ANAK BELAJAR KONSEP WARNA DAN ANGKA DARI LAGU ANAK : BALONKU

Sabtu, 25 Januari 2014

Lagu anak, Balonku, Penjual Balon
Ini kebetulan lagi melihat penjual balon di jalanan, kamera HP Nokia Asha 305 beraksi lagi, mengabadikan macam-macam warna-warni balon, kok.. aku malah jadi kepikiran anak-anak di PAUD bisa Belajar konsep warna dan angka dari balon dan lagu anak-anak: 

Balonku:
"Balonku ada lima
rupa-rupa warnanya
merah kuning kelabu
merah muda dan biru


Meletus balon hijau
hatiku sangat kacau
balonku tinggal empat 
kupegang erat-erat".

Lagu berjudul balon ku di atas adalah lagu anak-anak yang terdengar sederhana dan ringan, anak-anak dapat menangkap pemahamannya karena, konsep balon sudah melekat dalam kehidupan anak. Tapi tahukah kita dalam lagu balonku tersebut terdapat makna filosofi dan pembelajaran yang sangat dalam bagi anak. Anak diajarkan konsep dan pemahaman tentang bentuk, bilangan dan karakter.

Dimulai dengan pembelajaran dan konsep bilangan 1 sampai dengan 5 yang cocok untuk anak usia dini yaitu "Balonku ada 5 (lima)" Konsep ini sering dimulai dengan lagu-lagu anak-anak di TK dan PAUD "Lima jari kananku...Lima jari Kiriku...". Begitulah dengan satu sampai lima anak sudah mulai bisa berhitung dengan mudahnya, satu tangan untuk menunjuk satu tangan beserta jari-jarinya yang ada lima. Jika balon ada lima, suatu saat akan meletus satu jadi berapa?.

Pengenalanan warna untuk anak yaitu: "rupa-rupa warnanya...merah kuning kelabu...merah muda dan biru". Anak dikenalkan bahwa warna itu tidak hanya ada satu warna tetapi beragam, anak diminta mengimajinasikan warna apa saja yang ada, baik warna-warna dasar maupun warna yang sudah menjadi warna campuran. Ini dapat menjadi tahapan awal untuk anak mengenal konsep warna yang lebih kompleks nantinya.

Dalam lagu balonku ini anak juga ditanamkan beberapa karakter, seperti disiplin, hemat, cermat dan bersahaja, mencintai ciptaan tuhan (Ketuhanan). "Meletus balon hijau..hatiku sangat kacau..balonku tinggal empat kupegang erat-erat", anak diajarkan menyayangi dan menjaga miliknya agar tidak berkurang lagi. Dalam balon ada udara?, mengapa balon jadi besar?, terbuat dari apa balon?, pengetahuan dan sains sederhana yang menarik tanpa disadari telah dipelajari anak.

Tapi.. eh..ada yang menarik, kemarin ada yang menyanyi lagu balonku kok udah ganti ya liriknya dibagian itu..
"hatiku sangat kacau"
kok jadi :
"hatiku sangat galau".

Apa anak-anak ikut menyesuaikan dengan perkembangan jaman atau sesuai dengan perasaan kalian waktu nyanyi lagu itu?...

ok deh kalo begitu, anak-anak.... berarti biar semua tidak galau "dipegang erat-erat ya...." hehe...

"Bagaimana juga menurut Anda para orang tua dan pendidik? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)" .....

dari : http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/.  salam anak Indonesia.




15.49.00

0 komentar: