MENGENALKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK DENGAN MODEL MAKE A MATCH

Minggu, 06 April 2014

Mengenalkan bilangan pada anak disesuiakan dengan tahapan perkembangan anak. Sesuai dengan usia anak yang masih suka bermain, maka hendaknya pembelajaran matematika pada Taman Kanak-kanak dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui permainan berhitung. Permainan berhitung di anak usia dini diharapkan tidak hanya berkaitan dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional serta untuk menumbuhkan kecerdasan anak, khususnya kecerdasan logico-matematics,

Permainan berhitung merupakan bagian dari matematika diperlukan untuk menumbuhkan keterampilan berhitung yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematis. Dengan kata lain, permainan berhitung di anak usia dini diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan dasar matematika labih lanjut di sekolah dasar, seperti pengenalan konsep bilangan, lambang bilangan, warna, bentuk, ukuran, ruang dan posisi melalui bentuk alat dan kegiatan bermain menyenangkan.

Berdasarkan pertimbangan inilah banyak orang tua menghendaki agar anak-anak mereka segera memiliki kemampuan berhitung, disamping membaca dan menulis. Namun demikian seringkali keinginan orang tua kurang sesuai dengan perkembangan anak atau menuntut anak paling dominan mempengaruhi adalah teknik pelaksanaan pembelajaran di sekolah, guru cenderung lebih monoton dalam memberikan pembelajaran. Sehingga anak cepat bosan, jenuh, tidak tertarik dan bahkan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.

Untuk menarik minat dan perhatian anak terhadap matematika. Maka hendaknya gaya pembelajaran yang disajikan dirancang sedemikian rupa agar efektif dan menyenangkan. Pembelajaran yang dilakukan adalah yang mengacu pada dasar pembelajaran anak belajar sambil bermain, bermain sambil belajar. Dalam kegiatan pembelajaran pembelajaran matematika perlu diciptakan suasana yang menyenangkan dengan permainan kartu angka dari pendekatan belajar dengan model Make A Match yang memudahkan anak belajar matematika khususnya untuk anak usia dini dalam mengenal bilangan.

Model A Match atau mencari pasangan dalam bilangan, untuk anak usia dini dilakukan dengan melibatkan anak secara aktif dan menyenangkan, dimulai dengan meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan 1-10 dengan model Make A Match ini. Untuk anak sekaligus juga dapat menerima pembelajaran karakter seperti: toleransi, kerjasama, tanggung jawab, menghargai pendapat orang lain maupun kemampuan memecahkan masalah sederhana sehari-hari.

Dengan model Make A Match ini juga pembelajaran akan lebih efektif dimana anak secara langsung terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang diaplikasikan dalam suatu permainan, yaitu: memasangkan kartu angka sesuai dengan pasangannya. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Karena tanpa disadari selain anak akan mulai terbiasa juga anak akan semakin tertarik mengenal konsep bilangan 1-10 dengan model Make A Match ini.

Sumber: Dirangkum dari Berbagai sumber.



10.22.00

0 komentar: