Home » » 7 KESALAHAN BERBAHAYA DALAM MEMBERI MAKAN BAYI

7 KESALAHAN BERBAHAYA DALAM MEMBERI MAKAN BAYI

Kita sebagai orang tua hendaknya memberikan makanan dan nutrisi yang baik kepada bayi dan balita kita. Diawal pertumbuhannya ini anak yang masih bayi memerlukan kehati-hatian kita dalam memberikan makanan kepada mereka, jangan sampai pemberian makanan yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan bagi bayi, malah jadi malapetaka yang menjadi penyebab timbulnya penyakit yang sangat berbahaya bagi bayi kita. Berikut 7 kesalahan yang berbahaya dalam memberikan makanan kepada bayi yaitu :

1. Meniup-niup makanan Bayi
Meniup makanan bayi sering dilakukan orang tua, sering karena makanan itu masih panas ketika disuguhkan pada anak, maka ibu sering meniup-niup makanan tersebut. Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena dengan meniup makanan maka tanpa disadari kuman dan bakteri akan masuk kemakanan yang terpercik dari air liur dan udara yang ditiupkan dari mulut kita. Bakteri dan kuman yang ada dimulut orang dewasa akan ikut masuk kemakanan sehingga dapat mempengaruhi kualitas makanan anak, ada pendapat yang mengatakan bahwa makanan yang ditiup juga mengurangi kualitas makanan karena faktor karbon dioksida yang kita kelurkan dari nafas terikut dalam makanan yang dimakan oleh bayi.


2. Mencicipi atau meloloh Makanan bayi
Sama halnya dengan meniup makanan bayi maka tindakan mencicipi atau meloloh makanan bayi juga berbahaya karena dapat juga menjadi pintu masuk kuman dan bakteri yang ada dimulut kita kepada bayi.


3. Meninggalkan makanan terbuka untuk di dinginkan
Mendinginkan makanan bayi yang masih terlalu panas memang lebih baik jika diangin-anginkan dibandingkan dengan ditiup, tetapi harus hati-hati makanan yang dibiarkan terbuka rentan kemasukan berbagai materi berbahaya, misalnya jika seekor lalat hinggap tentu akan berbahaya bagi makanan bayi kita. Jadi sebaiknya jika mendinginkan makanan bayi hendaknya diberi penutup yang baik.


4. Memberi makan bayi dengan alat makan orang dewasa
Sering karena tergesa-gesa, sebagian orang tua tidak sempat mencuci dan mempersiapkan alat makan bayi, sehingga terpaksa menggunakan alat makan orang dewasa yang tersedia. Ini sangat berbahaya jika alat makan itu tidak steril dari bekas makan orang dewasa yang mengandung minyak atau bahan-bahan lain yang berbahaya untuk pencernaan perut bayi. Belum lagi jika piring dan sendok itu tidak bersih dalam pencucian sehingga mengandung kuman dan bakteri dari mulut orang dewasa.


5. Menyuapi bayi tanpa jeda dimulut bayi yang penuh
Memberi makan bayi harus dengan ekstra kesabaran yang tinggi, tindakan tergesa-gesa tanpa memberi jeda dalam menyuapi bayi dapat berbahaya, salah satunya dapat membuat bayi tersedak. Perhatikan betul-betul apakah bayi masih belum menelan makanannya. Atau karena bayi sudah kenyang hingga kita tidak perlu memaksakan lagi makanan kemulutnya.


6. Memberi makan bayi sambil jalan-jalan di luar rumah
Memberi makan bayi sambil jalan-jalan di taman atau dijalan raya memang terlihat menyenangkan, tapi tahukan ayah dan bunda, ternyata banyak bahaya yang mengancam dalam memberikan makanan diluar rumah ini. Debu jalanan, polusi dan kotoran yang terbawa  tiupan angin dapat masuk kemakanan bayi. Kotoran dan debu ini tentu saja mengandung bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan bayi kita. 


7. Bekas makan yang tidak dibersihkan dari mulut dan pakaian bayi
Setelah selesai memberimakan, hendaknya bayi segera kita bersihkan dari sisa-sisa makanan yang menempel ditubuh bayi yang dapat menjadi penyebab timbulnya kuman, bakteri atau binatang kecil yang tertarik dengan sisa makan tersebut. Makan yang tertinggal ditubuh bayi dapat menjadi basi dan menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan bayi. Juka kemungkinan datangnya binatang kecil seperti semut yang dapat datang karena tertarik dengan sisa-sisa makanan bayi. Jangan biarkan bayi tertidur sehabis makan sebelum dibersihkan karena dapat berbahaya bagi bayi jika ada binatang kecil yang datang memakan sisa makanan ditubuhnya ketika ia tertidur.


Demikian ayah dan bunda 7 (tujuh) kesalahan yang berbahaya dalam memberikan makanan kepada bayi kita, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih.  

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber !!

Dari:http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/...Terimakasih sudah berkunjung, salam kenal.

0 komentar: