Home » » CARA AMAN DAN MUDAH MENGHILANGKAN GURATAN BEKAS MELAHIRKAN-STRECTHMARK

CARA AMAN DAN MUDAH MENGHILANGKAN GURATAN BEKAS MELAHIRKAN-STRECTHMARK

Bunda, guratan bekas melahirkan atau yang disebut Strecthmark itu Secara medis, adalah suatu kerusakan lapisan kulit yang berupa kerutan atau guratan-guratan berwarna putih, kemerahan, atau kecoklatan sesuai dengan warna kulit penderita, yang biasanya berada didaerah perut di bawah pusar. Biasanya stretch mark dialami oleh ibu sehabis melahirkan, terutama yang sudah melahirkan anak pertama.

Mungkin bunda bertanya..apa sih penyebab dari stretchmark? Penyebabnya adalah peregangan kulit secara berlebihan dalam waktu yang lama (hamil) sehingga membuat jaringan kulit mengalami kerusakan. Selain itu, pada waktu hamil kebanyakan wanita cenderung mengalami keluhan gatal yang berat. Hal ini tentunya membuat keinginan ibu hamil untuk menggaruknya. Nah, bekas garukan itulah yang membuat kulit cedera dan menimbulkan bekas atau stretch mark.

Adakah cara untuk menghilangkan stretch mark? Untuk menghilangkan kerut pasca melahirkan, mungkin beberapa tips berikut dapat membantu Anda.

Stecthmark ini bisa hilang namun tidak instan, dan dapat dihilangkan baik secara alami maupun ilmiah seperti dilansir oleh Boldsky.

Berikut tips menghilangkan guratan bekas melahirkan (strecthmark) secara alami dan secara ilmiah kedokteran:

Secara Alami:

Es dapat mengencangkan pori-pori kulit dan membantu dalam mengurangi bekas melahirkan. Masukkan es batu ke dalam kantung kompres dan gosokkan dengan lembut pada daerah bekas melahirkan selama 5 menit. Ulangi secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Minyak zaitun dapat melembabkan kulit dan tekstur kulit Anda. Minyak ini berguna untuk meringankan tanda bekas melahirkan, tetapi tidak mampu menghilangkan secara total. Pijatlah daerah tanda bekas melahirkan dengan minyak zaitun setiap hari selama 10 menit.

Vitamin E dikenal mampu mengobati kerusakan kulit akibat dari radikal bebas pada sel-sel tubuh kita. Ini sangat efektif untuk mengobati tanda bekas melahirkan. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dapat membantu Anda untuk menghilangkan tanda bekas melahirkan secara alami.

Buah-buahan. Banyak vitamin bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti lemon, anggur, jeruk, kiwi, atau apricot.

Sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang dapat membantu menghilangkan stretch mark adalah wortel, bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

Jus tomat mengandung banyak antioksidan yang membantu dalam mengurangi kerusakan sel kulit. Anda bisa menggunakan jus tomat sebagai masker alami untuk menyembuhkan tanda bekas melahirkan.

Vitamin A dan C juga sangat membantu dalam penyembuhan tanda bekas melahirkan. Buatlah pasta dari makanan yang kaya akan vitamin seperti kiwi, aprikot, dan jeruk. Kemudian gunakan pasta itu sebagai masker pada tubuh Anda. Ini adalah obat alami untuk menyembuhkan tanda bekas melahirkan.


Gunakan masker bahan alami

Tomat. Anda bisa menggunakan tomat untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan. Cara penggunaannya yaitu dengan memblender tomat tersebut. Setelah itu, jadikan hasil blenderan tersebut menjadi masker.

Anggur. Ekstrak dari buah anggur dipercaya ampuh menghilangkan kerut setelah melahirkan. Cara penggunaannya sama seperti tomat yaitu dengan diblender, baru kemudian dijadikan sebagai masker.

Lidah buaya. Lidah buaya juga diyakini mampu menghilangkan guratan-guratan pasca melahirkan. Cara penggunaannya sangat sederhana yakni dengan mengusapkan daging lidah buaya yang berwarna putih pada stretch mark. Agar hasil maksimal, Anda bisa melakukan cara ini 2 sampai 3 kali sehari.

Kapur dan jeruk nipis. Cara lain yang bisa Anda gunakan yakni dengan mengoleskan campuran dari kapur dan air perasan jeruk nipis pada bagian yang mengalami kerut.

Minyak almond. Bahan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark adalah minyak almond yang dilakukan dengan cara memijatkannya setiap hari ke daerah yang terdapat stretch mark.

Makan makanan bernutrisi seperti sayuran dan buah-buahan segar adalah cara paling ideal untuk menghilangkan tanda bekas melahirkan. Tanda ini tentu dapat diobati secara alami di rumah.

Secara Ilmiah Kedokteran

Untuk menghilangkan guratan Strecthmark ini juga dapat dilakukan dengan perawatan secara ilmiah kedokteran yang umumnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu laser dan mesotherapy 

Laser. Laser adalah operasi yang dapat memakan biaya banyak, namun hasil yang didapat terbukti memuaskan. Dalam perawatan ini, dokter akan mengecek seberapa parah stretch mark yang dialami penderita. Hal ini bertujuan untuk menentukan berapa kali operasi laser akan dilakukan.

Mesotherapy. Jenis perawatan ini adalah dengan menyuntikkan vitamin pada bagian yang terkena stretch mark. Untuk perawatan ini, sebaiknya cari dokter yang benar-benar kompetens dan terpercaya atau ahli dibidangnya.

Demikian tips cara menghilangkan guratan bekas melahirkan (strecthmark) untuk ibu melahirkan, semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kembali kecantikan dan persona para bunda. Termakasih sukses terus ya bun..salam.


Sumber : Dirangkum dari berbagai sumber
Sumber utama :http://www.docshop.com/
Sumber gambar: via.health.okezone.com

0 komentar:

Cari Tulisan