karir atau khawatir merusak tubuh dan penampilan. Karena itu merawat dan mengasuh bayipun tidak dianggap sebagai hal yang penting, karena toh bisa diserahkan kepada baby sitter (pengasuh bayi) dengan membayar sejumlah uang. Jika demikian, maka wanita itu telah mengabaikan perannya sebagai ibu yang menjadi kewajibannya dan hak anaknya.

CONTOH KEGIATAN KARAKTER PAUD (Centra Tema Pesawat Terbang)

Main Pesawat Terbang Anak, Pesawat terbang kertas, pesawatan kertas, pesawat terbang
Nilai Karanter:
HORMAT  DAN SOPAN SANTUM

JUDUL KEGIATAN PESAWAT TERBANG

TUJUAN
MENGENALKAN ANAK  :

TENTANG : PESAWAT :
FUNGSI PESAWAT
KEGUNAAN PESAWAT
JENIS – JENIS PESAWAT

AWAS GAGAL KB BANYAK ANAK-ANAK

Ketika melewati sebuah simpangan yang sering penulis lewati pulang kerja, ada sesuatu yang menarik dari tulisan yang baru saja dipasang masyarakat dilingkungan jalan tersebut.


Implikasi yang terjadi dari tulisan tersebut, entah karena kesadaran akan keselamatan anak ataukah sekedar arogansi masyakat yang masih tinggi. Satu hal yang menggembirakan, bahwa masih ada indikasi perhatian masyarkat kita akan eksistensi anak-anak dilingkungannya.

Menariknya bentuk komunikasi masyarkat sudah terlihat cerdas, konsep "awas hati-hati banyak anak-anak" yang selama ini dipakai untuk memperingatkan pengendara motor dan mobil agar hati-hati, menjadi humor segar yang mudahan dapat membuat kita tersadar, tersenyum, lalu mengangguk tanda mengerti pentingya keamanan dan keselamatan anak-anak kita dijalan.

Terima kasih masyarakat, anak-anak kita diperhatikan dan dilindungi keselamatannya. kep upload...

TIPS MEMILIH GUNTING UNTUK ANAK PAUD

Salah satu tahapan kreatif dari kegiatan bermain anak adalah menggunting. Menggunting sebagai proses awal dari kegiatan motorik halus yang dapat membantu perkembangan keterampilan tangan dan persiapan awal keterampilan anak menulis. 

Untuk kegiatan menggunting pada anak hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah masalah keamanan dan keselamatan anak. Pemilihan alat gunting yang akan digunakan harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan anak. Gunakan gunting yang cocok untuk anak yaitu gunting yang tidak berbahaya dengan bentuk-bentuk yang aman bagi anak, seperti gunting yang ujungnya tumpul dari bahan yang tidak mudah berkarat, dan ada sebagian gunting yang dikombinasikan dengan pelindung dari plastik sehingga tidak terlihat runcing dan tajam.  

MENU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PAUD

Buku Menu Pembelajaran, Buku PAUD, elajar PAUD, menu Paud

Dalam kegiatan pembelajaran PAUD, terdapat menu pembelajaran yang harus diterapkan untuk setiap proses pembelajaran yang dilakukan. Menu Pembelajaran PAUD ini mencakup hal-hal pokok yang berkaitan erat dengan kegiatan yang harus dilakukan guru dan pendidik.

CARA MEMBUAT EMAIL GURU PENDIDIK PAUD PNS

Pendidik dan Guru PAUD terutama yang sudah berstatus PNS diminta untuk membuat Email Khusus Untuk PNS.  Pembuatan Email ini menggunakan PNSMail Dengan domain @pnsmail.go.id. Email khusus ini bisa di buat di www.pnsmail.go.id. (https://www.pnsmail.go.id/). PNSMail merupakan fasilitas email gratis yang diperuntukan khusus bagi Pegawai Negeri Sipil yang terdaftar di seluruh Indonesia. Ini dilakukan sesuai dengan Anjuran Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negar (PAN-RB) agar seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) diseluruh Indonesia memiliki email dengan menggunakan layanan PNSMail. PNSMAIL mempunyai beberapa fitur yang sangat menarik seperti; Kepasitas penyimpanan yang cukup besar mulai dari 1GB bahkan lebih, portal email untuk email eksternal, proteksi spam dan anti virus,PNS Mail juga dapat diakses dari PDA, Tablet, dan Ponsel dengan settingan internet seperti biasanya.

MAIN PERAN PAUD

Anak bermain, Anak Main Peran Micro, Anak bermain peran Micro bersama

Main peran disebut juga main simbolik, pura-pura, make-believe, fantasi, imajinasi, atau main drama, sangat penting untuk perkembangan kognisi, sosial, dan emosi anak pada usia tiga sampai enam tahun (Vygosky, 1967; Erikson, 1963).
Main Peran membolehkan anak untuk membayangkan dirinya ke dalam masa depan dan menciptakan kondisi masa lalu.

BLOG ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR DI RAMPOK DAN DIJARAH

PAUD--Anakbermainbelajar---Ketika Penulis browsing, berselancar. menulusuri dipencarian google dengan beberapa kata kunci yang mirip dengan blog ini, penulis menemukan beberapa blog yang memasang artikel yang mirip bahkan sama 100% copy paste dari blog ini. Hal ini membuat penulis cukup prihatin karena kopas dan pemasangan artikel yg dilakukan terlihat asal-asalan, editing terkesan dipaksakan dengan membuang hal-hal yg substansial dan penting bagi pembaca, sehingga dapat menyesatkan pemahaman bagi user yang jadi sasaran blog ini yaitu para orang tua, pendidik guru dan masyarakat yang menaruh minat pada pendidikan dan perkembangan anak.

KARAKTER ANAK (MENGENAL ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN)

Karakter perilaku anak, anak laki-laki dan Perempuan, anak berkarakter menangisAnak memiliki karakteristiknya sendiri, baik dari segi perkembangan maupun dari segi karakter pada tahapan-tahapan pertumbuhannya. Berikut ini beberapa karakter anak dari segi usia dan jenis kelaminnya sebagai berikut :

Karakter usia Balita
Ciri-ciri: merasa selalu benar, memaksakan kehendak, tidak mau berbagi. 


Peran orang tua:
  1. Berikan kesempatan anak beberapa detik untuk    berkuasa.
  2. Berikan kesempatan beberapa detik untuk memiliki secara penuh
  3. Perkenalkan pada arti boleh dan tidak boleh dengan menggunakan ekspresi wajah.
  4. Konsisten dan jangan menggunakan kekerasan baik suara maupun fisik.

CONTOH KEGIATAN KARAKTER PAUD (Bermain Peran Di Peternakan)

Nilai Karakter  : Disiplin

Judul  Kegiatan :

Main Peran di Peternakan

Tujuan Pembelajaran
Karakter      : Mengajarkan disiplin
Aspek perkembangan : Kognitif dan Psikomotor
Nilai moral agama : mengenal binatang ciptaan Tuhan
Bahasa         : menirukan suara suara binatang contohnya  suara kambing , suara ayam, dan suara sapi
Kognitif        : membedakan suara binatang ,mho,mbek,kukuruyuk
Motorik       : berlari mencari tempat duduk (kandang ),dan berdiri mengikuti instruksi dari guru
Sosial emosi : anak mampu bekerja bersama dan berkelompok untuk duduk dan bertukar tempat duduk

Perlihatkan pada Anak Gambar-gambar Binatang di Peternakan contoh seperti di bawah ini :

MACAM-MACAM JENIS KATEGORI MAIN ANAK

Menurut Mildred Parten (1932)  dilihat dari proses  interaksi sosial yang dilakukan anak saat  bermain dapat dibagi ke dalam enam bentuk yaitu:

a.Unoccupied Play (tidak peduli)
Anak hanya mengamati kejadian di sekitarnya yang menarik perhatiannya. Bila tidak ada hal yang menarik, anak akan menyibukkan diri dengan melakukan berbagai hal seperti memainkan anggota tubuhnya, mengikuti orang lain, berkeliling atau naik turun kursi tanpa tujuan jelas.

LAGU-LAGU MARS PTKPAUDNI


MARS HIMPAUDI

Himpunan pendidik anak usia dini
Wadah kita untuk berkreasi
Menjalin menjaga tujuan mulia
Mengasuh dengan suka cita

TIPS DAN CARA BERMAIN PERAN

Anak Bermain Peran Petani. Main Pura-pura, Anak jadi petani. Peran petaniBermain peran atau main peran juga disebut main simbolik, role play, pura-pura, make-believe, fantasi, imajinasi, atau main drama.

Kegiatan bermain peran merupakan kegiatan yang akan mendukung awal munculnya dua kemampuan penting pada anak, yaitu :

  1. Kemampuan untuk memisahkan pikiran dari kegiatan dan benda
  2. Kemampuan untuk menahan dorongan hati dan menyusun tindakan yang diarahkan sendiri dengan sengaja dan fleksibel.

CARA MEMPERSIAPKAN DAN MENGELOLA MAIN SENSORI MOTORIK

Istilah Main Sensorimotor atau fungsional dikemukakan oleh Piaget dan Smilansky (1968). Maksudnya adalah anak usia dini belajar melalui pancainderanya dan melalui hubungan fisik dengan lingkungan mereka. Kebutuhan sensorimotor anak didukung ketika mereka disediakan kesempatan untuk berhubungan dengan bermacam-macam bahan dan alat permainan, baik di dalam maupun di luar ruangan.

CARA PEMILIHAN ALAT PERMAINAN ANAK USIA DINI PAUD

Bagi anak bermain membawa harapan tentang dunia yang memberikan kegembiraan, memungkinkan anak berkhayal tentang  sesuatu atau seseorang. Bermain juga merupakan tuntutan dan kebutuhan yang esensial bagi anak karena melalui bermain anak  dapat memuaskan tuntutan dan kebutuhan perkembangan dimensi motorik, kognitif, kreativitas, bahasa, emosi, social, nilai dan sikap hidup.

CARA MENGHADAPI KONFLIK PADA ANAK

Konflik anak, Anak berebut mainan, dilema konflik, mengatasi konflik anak.

Menutur pengertiannya secara etimologis konflik berasal dari bahasa Latin dengan kata kerja  "configere" yang berarti kegiatan fisik saling memukul. Dalam kegiatan anak, konflik dapat juga diartikan sebagai suatu proses sosial antara seorang anak dengan anak lainnya, antara seorang anak dengan kelompok anak lainnya dimana terjadi persaingan dan perebutan diantara anak-anak tersebut.

Mengenal konflik pada diri anak didik :

Ada dua macam jenis konflik :
  1. Konflik pada diri : ditandai dengan bingung, diam, bengong, menangis. 
  2. Konflik dengan teman : ditandai dengan berkelahi, berebut mainan,  melakukan aktifitas yang cenderung negatif.
          

TAFSIRAN KECERDASAN INTELEKTUAL IQ ANAK



Dalam kajian dan tes terhadap kecerdasan intelektual anak, terdapat beberapa patokan dasar untuk mengetahui anak kita termasuk dalam ketegori yang mana. Di bawah ini dapat dilihat tafsiran IQ anak sebagai berikut : 

CARA MENGAJAK ANAK BERMAIN YANG BAIK

Dunia anak adalah dunia bermain. Mengajak anak bermain ternyata mempunyai cara tersendiri agar sesuai dengan kebutuhan anak. Berikut ini adalah cara yang baik mengajak anak bermain yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak kita :

EVALUASI PERKEMBANGAN ANAK

Pengertian

Pengertian evaluasi perkembangan anak adalah proses pengumpulan data atau informasi tentang anak yang ditujukan untuk membuat keputusan terhadap pelaksanaan program pengasuhan dan pembelajaran anak PAUD.

BUKU PANDUAN PERMEN 58 TAHUN 2009


Isi Pemen 58 Tahun 2009 dapat di Downlad Di sini
atau 

PERMEN NOMOR 58 TAHUN 2009


APE AQUARIUM BINATANG LAUT

Untuk melengkapi media APE yang sudah ada, berkaitan dengan tema binatang saya bersama-sama dengan istri mencoba berkreasi dengan media alternatif bahan bekas untuk membuat media pembelajaran APE alternatif dengan tema Binatang pada sub tema Binatang Laut dan Hewan laut.  Alasan semula kami mendesain APE ini adalah kami kesulitan mendapatkan media APE yang berkaitan dengan sub tema binatang laut.

Dengan memanfaatkan barang bekas seperti kardus, karton, kertas koran dll  yang ada di gudang rumah, kami buat APE yang mengkombinasikan antara konsep Aquarium, Panggung Boneka dan lipatan kertas (Origami Ikan Laut) dengan harapan ini dapat menarik minat anak untuk belajar lebih jauh tentang Tema binatang laut.


TIPS CARA MENGATASI ANAK BERBOHONG

Anak-anak yang sudah mencapai usai sekitar 3 sampai 5 tahun. Ketika perkembangan bahasa dan
kemampuan berekpresi tumbuh pesat, biasanya ada anak yang sudah mulai pintar berbohong, dan sering berbohong, ini terjadi karena apa yang dia lihat dari orang-orang di lingkugan sekitarnya. Hal ini tentunya sangat memperihatinkan terutama jika terkait dengan pendidikan karakter yang sedang dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Kebiasaan berbohong tidak boleh dibiarkan, karena bisa terus menerus hingga anak besar. Ini dapat terjadi karena anak berpendapat bahwa untuk menyelamatkan diri dan memecahkan setiap permasalahan dengan orang lain lebih praktis dengan cara berbohong.

CONTOH KEGIATAN KARAKTER SENTRA "Bertamu"


Judul kegiatan     :   “Bertamu


Nilai karakter       :    Kecintaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa


Aspek Perkembangan :

1.Moral dan Agama  :  Anak mampu mengucapkan salam

2.Bahasa                   : Anak mampu mengucapkan beberapa kalimat   

                                      dengan berurutan

3.Kognitif                   : Anak mampu membuat teh manis

4.Psikomotorik         : Anak mampu membawa air minum di atas nampan

                                     Anak mampu mengaduk gula di dalam gelas

5.Sos-emos              : Menyambut tamu dengan salam,sapa, sopan, santun senyum




BENTUK-BENTUK DAN LANDASAN POLA ASUH


1. Bentuk-Bentuk Pola Asuh

Sekalipun belum ada pola asuh yang pasti cocok untuk setiap anak yang beranaka ragam sifat dan keadaannya itu, namun ada beberapa bnetuk yang dapat dijadikan alternatif (pilihan) dan sebagai bahan perbandingan.

Adapun bentuk-bentuk "Pola Asuh" antara lain :

a. Pendekatan dengan sikap perilaku "menang"
b. Pendekatan dengan sikap perilaku "mengalah"
c. Pendekatan dengan sikap perilaku "menang" dan " kalah".
d. Pendekatan dengan sikap perilaku "tidak menang" dan "tidak kalah".


KUMPULAN GAMBAR FOTO ANEH UNIK DAN LUCU ANAK USIA DINI DI INTERNET

Foto anak paud, anak paud dalam ember, foto unik anak, anak dan ember
Alone Dalam Ember
Berikut ini adalah kumpulan gambar dan foto-foto anak yang penulis kumpulkan baik dari browsing foto-foto yang beredar di internet, maupun dari hasil jepretan dan koleksi pribadi foto penulis. foto dan gambar ini semoga dapat menjadi koleksi maupun ilustrasi bagi kita yang membutuhkan foto-foto anak yang menarik. Atau setidaknya bisa jadi bahan renungan yang bisa bikin kita tersenyum dan menyadari betapa pentingnya anak-anak kita. Silakan disimak semoga bermanfaat.

KUMPULAN DO'A UNTUK ANAK PAUD

1. Do'a ketika Belajar

Doa anak, doa anak akan belajar, doa anak paud

KEGIATAN MENGGUNTING PADA ANAK PAUD


Kegiatan menggunting merupakan kelanjutan dari tahap kegiatan meremas dan merobek kertas pada anak PAUD. Kegiatan menggunting dimaksudkan untuk melatih kemampuan motorik halus anak khusunya untuk melatih jari-jari anak melalui kegiatan menggunting dengan media gunting dan kertas dengan berbagai pola sesuai tahap perkembangan anak.

Anak perlu mengunting karena 
a. Menggunting merupakan kegiatan yang sangat disukai anak 
b.berguna untuk mengembangkan sensori motor 
c.berguna untuk mengembangkan kekuatan otot tangan 
d.berguna untuk mengembangkan kekuatan jari tangan 

METODE PEMBELAJARAN DI TK

Sebelum kita melihat metode pembelajaran di Taman Kanak-kanak, terlebih dahulu kita lihat pengertian dari
metode pembelajaran. Metode pembelajaran adalah metode yang digunakan pendidik dalam  mengajar. ini merupakan salah satu kunci pokok keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Pemilihan metode yang akan digunakan harus relevan dengan tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan pendidik untuk membelajarkan anak agar mencapai kompetensi yang ditetapkan.

ISTILAH DAN PENGERTIAN PERAN BUNDA PAUD

Awal diperkenalkan tentang program bunda PAUD, banyak masyarakat terutama orang tua bahkan pendidik PAUD yang belum memahami istilah dan pengertian Bunda PAUD. Hingga sekarang setelah beberapa tahun berjalan program bunda PAUD berdasarkan pengamatan penulis masih banyak masyarakat yang belum memahami konsepsi tentang bunda PAUD ini.

Bunda PAUD Nasional Ibu Negara, Ibu Ani Susilo Bambang Yudoyono, Ibu Ani Bunda PAUD, Ibu Presiden bunda PAUD

Berbicara tentang Bunda PAUD tentunya tidak terlepas dari Gerakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini atau di sebut Gerakan Nasional PAUD. Gerakan nasional PAUD adalah upaya memobilisasi semua komponen dan sumber daya bangsa dalam rangka percepatan dan perluasan pelaksanaan PAUD yang bermutu. Gerakan nasional ini perlu dipayungi oleh perangkat hukum dan mandat yang jelas sehingga dapat terlaksana secara lebih terarah, sistematis, terukur, terkendali serta tepat sasaran. 

Istilah dan pengertian dari Peran Bunda PAUD adalah sebagai simbol sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan di seluruh tanah air, mulai dari jenjang pemerintahan terendah Desa/kelurahan hingga Nasional, keberadaan Bunda PAUD dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Bunda PAUD, Apresiasi Bunda PAUD, Bunda PAUD Kota, Bunda PAUD Kota Banjarmasin,


Bunda PAUD dari masing-masing jenjang pemerintahan adalah sebagai berikut :

1. Bunda PAUD Nasional
Bunda PAUD Nasional dalam hal ini adalah Ibu Negara, berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Indonesia dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD secara nasional.

2. Bunda PAUD Propinsi
Bunda PAUD Propinsi berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Propinsi dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Propinsi.

3. Bunda PAUD Kabupaten/kota
Bunda PAUD Kabupaten/kota berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Kabupaten/kota dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Kabupaten/kota.

4. Bunda PAUD Kecamatan
Bunda PAUD Kecamatan berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Kecamatan dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Kecamatan.

5. Bunda PAUD Desa/Kelurahan 
Bunda PAUD Desa/Kelurahan berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Desa/Kelurahan dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Desa/Kelurahan.

Demikian tentang Istilah dan pengertian peran bunda PAUD. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber : Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011 - 2025, Dirjen Pendidikan Anak Usia, Non Formal dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional 2011.

MEMBUAT PERMAINAN ADONAN (LEMPUNG) UNTUK ANAK

Permainan adonan lempung atau seperti lilin mainan ini untuk anak betujuan untuk Melatih motorik halus dan kasar anak serta mengembangkan  imajinasi sesuai dengan usia anak.

Adapun bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat adonan lempung ini adalah:  

Adonan 1: 

 
- 3 cangkir tepung terigu

Tepung untuk membuat Adonan, Tepung media bermain, bermain tepung, anak paud main tepung

  

ETIKA PENDIDIK PAUD

Pendidik Paud, Guru Antri Tranda Tangan, Diklat Pendidik PAUD, Pendidik PAUD Daftar HadirSebelum memahami tentang etika pendidik PAUD ini, terlebih dahulu kita pahami kata dari etika yaitu: etika berasal dari bahasa Perancis yaitu ”ETTIQUETTE” yang berarti ticket atau label, pada masa dahulu etika merupakan secarik kertas dari kerajaan yang bertuliskan cara-cara peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh tamu-tamu kalau datang di Istana Raja Louis XIV.

Adapun bentuk-bentuk Etika yang harus dikuasi oleh pendidik, antara lain:

CARA MEMBUAT KARTU ANGKA SEDERHANA

Mengenalkan angka pada anak dapat dilakukan dengan mudah dan murah, dengan cara permainan sederhana tapi menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan kartu angka yang dapat dibuat dengan mudah memanfaatkan bahan bekas yang tersedia di rumah kita. 

Berikut ini cara membuat kartu angka sederhana dengan mudah beserta permainannya yaitu :

Bahan dan alat yang diperlukan.

1. Kardus bekas
APE dari Kardus, membuat angka dari kardus, Memanfaatkan kardus bekas

PUISI DAN SAJAK UNTUK ANAK TK DAN PAUD

Berikut ini adalah kumpulan sajak dan puisi yang penulis karang sendiri dengan sederhana, untuk anak-anak di PAUD yang biasanya mereka bacakan di depan kelas, atau di atas pentas pada acara-acara tertentu. Semoga bisa juga dipakai untuk anak-anak bunda di PAUD lainnya, silakan di simak puisi dan sajak di bawah ini, untuk diajarkan pada Anaknya ya bunda !.

ACA ACA MAMA AYA                       

Ca aca aya aca
ma aca ma aya ma aca
Ma aya aca mama
aca mama aca mama ....

Mama mama aca
Aca aca mama aya.....

*) Sajak untuk anak usia 1 - 3 Tahun


CONTOH MEDIA PERMAINAN EDUKATIF KREATIF


Membuat Media permainan edukatif kreatif untuk anak tidak harus mahal. Kata dapat membuat sendiri Mainan tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi ditempat kita. Ada beberapa jenis bahan yang bisa dijadikan sebagai media permainan edukatif kreatif yang berasal dari lingkungan alam sekitar, contohnya antara lain:

PERKEMBANGAN GERAKAN ANAK USIA DINI

Perkembangan gerak anak usia dini, yaitu pada usia 0 - 4 tahun, dipengaruhi oleh perkembangan gerak yang
terjadi sejak mulai pada masa bayi. Pada akhir masa bayi, seorang anak mulai dapat berjalan dengan memegang suatu objek dan memainkannya secara sederhana. Dengan anak mulai dapat berjalan dan memainkan suatu objek meskipun masih secara sederhana, kemampuan tersebut merupakan modal dasar bagi perkembangan anak selanjutnya. Dengan kemampuan gerak yang sederhana tersebut, telah memungkinkan bagi anak untuk melakukan aktivitas fisik yang menuntut kemampuan menjelajahi ruang yang lebih luas. Anak dapat berpindah dari satu tempat ketempat yang lain, dapat menangkap suatu objek, seperti bola, kemudian menggunakannya untuk bermain-main dengan teman sebaya. Kesempatan melakukan aktivitas, seperti tersebut sangat menentukan perkembangan pola gerak anak selanjutnya.

PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK PAUD

Perkembangan motorik anak PAUD meliputi perkembangan motorik halus dan motorik kasar. 
Gerakan Motorik Halus adalah gerakan motorik anak yang hanya melibatkan otot-otot kecil anak pada bagian tubuh tertentu saja. 
Gerakan motorik Kasar adalah gerakan motorik anak yang dilakukan anak dengan melibatkan hampir semua aktivitas otot besar pada tubuh anak.

Dalam perkembangan anak, motorik berkembang dengan proses yang terjadi sesuai dengan rangsangan dari lingkungan fisik anak. Secara tidak langsung dapat terlihat bahwa motorik kasar pada anak akan berkembang terlebih dahulu dari pada motorik halus. Ini terlihat dari kemampuan anak dalam melakukan kegiatan-kegiatan kasar, seperti mengangkat beban, bergerak lincah dan Berjalan dengan otot kakinya dibanding kegiatan dengan otot kecil seperti memasukan suatu benda kelubang kecil atau menggunting menggunakan jari-jarinya.