10 TIPS MENGAJAR YANG BAIK UNTUK GURU PENDIDIK PAUD

Sabtu, 04 Januari 2014

Tips cara mengajar PAUD yang baik
Dalam kegiatan pembelajaran di PAUD terdapat beberapa teknik dan cara mengajar yang baik yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pendidik PAUD, teknik dan cara mengajar yang baik ini menyangkut kompetensi dan kemampuan profesional yang harus dimiliki seorang pendidik dalam kegiatan pembelajaran dan pengasuhan anak usia dini. Berikut ini ada beberapa tips mengajar dan mendidik yang baik dalam kegiatan pembelajaran dan pengasuhan di PAUD yaitu :

  1. Cintai dan sayangi anak didik seperti anak kita sendiri.; seorang pendidik yang baik akan dapat meresapi di dalam hatinya bahwa ia sangat mencintai dan menyayangi anak didiknya disekolah seperti ia mencintai dan menyayangi anak-anaknya sendiri di rumah.
  2. Mengajar dengan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak; apa yang dilakukan pendidik di sekolah dan lembaga PAUD berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak, pendidik yang baik akan selalu memperhatikan kebutuhan anak dalam belajarnya. Setiap anak diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan keinginan yang ditanggapi dengan antusias yang sama oleh pendidik.
  3. Berikan Penampilan yang terbaik dan terindah dalam mengajar; Seorang pendidik harus memberikan penampilan dan kemampuan yang terbaik dalam mengajar, misalnya dalam menyanyi seorang pendidik PAUD harus berusaha menyanyi dengan suara yang baik dan merdu didengar anak. demikian juga dalam aspek-aspek lainnya, seperti pakaian, cara bersikap, dan sebagainya.
  4. Mengajar dengan penuh semangat dan antusias; pendidik harus terlihat bersemangat dan penuh motivasi dalam mengajar, semangat keceriaan yang sesuai dengan dunia anak harus dilakukan agar anak juga termotivasi untuk belajar di kelasnya.
  5. Perhatikan setiap sudut keberadaan anak; pendidik harus jeli mengawasi dan memperhatikan anak sampai kesetiap sudut, agar dapat menangkap setiap gerakan anak. Dalam situasi tertentu kontak mata dengan anak tidak lagi dibutuhkan, lihat seluruh anak dengan rata-rata air diseluruh kepala mereka saja untuk mengetahui keberadaan kawanan secara lebih cepat.
  6. Jangan berteriak-teriak mengulang perintah yang sama; kita jangan berteriak-teriak kepada anak untuk mengulang perintah yang sama kepada anak, karena semakin kita berteriak dan  ulangi maka anak akan semakin mengabaikannya di hari berikutnya. Jadi lebih baik tunggu jeda ketika anak sudah tenang barulah kita lakukan satu kali perintah dengan jelas dan tegas.
  7. Gunakan prinsip iklan "kesan pertama begitu menggoda" ; tariklah perhatian anak dengan sesuatu yang menggoda untuk mengajak anak memperhatikan kita, misalnya dengan bunyi-bunyian, lagu, bentuk, cahaya, gerakan dll. Sehingga pendidik tidak perlu berteriak-teriak memanggil anak-anak untuk menarik perhatiannya.
  8. Tegas tapi tidak marah; dalam menerapkan disiplin dan peraturan pendidik harus tegas dan konsisten tetapi tidak terlihat emosi apalagi dengan marah-marah. Kepada anak berikan sebuah komitmen bahwa kita mempunyai aturan dan batasan tindakan yang harus diperhatikan anak.
  9. Tanggap terhadap keluhan anak tapi tidak pada kemalasan; pendidik harus menanggapi setiap keluhan anak yang bersifat kemajuan dalam perkembangan belajar anak, tetapi kadang kita harus tahu ada anak tertentu yang bersikap malas, keluhannya karena rasa malas yang dimiliki anak tidak kita berikan toleransi dalam rangka penegakan disiplin pada anak.
  10. Kreatifitas yang tinggi; Kretifitas yang tinggi dan selalu up to date harus selalu jadi ciri pendidik PAUD yang baik. Setiap hari kita harus selalu berfikir ide apa yang menarik, efektif, dan membantu perkembangan belajar anak supaya lebih baik. Pendidik PAUD harus selalu berusaha meninggkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar dan mendidik anak-anaknya.
Dari kesekian tips mengajar di atas, kunci dari keberhasilan, kesuksesan pendidik PAUD dalam mengajar dan mendidik anak-anak adalah komunikasi yang baik. Dengan komunikasi yang baik akan terjalin hubungan yang baik antara kita sebagai pendidik dengan anak-anak didik kita lembaga dan sekolah PAUD.
 
Demikian 10 tips mengajar yang baik dari sekian cara mengajar yang baik untuk guru dan pendidik PAUD, semoga bermanfaat, jika bunda dan rekan-rekan mempunyai pengalaman yang lain berkaitan dengan cara mengajar yang baik ini mohon disare dan dibagikan disini ya. terimakasih.  




19.14.00

5 komentar:

Bilal157 mengatakan...

syarat anak untuk masuk di PAUD ketika menginjak umur berapa ?

Unknown mengatakan...

PAUD dimulai dari Anak umur 0 - 6 tahun yang meliputi program pengasuhan atau penitipan anak, untuk dimasukan kelembaga bisa dimulai sejak anak berumur 2 Tahun pada Program KB (kelompok Bermain) demikian semoga bermanfaat. terimakasih.

Anonim mengatakan...

Anak saya skrg berusia 3 th 2 bln, sudah masuk play group sejak usia 2,5 thn. Cukup banyak lembaga/sekolah paud, playgroup dan TK di sekitar perumahan saya.
Mohon tanya...
Bagaimana cara memilih sekolah paud yg berkualitas? Dan bagaimana cara melihat atau menilai apakah guru paud di suatu lembaga itu kompeten atau tidak agar kita lebih yakin menitipkan anak pd lembaga tsb.
Terimakasih

Unknown mengatakan...

Untuk memilih sekolah dan PAUD yang baik untuk anak memang harus betul-betul penuh kecermatan, dan bunda atau ayahnda harus yakin sebelum menitipkan pada lembaga tersebut, ada beberapa tips untuk mengamati lembaga yang sesuai dengan anak kita mungkin bunda atau ayah dapat membaca dulu artikel disini di : http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/2013/06/tips-cara-memilih-sekolah-paud-untuk.html

Unknown mengatakan...

Untuk menangani anak paud yang sama sekali tidak mau mendengarkan perkataan guru.guru sudah sering memberikan hal2 yg menarik.seperti pakai.kertas lipat warna warni. Gambar. Boneka tangan. Tpi masih ad juga anak yg tetep tidak mau duduk mendengarkan guru.