Home » , , » BERMAIN SAMBIL MELATIH FISIK MOTORIK KESEIMBANGAN ANAK USIA DINI

BERMAIN SAMBIL MELATIH FISIK MOTORIK KESEIMBANGAN ANAK USIA DINI

Paud Istiqlal
Anak usia dini berada dalam tahapan usia dimana anak sedang berada pada masa-masa yang cukup riskan secara fisik dan motorik. Pada masa ini anak telah mulai mengembangkan otot-otot motoriknya dengan proses dinamika geraknya. Saat anak dalam proses ini tidak jarang anak mengalami kejadian yang diluar dugaan seperti benturan atau kecelakaan, yang terjadi saat anak sedang bermain atau beraktivitas fisik yang berat di luar. 

Karena itulah anak perlu dilatih kemampuan fisik dan motoriknya dengan cara yang tepat agar dapat meningkatkan konsentrasi, koordinasi kekuatan otot-otot dan kepercayaan diri yang tinggi, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan, seperti jatuh, terbentur, kehilangan keseimbangan atau keragu-raguan dalam aktivitas geraknya.

Otot dan fisik anak usia dini ini dapat dilatih dengan berbagai terknik dan cara yang menarik dan menyenangkan bagi anak, salah satunya bermain permainan keseimbangan yang bagus untuk melatih otot-otot tubuh anak sehingga meningkatkan keseimbangan tubuh, kelenturan, dinamisasi dan memperkuat punggung, otot-otot perut dan tungkai anak.


Berikut kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk melatih keseimbangan dengan bermain yang menyenangkan bagi anak:
  • Berjalan lurus dengan garis lurus atau papan keseimbangan, ini dapat dilakukan anak sambil membawa atau menjinjing barang di atas kepalanya.
  • Anak melakukan posisi dan gerakan membungkuk dengan kaki lurus dengan kedua tangan dilemaskan mencoba menyentuh jari-jari kaki.
  • Anak menirukan jalan binatang Onta, gerakan maju perlahan dengan tubuh membungkuk tangan dan kaki yang diluruskan ke bawah, bergerak seperti jalan binatang onta.
  • Anak merentangkan kedua tangan lebar-lebar kesamping, ke atas, ke belakang, kedepan.
  • Anak berdiri berjinjit dengan posisi ini ditahan kurang lebih 5 menit tanpa jatuh, jika anak jatuh harus diulangi lagi dari awal.
  • Anak berdiri berjinjit dan perlahan-lahan jongkok.
  • Menyentuh jari kaki dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  • Berjalan cepat sambil kedua tangan membawa ember kecil yang penuh air dan tidak tumpah.
  • Permainan lembar bola berpasangan dan berjalan menyamping yang jarak lemparnya semakin lama semakin dijauhkan jaraknya. 
  • Menembakan bola dengan menendang ke gawang dengan jarak tembak yang semakin lama ditambah jarak jauhnya tempat menembak bolanya.
Demikian beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih keseimbangan dengan bermain bagi anak, semoga bermanfaat untuk melatih fisik, motorik keseimbangan anak. Sehingga mudah kita terapkan di lembaga PAUD kita masing masing. Terimakasih.

Sumber: Dirangkum dan disarikan dari bahan penataran diklat Pengelola dan Pendidik TK PAUD, Ditjen PTKPAUDNI di Hotel Sapir  tahun 2012.

Dari: http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/....terima kasih sudah berkunjung. semoga sukses. salam anak Indonesia.

0 komentar: