STANDAR SARANA DAN PRASARANA LEMBAGA PAUD

Dalam melaksanakan program layanan pendidikan anak usia dini/ PAUD, ada persyaratan-persyaratan tertentu berkaitan dengan standar yang harus dipenuhi dalam melaksanakan layanan PAUD tersebut. Dengan standar ini diharapkan dapat terciptanya kondisi yang baik dari kegiatan PAUD yang dilaksanakan, baik pada layanan PAUD pada jalur Pendidikan Formal, maupun jalur Pendidikan Nonformal.
 
Sarana dan prasarana merupakan salah bagian yang harus distandarisasi dalam kegiatan pelayanan PAUD. Sarana dan prasarana adalah perlengkapan untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan. Pengadaan sarana dan prasarana perlu disesuaikan dengan jumlah anak, kondisi sosial, budaya, dan jenis layanan PAUD.

PENGELOMPOKAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Tingkat pencapaian perkembangan menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan dicapai anak pada rentang usia tertentu Perkembangan anak yang dicapai merupakan integrasi aspek pemahaman nilai-nilai agama dan moral, fisik,kognitif, bahasa, dan sosial-emosional. Pertumbuhan anak yang mencakup pemantauan kondisi kesehatan dan gizi mengacu pada pandangan kartu menuju sehat (KMS) dan deteksi dini tumbuh kembang anak.

KOMPETENSI MINIMAL PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PAUD

Ada beberapa kompetensi minimal atau standar kompetensi yang harus dimiliki pendidik PAUD, dalam rangka peningkatan kemampuannya sebagai pendidik yang profesional dan memiliki pembinaan diri yang baik. Dalam melaksanakan tugasnya setidaknya pendidik PAUD memiliki memiliki standar kompetensi yaitu :

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi Pedagogik merupakan kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman terhadap peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Secara substantif kompetensi ini mencakup :

CONTOH MAKALAH KULIAH MAHASISWA : MEMAHAMI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PAUD

Judul : Memahami Tindakan Kelas (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)


Abstrak : In a learning process, which is important, both to educators and to other participants of learners themselves, that is learning to humanize humans. Moreover, learning is performed to educators, the course should provide more philosophical meaning as provision of learning to the educators. Whith a full understanding of actio research, implemented in the process of human learning,the course will present learner are competentand virtuous character. Understanding Class Action Research Model broken eggs is just one way in studying classroom action research, of course there are many other ways that can be used.

Keywords: actions research

TEMBANG-TEMBANG DOLANAN DAN LAGU ANAK

Witing Klapa

Witing klapa jawata ing ngarcapada
Salugune wong wanita
Adhuh ndara kula sampun njajah praja
Ing Ngayogya Surakarta.
Lesung Jumengglung
Lesung jumengglung
Sru imbal-imbalan
Lesung jumengglung
Manengker mangungkung
Ngumandhang ngebegi
Sajroning padesan
Thok thok thek thok thok gung
Thok thok thek thok thek thok gung
Thok thok thek thok thok gung
Thok thok thek thok thek thok gung

* * *

CONTOH MAKALAH KULIAH MAHASISWA : BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK PAUD

Contoh Cover Makalah PAUD
 

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas petunjuk dan bimbingan serta hidayah-Nya, makalh ini dapat kami selesaikan tepat pada waktunya.

CONTOH FORMAT CATATAN PENGAMATAN PERKEMBANGAN ANAK DI SENTRA

Setelah berada dalam tahapan pelaksanaan kegiatan dari Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang sudah disusun, Tahapan yang temasuk dalam kegiatan penilaian/ evaluasi adalah pengamatan dari tingkat pencapaian perkembangan anak dengan memperhatikan Indikator yang sudah dijabarkan dalam RKH. 

NEW PROGRAMS MOTHER PAUD (Early Childhood Education) IN INDONESIA

Early introduction of mother early childhood programs, a lot of people, especially early childhood educators and even parents who do not understand the terms and understanding Mother of ECD. Till now after a few years of running the mother of early childhood programs in Indonesia based on the author's observation still many people who do not understand the concept of mother's early childhood.

METODE PENDIDIKAN KHUSUS UNTUK ANAK USIA DINI

Seperti yang sudah dibahas dalam dalam teori dan konsep-konsep pendidikan anak usia dini, usia dini merupakan masa emas (golden ages) perkembangan. Baik berdasarkan kajian neuro-sience, psikologi, maupun pedagogi menyimpulkan bahwa perkembangan yang berproses selama masa ini sedang pesat-pesatnya terjadi. Karena itu diperlukan pendidikan anak dengan metode yang tepat dan akurat untuk membantu anak menjalani proses perkembangan tersebut. 

BUKU : PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ISLAM

Judul Buku : PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ISLAM
Penulis : Dr. Mansur, M.A.
Penerbit: Pustaka Pelajar
Cetakan : Agustus 2007
Harga buku : -

Berbagai aspek anak usia dini diulas tuntas dari sudut pandang dan kacamata islam. Mulai dari perawatan anak diawal kelahiran hingga sudut pandang kedepan tentang pengaruh pendidikan anak usia dini bagi pendidikan islam tertuang rapi dan lengkap dalam buku ini. Hal yang menarik tentang anak usia dini adalah perlunya diperhatikan tentang hak-hak anak dalam agama Islam, salam satunya dalam hal pendidikan anak yang harus dipenuhi, mulai dari hak hidup, menyusui, dan perawatan anak hingga anak dewasa. Pendidikan usia dini dalam agama Islam sangat penting mengingat anak adalah calon-calon khalifah dimasa depan.

BUKU : PERMAINAN EDUKATIF YANG MENCERDASKAN

Judul Buku : PERMAINAN EDUKATIF YANG MENCERDASKAN
Penulis : Suyadi
Penerbit: Power Book
Cetakan : Agustus 2009
Harga buku : -

Dalam konteks proses belajar-mengajar pada anak usia dini, sekolah harus menerapkan belajar sambil bermaian dan bermain sambil belajar. Bermaian sering dimaknai sebagai aktivitas yang sia-sia alias tanpa arti dan terkadang diartikan dengan sempit. Bermain dalam dunia anak sering diterjemahkan hanya sebatas jalan-jalan, rekreasi, wisata alam, wisata rohani, out bound, dan lain sebagainya. Dan yang namanya belajar harus menggunakan pensil dan buku, kegiatan yang tidak menggunakan kedua alat tersebut bukanlah belajar. Pendapat ini adalah keliru.

BUKU : METODE MONTESSORE

Buku PAUD
Judul Buku : METODE MONTESSORI Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
Penulis : Maria Montessori Editor: Gerald Lee Gutex
Penerbit: citra Pendidikan
Tahun   : 2011
Harga buku : Rp 78.000,-

Berisi tentang konsep dan pemikiran Maria Montessori dalam hal Pendidikan anak usia dini. Metode-metode yang dikembangkan yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini Dijabarkan dengan lengkap dalam buku ini. Isi buku terdiri dari dua bagian meliputi :

BUKU : PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Kapita Selekta)

Judul Buku : PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Kapita Selekta)
Penulis : Prof. Dr. Fasli Jalal, Ph.D dkk
Penerbit: citra Pendidikan
Tahun   : 2012
Harga buku : -

Bunga rampai Pendidikan Anak Usia Dini, prospek dan pengembangan termasuk visi ke depan dalam pengembangan pendidikan anak usia dini.

KUMPULAN BUKU WAJIB DAN BUKU PENDUKUNG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Berikut ini beberapa buku pendidikan, psikologi, pengasuhan dan perawatan anak usia dini yang direkomendasikan untuk dapat dibaca dan diketahui oleh orang tua, guru dan pendidik Pendidikan anak usia Dini (PAUD) untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana mendidik, membimbing, mengasuh dan merawat anak usia dini :

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Kapita Selekta)
Prof. Dr. Pasli Jalal, Ph.D dkk

Detail Buku 

BUKU : Pendidikan Anak Usia Dini

Judul Buku : PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Penulis : Imas Kurniasi,S.Pdi
Penerbit: Edukasia
Tahun   : 2013
Harga Buku : Rp 32.000,-

Usia Dini adalah masa-masa usia emas bagi anak “Golden Age” dimana karakter anak akan  dibentuk. Setelah usia anak bertambah, semakin kompleks faktor-faktor yang  membentuk kepribadian anak. Banyak sifat anak  akan terbentuk  oleh teman dan lingkungan dimana ia berada. Karena itu sangat penting  untuk membentuk anak sejak usia dini. Hanya orang  tua dan guru yang bisa melakukannya. Buku ini sangat pas menjadi buku pegangan orang tua dan guru dalam mendidik anak di usia dini, karena di tangan orang tua dan gurulah perkembangan dan kepribadian anak  akan banyak terbentuk.

CERITA RAKYAT UNTUK ANAK "DZIKIR KUCING"

Kisah yang luar biasa menakjubkan ini merupakan cerita rakyat yang paling digemari oleh anak-anak pada jamannya. Banyak anak-anak pada jaman itu rela bertukar sesuatu untuk mendengar cerita ini, misalnya mengayankan tikar untuk bertukar kisah dengan gratis. Bahkan tidak sedikit pula yang sampai ketiduran di rumah tukang cerita.

Cerita ini dimulai dari kisah di sebuah kerajaan antah berantah, disana hidup sepasang suami istri yang begitu mujur nasibnya. Sesungguhnya hiupan Datu Sehe dan istrinya cukup sejahtera, namun karena tidak dikaruniai anak, maka pasangan itu disebut orang "Tamanang" (Tidak menang).

PIJAKAN PENGALAMAN SETELAH MAIN DALAM BCCT

Pijakan akhir setelah bermain

Langkah terakhir kegiatan main atau pijakan terakhir dalam kegiatan sentra dan BCCT berupa pijakan terakhir. Setelah selesai kegiatan main maka dilakukan pijakan setelah main atau dapat disebut juga pijakan pengalaman setelah main. Adapun tujuan pijakan Setelah selesai kegiatan main ini adalah

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TK (TAMAN KANAK-KANAK)

Program kegiatan Belajar di TK

Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, maka kurikulum Taman Kanak-kanak yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah disebut dengan Program Belajar Taman Kanak-kanak. Program kegiatan belajar menurut Keputusa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu : program kegiatan belajar adalah seperangkat rencana dan peraturan mengenai isi dan bahan kegiatan serta cara yang digunakan sebagai mengajar (Depdikbud, 1993:2).

PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR TK (TAMAN KANAK-KANAK)

Pengertian dan Konsep Dasar TK
Sebagian masyarakat banyak yang belum memahami apa sesungguhnya pendidik Taman Kanak-kanak itu, ada yang menyamakannya dengan PAUD. Tetapi sebenarnya TK bukan PAUD, begitu juga sebaliknya seperti yang diasumsikan sebagian kita selama ini.

Jadi apakah sebenarnya TK Taman kanak-kanak tersebut?... Pendidikan Taman Kanak-kanak yang sering disebut TK merupakan salah satu bentuk PAUD pendidikan anak usia dini (Baca tetang PAUD di sini) yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan TK merupakan jembatan antar lingkungan keluarga dengan masyarakat yang lebih luas yaitu sekolah dasar dan lingkungan lainnya.

HOPE AND CONDITIONS ECD (Early Childhood Education) IN INDONESIA

This description of the ideals and the real conditions of the Early Childhood Education (ECD) in Indonesia has been described in detail in the previous chapters in the book Great Development Framework Indonesia early childhood period 2011-2025. But to remind and reinforce national commitments about how important it was held "ECD National Movement", In summary expectations and actual conditions of early childhood education in Indonesia need to be raised again.

PAUD BUKAN TK (Taman Kanak-kanak)

Kegiatan Senam PAUD RS
Sebagian besar masyarakat mengganggap atau mengidentikan PAUD dengan Taman kanak-kanak (TK). Tentu saja pendapat ini kurang tepat karena PAUD bukan TK, mengingat pendidikan TK hanya dialami selama satu atau dua tahun. Itupun jika anak sempat mengalami pendidikan TK. Sedangkan batasan PAUD adalah usia aktif anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Dimana dengan PAUD diharapkan masa-masa emas anak usia dini atau yang disebut golden age anak usia dini, dapat dikembangkan seoptimal mungkin.

10 TIPS MENGGENDONG BAYI DIBAWAH 5 BULAN

Bayi usia 0-4 bulan adalah masa-masa rapuh dan lemah yang harus diberikan perlakuan khusus dalam perawatannya. Termasuk dalam hal menggendong, perlu sekali kehati-hatian kita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menyakiti bayi. Berikut beberapa tips untuk menggendong bayi yang berusia dibawah 5 bulan yang baik dan aman sebagai berikut :

KARYA SENI PADA KEGIATAN BELAJAR BERMAIN ANAK USIA DINI

Anak Melukis, karya seni anak usia dini
Bila kita memperhatikan disekeliling kita, maka banyak sekali karya seni khususnya karya seni rupa diantara banyak seni rupa yang sering kita jumpai dikehidupan kita, mulai dari karya seni realis hingga abstrak  seperti lukisan, patung, keramik dan lain-lain.

Dalam pengertian yang luas, seni rupa dapat dipahami sebagai “produk” atau sebagai kegiatan” mencipta atau kegiatan kreasi”. Dalam seni rupa murni, terdapat beberapa aliran gaya. Aliran gaya, yaitu aliran dalam gerakan seni rupa yang memiliki ideologi dan ciri khas yang unik dan baru dalam karya-karya yang dihasilkannya. Aliran seni rupa, di antaranya romantisme, ekspresionistne, impresionisme, dan surcalisme.

PERMAINAN TEBAK KATA JADI ANAK AYAM

Tebakan kata jadi Ayam
A-Y-A-M

Permainan tebak kata Jadi anak ayam  ini adalah permainan untuk anak yang menarik dan mudah sekali, dapat dimainkan oleh 2 orang anak. Alat yang dibutuhkan hanya kertas dan pensil. Jika ingin lebih menarik dapat dipergunakan papan tulis dan spidolnya jika dimainkan dihadapan anak-anak lain yang banyak.

Adapun cara bermainnya adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan siapa yang akan bertanya dan menebak.
  2. Penanya menulis sebuah kata di atas kertas dan penebak tidak boleh melihatnya. Setelah itu penanya menyebutkan jenis kata tersebut misalnya nama kota, nama buah dan berapa jumlah hurufnya.
  3. Penebak membuat garis-garis kecil di bagian bawah kertasnya sesuai dengan jumlah huruf dari kata yang ditanyakan.  Misalnya  _ _ _ _ _  untuk pertanyaan “GAJAH”
  4. Penebak mulai menyebutkan huruf pertama, bila benar, ia boleh menuliskan huruf pada tempat yang sudah tersedia. Bila salah ia mulai menggambar anak ayam yaitu kepala anak ayam.
  5. Untuk huruf-huruf berikutnya, bila salah, penebak menggambar bagian anak gambar yang lain.

KESALAHAN DALAM MEMILIHKAN PERMAINAN UNTUK ANAK

Permainan anak usia dini
Orang tua kadang kurang memahami permainan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak. Tidak semua permainan itu cocok dengan anak, karena setiap permainan harus disesuaikan dengan kondisi anak bersangkutan, ini dilihat dari segi tahapan perkembangan dan usia anak tersebut. Berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam memberikan permainan kepada anak yaitu :

PIJAKAN PENGALAMAN MUNCULNYA KEAKSARAAN ANAK

Anak bermain memunculkan keaksaraan
Anak usia dini tidak mengatur pikiran dan pengetahuan mereka dalam bentuk mata pelajaran seperti membaca, berhitung, dan menulis. Kegiatan membaca, menulis, berhitung, itu ada sepanjang hari dan ada di dalam pengalaman main yang disediakan melalui hubungan terus menerus dengan buku, bahasa, pengalaman motorik kasar dan halus yang terjadi sebagai sebuah hasil eksplorasi lingkungannya. Pengalaman anak adalah hal terpenting bagi anak dalam memunculkan keaksaraan, karena melalui pengalaman anak dapat merasakan dan memahami langsung bentuk dan arah dari munculnya konsep-konsep keaksaraan secara lebih jelas.

PANDANGAN DASAR AHLI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

1. John H. Pestalozzi

Pestalozzi sangat menekankan pada pengembangan aspek sosial sehingga anak dapat beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dan mampu menjadi anggota masyarakat yang berguna. Pendidikan sosial akan berkembang jika pendidikan dimulai dengan pendidikan keluarga yang baik. Peran utama pendidikan sangat ditekan pada ibu yang dapat memberikan sendi-sendi dalam pendidikan jasmani, budipekerti dan agama.

CARA MENGENALI DAN MENGGALI KREATIFITAS ANAK USIA DINI

Pada dasarnya dunia anak adalah dunia kreativitas yaitu Sebuah dunia yang membutuhkan ruang gerak, ruang berpikir, dan ruang emosional yang terbimbing dan cukup memadai, sehingga tiga potensi dasar ini terus mengantarkan anak pada mandirian yang akan berproses menapaki tangga kedewasaan. Kehilangan dunia anak, adalah ancaman bagi punahnya dunia kreativitas, berarti ancaman bagi hilangnya nilai-nilai kreativitas sosial yang genuine, murni atau alami. Sebab dunia kreatifitas juga melibatkan interaksi otak, perasaan, dan gerak masing-masing dalam bermain, dengan itu anak mengenal sesuatu yang disenangi atau yang tidak disenangi oleh orang lain terutama teman bermainnya.

ENAM RATUS LIMA PULUH MILYAR LEBIH UNTUK DANA PAUD

Kegiatan ACI PAUD Rumah Senyum
Perhatian pemerintah terhadap program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat besar. Berdasarkan anggaran di Direktorat Jenderal PAUDNI, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar enam setengah milyar lebih atau Rp 676,2 milyar untuk pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2013 ini. Sebanyak Rp 324 miliar dari anggaran tersebut dialokasikan untuk Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD bagi 45.000 lembaga PAUD yag tersebar diseluruh Indonesia.

PERMAINAN BONEKA WAYANG UNTUK ANAK PAUD

Membuat boneka wayang PAUD
Boneka Wayang adalah permainan dengan boneka yang berbentuk wayang sederhana dengan meniru tokoh atau profile tertentu yang dapat dimainkan anak dalam kegiatan bermain peran dan mendongeng.


Tujuan Permainan boneka wayang adalah:

Memberikan pengetahuan dan sikap budi pekerti melalui cerita-cerita fiksi atau legenda kepada anak. Permainan ini juga bertujuan untuk mengasah kreativitas, bahasa, emosi, keterampilan motorik halus khususnya pada bagian jari dan tangan, sosialisasi dan memperkenalkan khasanah budaya bangsa.

10 TIPS CARA MENDIDIK DAN MEMBENTUK ANAK BERKEPRIBADIAN BAIK

Membentuk Kepribadian anak yang baik

Mendidik dan Membentuk kepribadian anak dilakukan dengan proses yang panjang dan melelahkan jika ingin tercapai harapan kita untuk memiliki generasi-generasi baru yang berkualitas yang memiliki kepribadian baik dan berhati mulia. Berikut beberapa tips cara mendidik dan membentuk anak agar memiliki kepribadian yang baik :
 
1. Menanamkan Nilai-nilai Agama
 
Begitu pentingnya penanaman nilai-nilai keagamaan kepada anak, sehingga ia harus ditanamkan sejak usia dini. Bahkan penanaman nilai-nilai ini dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. Anak harus diajarkan untuk mengenal Tuhannya lewat aktivitas-aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh kedua orangtuanya di rumah. Setelah anak lahir dan tumbuh besar mulailah ditanamkan nilai-nilai agama dalam dirinya. Bila anak terbiasa menjalankan kegiatannya sesuai dengan nilai-nilai agama maka orangtua akan menemukan kemudahan dalam mendidik dan mengarahkannya, karena anak sudah memiliki pondasi awal yang baik dengan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan di dalam dirinya. Anak akan senantiasa melakukan hal-hal positif dan baik yang tidak merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

PERMAINAN MANGKUK KODOK DAN LOMPAT JONGKOK ANAK PAUD

PERMAINAN MANGKUK KODOK

A. Tujuan

Permainan ini bertujuan agar:
1.Melatih ketangkasan fisik dan motorik anak
2.Melatih kelincahan anak
3.Melatih sportivitas anak

CARA PENERAPAN PENDEKATAN OBSERVASI, EKSPLORASI DAN DEVELOPMEN DALAM PERKEMBANGAN ANAK


Berikut adalah pentahapan penerapan pendekatan observasi, ekpslorasi dan develop sesuai dengan tingkat usia anak yaitu:

1. Tahapan Usia 0-1tahun.

A.Usia 0-3 bulan.

Pada rentang usia ini  anak gerakan-gerakan yang dilakukan oleh anak masih dalam kategori gerakan refleks (reflexmovements). Oleh sebab itu stimulasi yang kita berikan masih berupa stimulasi yang yang sangat sederhana yang tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman gerak. Stimulasi yang diterima oleh anak baik melalui sentuhan (tactile), suara (audio) ataupun melalui pemberian rangsang dengan benda-benda (visual) akan diteruskan ke syaraf pusat (otak) yang dalam beberapa detik otan akan memberikan respon berupa gerakan-gerakan ataupun suara-suara.  Dengan semakin banyak memberikan stimulasi maka berarti otak si anak semakin kaya dengan pengalaman. contoh stimulasi untuk mempercepat anak memiliki kemampuan menggenggam misalnya:                  
  • Stimulasi sentuhan pada telapak tangan bayi agar anak cepat dapat menggeggam                   
  • Pada usia kurang lebih 2 bulan anak dapat menggenggam biskut.
  • Stimulasi untuk mengaktifkan Tangan kiri dan tangan kanan dengan menggantung benda-benda atau mainan yang menarik setinggi posisi duduk anak.

10 TIPS CARA BERTANYA YANG BAIK PADA ANAK

Mengajukan pertanyaan kepada anak adalah salah satu bentuk komunikasi yang harus dilakukan orang tua dan guru pendidik, mengajukan pertanyaan harus disesuaikan dengan kemampuan komunikasi dan daya tanggkap anak, Bagaimana cara bertanya yang baik dan tepat pada anak?..berikut beberapa tips dan cara bertanya atau mengajukan pertanyaan kepada anak yaitu :

MENGENAL KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK

Gerakan pertama kali ditunjukkan oleh manusia adalah  saat bayi berusia pada 3 semester pertama (the first 3 semester)  di dalam kandungan disebut dengan  fetus reflective movement (Keogh, 1985). Setelah itu gerakan-gerakannya akan semakin sering dan jelas seiring dengan usia kehamilannya. Gerakan-gerakan awal bayi ini dapat menunjukkan pada kita bahwa bayi yang sedang dikandung oleh seorang ibu dalam keadaan hidup dan sehat.  Gerakan-gerakan aktif janin semasa di dalam kandungan akan menunjukkan  perkembangan kecakapan yang lebih awal daripada janin yang kurang aktif setelah janin itu dilahgirkan  (Sontag, 1966, Keogh, 1985).

CARA MENGGENDONG BAYI YANG BAIK DAN BENAR

Seorang bayi tak boleh diperlakukan seperti anak kecil yang sudah jauh lebih besar. Bayi sangat rapuh, leher dan ototnya belum kuat. Untuk itu, Anda harus berhati-hati merawatnya. Jangan sampai menyakiti si buah hati dan membuatnya tidak nyaman. Merawat si bayi memang butuh ketelitian dan kesabaran. Misalnya, pada saat si bayi menangis, Anda harus peka apa yang dibutuhkannya. Bayi yang menangis bisa jadi dikarenakan dirinya merasa haus sehingga membutuhkan ASI, merasa kurang nyaman, buang air kecil di celana, dan lain sebagainya. Sebagai orangtua, Anda harus peka pada si bayi sehingga bisa membuatnya merasa nyaman. Selain memberikan ASI kepada si buah hati, Anda juga harus menggendong si bayi dengan cara yang benar. Menggendong bayi yang benar harus disesuaikan dengan usianya. Bagaimana caranya? Dilansir dari Tabloid Nikita, berikut cara menggendong bayi yang benar:

CINTA KASIH IBU SEPANJANG MASA

Kata-kata mutiara dan nasihat hidup seorang Ibu pada Anaknya

Anakku.. bila Ibu boleh memilih apakah Ibu berbadan lansing atau berbadan besar karena mengandungmu maka Ibu akan memilih mengandungmu.. karena dalam mengandungmu Ibu merasakan keajaiban dan kebesaran ALLAH. Sembilan bulan nak.. engkau hidup diperut Ibu engkau ikut kemanapun Ibu pergi, engkau ikut merasakan ketika jantung Ibu berdetak karena kebahagiaan, engkau menendang rahim Ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena Ibu kecewa dan berurai air mata.

Anakku.. bila Ibu boleh memilih apakah Ibu harus operasi caesar atau Ibu harus berjuang melahirkanmu, maka Ibu memilih berjuang melahirkanmu, karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga, karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan keluar ke dunia sangat Ibu rasakan. dan saat itulah kebesaran ALLAH menyelimuti kita berdua, Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit, yang tak pernah bisa Ibu ceritakan pada siapapun.

10 TIPS CARA MENINGKATKAN MINAT BACA TULIS ANAK

Anak belajar membaca, anak belajar menulis, orang tua mengajari anak membaca, menceritakan isi buku.
Untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan anak adalah perjalanan yang sangat panjang dan cukup menguras energi kita sebagai orang tua dan pendidik. Pikiran dan waktu tercurah habis untuk membantu anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan kemampuan yang optimal. Tetapi ini harus kita sadari sebagai sebuah keuntungan awal yang besar, alasannya karena kita lebih baik bersusah payah di awal-awal kehidupan anak ini, lelah didepan dengan memulai dengan serius mendidik dan membimbing anak pada masa-masa emas usia dini, dari pada kita kelelahan ketika anak sudah besar nanti.

CARA PENGELOMPOKAN PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PAUD

Jumlah anak dan Guru, Pengelompokan anak dan Rasio jumlah anak
Dalam kegiatan pembelajaran di lembaga-lembaga PAUD terdapat pengelompokan untuk peserta didik, pengelompokan ini bertujuan untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran bagi anak agar sesuai dengan tahapan perkembangannya dan krakteristik anak didik tersebut.

Adapun peserta didik yang dimaksud adalah peserta didik di lembaga PAUD yang merupakan anak usia dini dengan rentang usia 2 - 6 tahun yang masih aktif mengikuti pembelajaran di PAUD terpadu.

10 CARA AGAR ANAK MAU MAKAN MAKANAN KELUARGA

PAUD-Anakbermainbelajar---Ada saatnya anak yang berusia di atas 1 tahun sudah mulai diberikan makanan orang dewasa. Makanan yang diberikan pada anak sebaiknya makanan setiap hari yang terdiri dari; makanan pokok, lauk-pauk dan sayur atau buah. Kadang sering terjadi anak enggan makan makanan yang telah disediakan sesuai dengan menu keluarga hari itu, karena itu kita perlu melakukan cara-cara tertentu untuk mendorong anak agar mau makan makanan yang telah tersedia bersama keluarga. Agar anak mau makan makanan keluarga, cobalah lakukan hal atau cara berikut ini;

  1. Kurangi pemberian susu, terutama anak yang "ngedot", sehingga anak memiliki rasa lapar dan mudah diberikan makanan utama.
  2. Berikan makanan selingan, sebaiknya diberikan beberapa jam setelah makan makanan utama
  3. Tidak memberikan makanan selingan secara berlebihan karena akan mengganggu nafsu makannya.
  4. Makanan selingan harus dipilih yang tidak mengandung lemak, gula dan garam dengan kadar tinggi.
  5. Tentukan jam makan utama yaitu pagi hari, siang dan sore. Jam makan yang teratur ini akan dikenal anak sampai ia besar kelak, hingga nantinya anak dapat mudah bergabung dengan pola makan keluarga.
  6. Berilah menu seimbang sesuai dengan kebutuhan gizinya
  7. Untuk balita makan kadang-kadang merupakan hal yang kurang menyenangkan, karena pada usia ini yang menggembirakan adalah bermain. Manfaatkan momen ini dengan menyuapkan makan.
  8. Berikan anak variasi menu makanan keluarga yang baik, sesuai dengan selera anak.
  9. pada umur 2 tahun anak perlu setengah jumlah yang dimakan orang tuanya. Pisahkan dulu makanan untuk anak baru untuk kedua orang tua.
  10. Biasakan anak makan duduk bersama-sama seluruh anggota keluarga.
Demikian cara anak mau makan makanan keluarga, semoga bemanfaat. termakasih.

MAIN KONSTRUKSI (MAIN MEMBANGUN)

Anak bermain cat jari,
Pengertian main pembangunan :
Main pembangunan seringkali dipahami sebagai kegiatan menyusun balok hingga menjadi sebuah bangunan. Sesungguhnya main pembangunan lebih dari sekedar menyusun balok. Kegiatan menyusun balok adalah bagian dari main pembangunan. Main pembangunan adalah kegiatan main yang menghadirkan gagasan atau ide yang bersifat abstrak menjadi sesuatu karya yang bersifat nyata/konkrit. Intinya dalam main pembangunan bukan hanya karya yang diperhatikan tetapi yang lebih penting adalah membangun gagasan dan cara berfikir anak itu sendiri.

FUNGSI PROGRAM STIMULASI EDUKASI PAUD

Berdasarkan tujuan pendidikan anak usia dini dapat ditelaah beberapa fungsi program situmulasi edukasi, sebagai berikut :

1. Fungsi Adaptasi
Berperan dalam membantu anak melakukan penyesuaian diri dengan berbagai kondisi lingkungan serta menyesuaikan diri dengan keadaan dalam dirinya sendiri

BAHAYA PEMANIS BUATAN BAGI ANAK

Makanan Pemanis buatan, Jajanan anak, Jajanan tidak sehat

Kita sering melihat anak-anak jajan diluar membeli aneka makanan dan minuman yang dijual oleh penjual makanan minuman, kebanyakan makanan yang dijual adalah makanan minuman manis yang memang disukai anak-anak. Tapi tahukah kita bahaya yang mengintai kesehatan anak-anak dibalik jajanan manis yang beredar  diluaran. Makanan dan minuman yang manis tersebut kebanyakan mengandung pemanis buatan yang berbahaya untuk kesehatan anak. 

CARA MENENTUKAN CERITA DALAM KEGIATAN MENDONGENG

Bercerita, Mendongeng, tema cerita untuk anak-anak PAUD

Mendongeng dan bercerita adalah suatu cara untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak. Sebagai orang tua, guru dan pendidik anak usia dini, alangkah baiknya jika kita juga bisa menjadi seorang pendongeng yang baik, yang akan menjadikan bercerita sebagai kegiatan bermain yang menarik dan dapat menjadikan pengalaman yang unik bagi anak. Isi ceritanya pun diusahakan sesuai dengan anak dan berkaitan dengan kegiatan pembelajaran anak. Berikut ini beberapa kerangka dan acuan cerita yang dapat dipilih untuk kegiatan mendongeng dan bercerita sebagai berikut :

CARA MELATIH AWAL ANAK MULAI MEMBACA


Berikut adalah cara memulai dan mengenalkan awal kegiatan membaca pada anak usia dini yaitu;
  1. Tunjukkan buku berwarna cerah kepada anak Anda sejak pertama kali Anda membawa dia ke rumah (sedini mungkin).
  2. Bacakanlah cerita yang menarik untuk anak setiap hari.
  3. Hubungkan membaca dengan semua indera, misalkan membaca kata apel dengan disertai gambar apel
  4. Menamai benda yang bisa dilihat. Misalnya Kulkas, meja, kursi dll
  5. Beri nama hal yang bisa dilakukan, Misalnya Menyapu pada gambar kegiatan menyapu
  6. Bermain permainan fonetik (kata yang sederhana) , misalkan got, pot,.
  7. Bermain dengan kata kunci, misalkan kata kuncinya bunga : mawar, melati, anggrek. dll
  8. Ajari anak mengenal kata dengan mencantolkan kata dengan benda dan bentuknya, Misalnya buku pada gambar buku.
Demikian kegiatan awal untuk membantu anak agar dapat membaca...semoga bermanfaat..terimakasih.

CIRI DAN KARAKTER KEISLAMAN ANAK USIA DINI

Karakter keIslaman yang kuat harus ditanamkan kepada Anak sejak usia dini. Dalam diri anak harus ditumbuhkan nilai-nilai karakter Islami yang kuat, yang menegaskan dirinya sebagai seorang muslim. Anak harus tahu dan menyadari sungguh-sungguh dengan keimanan yang tinggi kepada Allah SWT tentang; Siapa yang harus ia cintai? Siapa yang layak diteladani dalam kehidupan ini? Siapa yang harus anak hormati, kasihi dan sayangi? anak tidak bisa dibiarkan memilih sendiri. Orang tua dan guru pendidik harus menanamkan nilai-nilai ini kepada anaknya.

10 TIPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK

Anak Berbicara dengan guru, perkembangan bahasa anak
Perkembangan berbicara anak merupakan suatu proses yang menggunakan bahasa ekspresi dalam bentuk arti. Kajian tentang perkembangan berbicara pada anak tidak terlepas dari kenyataan adanya perbedaan kecepatan dalam berbicara, maupun kualitas dan kuantitas anak dalam menghasilkan bahasa. Ada anak yang dapat lebih cepat, lebih luwes, lebih rumit dalam pengungkapan bahasanya, tetapi ada juga anak lebih lambat perkebangannya dari anak yang lainnya.

Berikut ini tips untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara anak PAUD yang dapat dilakukan oleh orang tua atau pendidik yang bersangkutan, sebagai berikut :

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS PROGRAM PARENTING

Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak-anak mereka yang meliputi aktivitas-aktivitas sebagai berikut: memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika mereka tumbuh berkembang. Penggunaan kata “parenting” untuk aktivitas-aktivitas orang tua dan anak di sini karena memang sampai saat ini belum ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang tepat.

CARA MELAKUKAN OBSERVASI (PENGAMATAN) DALAM PENILAIAN PAUD

Pengamatan (observasi) merupakan suatu cara pengumpulan data yang pengisiannya berdasarkan atas pengamatan langsung terhadap sikap dan perilaku anak usia dini. Kegiatan observasi dilaksanakan dengan melibatkan secara langsung peran pendidik dalam proses evaluasi untuk menentukan tingkat perkembangan dan kemajuan anak didik di lembaga yang bersangkutan. Di dalam mengamati/mengobservasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya: 

NAMA-NAMA INDAH UNTUK ANAK PEREMPUAN


AFIFA FITIYA    
Anak perempuan yang suci dan memiliki harga diri

AFRA NAILA ARKARNA    
Anak perempuan sebagai anugerah di malam ke-13 bulan purnama yang menerangi hati

AINA TALITA ZAHRAN    
Mata seorang gadis yang berkilau

METODE SOSIODRAMA UNTUK ANAK TK PAUD



Dalam kegiatan bermain salah satu metode yang digunakan adalah metode sosiodrama, sosiodrama adalah Drama yang merupakan salah satu bentuk karya seni khususnya sastra yang memiliki bagian dan kegiatan untuk diperankan oleh pemeran (aktor). Pengertian drama ini yang berarti aksi, perbuatan dan tindakan. Sosiodrama untuk anak TK PAUD yaitu suatu cara memerankan beberapa peran dalam suatu cerita tertentu yang menuntut integrasi di antara para pemerannya yaitu anak-anak usia TK dan PAUD. Dengan pemikiran bahwa metode ini dapat merupakan kelanjutan atau puncak dari kegiatan bercerita maka ada beberapa TK dan PAUD yang mengemas metode ini sedemikian rupa dan menggunakan sosiodrama sebagai kegiatan pentas akhir tahun pelajaran di sekolah tersebut. 

CARA MENGELOLA MAIN SENSORI MOTOR

ara mengelola main sensori motor PAUD
Dalam mengelola main sensori motor untuk anak PAUD, hal-hal yang perlu diberhatikan diantaranya adalah  Area bermain agar anak dapat bergerak dengan bebas dan memilih aktivitas mereka seharusnya 2,5 tempat main setiap anak. Penelitian Phelps (1986) dan pengamatan langsung dalam kelas (Standard, 2002) menyarankan 3 tempat bermain setiap anak untuk perkembangan anak usia 2-4 tahun. Jika satu ruang kelas mempunyai 10-12 anak yang bergerak disekitar ruangan memilih kegiatan, maka sedikitnya 30 tempat yang direncanakan untuk anak bermain. Tempat ini bukan 30 kegiatan main yang berbeda, tetapi kemungkinan tempat dengan sedikitnya 6 lebih kegiatan main yang berbeda. Perencanaan kesempatan bermain dengan bahan sifat cair untuk mendukung main sensorimotor.

FUNGSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Lingkaran BCCT PAUD
Program kegiatan bermain pada pendidikan anak usia dini memiliki sejumlah fungsi, yaitu: (1) untuk mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkembangannya, (2) mengenalkan anak dengan dunia sekitar, (3) mengembangkan sosialisasi anak, (4) mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak dan (5) memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya.

TEORI-TEORI BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK

Bermain diluar kelas, BCCT, Sentra, Anak bermain peran membangun

Teori-teori bermain yang sekarang kita pakai, sebenarnya sudah muncul ada sejak abad ke-19. Teori-teori ini dimunculkan dan dikemukakan oleh para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Berikut beberapa teori tentang mengapa manusia bermain, dan penerapan kegiatan bermain untuk anak yang mengacu pada teori-teori tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut : 

Teori Fungsi dari Karl Groos dan Maria Montessori. Menurut teori ini bermain dimaksudkan utuk megembangkan fungsi yang tersembunyi dalam diri seseorang yang tersembunyi dalam diri seseorang individu. Contohnya, seekor anak kucing yang bermain dengan ekor induknya, sebenarnya kegiatan itu berfungsi untuk latihan menagkap tikus dalam rangka mempertahankan hidup.

FILOSOFI SENTRA

anak bermain disentra, BCCT sentra PAUD

Masing-msing sentra memiliki ciri khusus dan filosofi yang berbeda-beda, filosofi ini berkaitan dengan kegiatan dan jenis main yang dilakukan dalam sentra tersebut :

1.  Sentra Balok
  • Memberikan pengalaman dan pemahaman kepada anak tentang konsep bentuk tiga dimensi
  • Memberikan pengalaman dan pemahaman kepada anak tentang konsep ruang tiga dimensi melalui membangun dengan menggunakan balok
  • Melatih anak menemukan sendiri dan memahami konsep keseimbangan bangunan
  • Melatih anak memahami konsep wilayah bangunan
  • Melatih kemandirian, kepercayaan diri dan keberanian anak untuk memutuskan dan memecahkan masalah dalam membangun
  • Menanamkan konsep matematika terutama yang berkaitan dengan bentuk (termasuk menyotir, mengklasifikasikan benda) dan ruang tiga dimensi
  • Melatih fisik dan motorik kasar anak dan rasa tanggung jawab untuk mengambil dan merapikan kembali balok yang sudah digunakan untuk membangun.

Cari Tulisan