PENTINGNYA BERMAIN BAGI ANAK MENURUT ACEI DAN NAEYC

Selasa, 01 April 2014

Dunia anak adalah dunia warna warni yang penuh dengan kegiatan bermain dan permainan. Bagi anak bermain itu sangat penting, merupakan kebutuhan yang sangat mutlak harus dipenuhi. Begitu pentingnya kegiatan bermain bagi anak, semua aktivitas pembelajaran untuk anak diharapkan dapat terintegrasi dengan kegiatan bermain. Hal ini juga didukung oleh berbagai ahli dan organisasi yang mengkaji dan meneliti tentang pendidikan anak usia dini tersebut.

Association for Childhood Education International (ACEI) dan The National Association for The Education of Young Children (NAEYC), dua buah organisasi profesional di Amerika Serikat, yang juga mengkaji secara mendalam dan menyeluruh tentang aspek-aspek pendidikan anak usia dini, menegaskan dalam garis-garis pedoman bahwa bermain bagi anak begitu penting karena :
  1. Membantu anak untuk mampu dan percaya diri menjelajah, mengekplorasi dunianya;
  2. Mengembangkan pengertian dan pemahaman anak tentang kehidupan sosial dan kultural secara lebih baik
  3. Membantu meningkatkan kemampuan anak untuk dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka
  4. Dengan bermain untuk anak memberikan kesempatan anak mengalami serta memecahkan masalahnya.
  5. Mengembangkan keterampilan berbahasa dan melek huruf, serta mengembangkan pengertian atau sebuah konsep.
Berdasarkan pandangan ACEI dan NAEYC tersebut di atas, bermain bagi anak sangat penting karena di dalamnya terkandung nilai-nilai yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini telah disepakati oleh para ahli peneliti yang telah mengabdikan hidup mereka dalam meneliti tentang nilai-nilai bermain ini.  

Demikian pentingnya bermain bagi anak menurut ACEI dan NAEYC dua buah organisasi besar di Amerika Serikat, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Gambar : PAUD Rumah Belajar Senyum Banjarmasin.



10.23.00

0 komentar: