MANFAAT SENI KERTAS ORIGAMI DAN KIRIGAMI UNTUK ANAK

Sabtu, 15 Februari 2014

seni kertas, origami, kirigami, pajangan origami
Kata Origami adalah berasal dari bahasa Jepang dengan kata “ori” yang berarti “lipat”, dan “kami” yang berarti “kertas” merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.
Secara umum untuk membuat origami kita bisa menggunakan kertas biasa namun kebanyakan origami di Jepang menggunakan kertas khusus untuk origami. Perbedaan antara kertas biasa dan kertas origami hanyalah dari segi design dan warna saja yang sangat beragam sehingga membuat origami menjadi semakin indah dan sama sekali tidak berhubungan dengan teknik seperti lipatan kertas menjadi lebih mudah dan sebagainya.

Kemaren dalam diklat pendidik PAUD diberikan materi pelatihan tentang seni kertas atau origami dan kirigami ini. Ada beberapa bentuk origami yang menarik, cantik  dan lucu-lucu dibuat peserta, di sini juga diajarkan bagaimana cara menyusun origami tersebut di atas kertas karton untuk dibuat pajangan sehingga dapat dipasang di lembaga PAUD masing-masing :


 
 
 
 
 

Adapun kegunaan dan manfaat jika anak diajarkan origami secara konsisten sejak usia dini adalah:
  1. Anak akan semakin akrab dengan konsep-konsep dan istilah-istilah Matematika geometri, karena pada saat bunda atau sorang guru menerangkan origami akan sering menggunakan istilah matematika geometri contohnya : garis, titik, perpotongan 2 buah garis, titik pusat, segitiga, dll.
  2. Bermain origami akan meningkatkan keterampilan motorik halus anak, menekan kertas dengan ujung-ujung jari adalah latihan efektif untuk melatih motorik halus anak.
  3. Meningkatkan dan memahami pentingnya akurasi, saat membuat model origami terkadang kita harus membagi 2, 3 atau lebih kertas, hal ini membuat Anak belajar mengenai ukuran dan bentuk yang diinginkan serta keakuratannya.
  4. Meningkatkan citra diri dan bakat Anak secara intens.
  5. Saat bermain origami Anak akan terbiasa Belajar mengikuti instruksi yang runut dan sistematis.
  6. Mengembangkan kemapuan berpikir logis dan analitis anak walaupun masih dalam tahap awal yang sederhana
  7. Bermain origami secara konsisten juga merupakan latihan berkonsentrasi, membuat sebuah model origami tentu saja membutuhkan konsentrasi,dan hal ini dapat dijadikan sebagai ajang latihan untuk memperpanjang rentang konsentrasi seorang anak, dengan syarat origaminya dilakukan secara kontinyu dan model yang diberikan bertahap dari yang paling mudah yang dapat dikerjakan oleh Anak lalu terus ditingkatkan sesuai kemampuanya.
  8. Meningkatkan persepsi visual dan spasial yang  lebih kuat.
  9. Mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak tentang hewan dan lingkungan mereka, karena bentuk origami yang dibuat dapat dililih oleh kita dengan bentuk-bentuk  dan dapat dijadikan sebagai media pengenalan hewan dan lingkungan Anak.
  10. Memperkuat ikatan emosi antara orang tua dan anak, bermain origami disertai komunikasi yang menyenangkan ini akan membangun ikatan yang sungguh baik antara anak dan orang tua atau guru pendidik dan anak didik.
Jadi ayo kita membuat origami untuk anak usia dini.. yuk... terimakasih.




11.49.00

0 komentar: