TIPS MENGATASI DILEMATIK PERILAKU DAN SIKAP NAKAL ANAK

Kamis, 16 Januari 2014

Dalam mendidik anak, adakalanya kita sebagai orang tua dan pendidik PAUD menghadapi dilema terhadap perilaku negatif dalam mendidik dan membimbing anak-anak kita, berikut beberapa tips untuk mengalihkan anak dari perilaku dan sikap yang berada pada situasi dilematis menjadi konsep yang membangun dan bermanfaat bagi perkembangan anak sebagai berikut :

  1. Menghadapi anak yang suka merusak  - ajaklah anak bermain permainan yang dapat menyalurkan energi negatifnya ini misalnya bermain merobek kertas.
  2. Menghadapi anak yang suka menangis   - ajaklah anak untuk mengenal konsep akunya lebih dalam lagi, perlihatkan bahwa menangis itu tidak membuat cantik, misalnya ajak anak bermain cermin ajaib.
  3. Menghadapi anak yang suka perintah-perintah - ajak dia untuk ikut memimpin kegiatan olah raga, berikan tanggung jawab sebagai orang yang menjaga teman-temannya
  4. Menghadapi anak yang Suka mencoret-coret - beri media lain untuk menggambar atau mewarnai gambar.
  5. Menghadapi anak Tidak mau menurut - jangan menghardik, ajaklah bicara dengan pelan, dekati dan gandenglah dia, setelah tenang ajak Menghadapibicara dari hati kehati untuk mendengarkan dan belajar mengikuti petunjuk. 
  6. Menghadapi anak yang suka mengganggu teman-temannya - ajak anak bermain permainan berpetualang yang menuntut konsentrasi dan latihan motorik yang cukup tinggi 
  7. Menghadapi anak yang suka memukul  - ajaklah anak bermain kreatif dan berikan kesempatan untuk bermain memukul bola yang mendorong energinya keluar dan  membangkitkan kemampuan motoriknya menjadi lebih positif.
  8. Menghadapi Anak yang suka ribut, terlalu aktif - ajaklah bermain musik walau dengan alat sederhana tetapi memberikan kemeriahan yang disenangi anak tersebut.
Demikian tips mengatasi dilematik perilaku dan sikap nakal anak, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, akhirnya kami ucapkan terima kasih...salam anak Indonesia. http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

 



22.32.00

0 komentar: