SUMBER-SUMBER BELAJAR UNTUK ANAK PAUD

Rabu, 30 April 2014

Sumber belajar anak paud
Anak Meninjau Bekas Kebakaran
Anak belajar dari berbagai sumber yang sesuai dengan kebutuhan dan tahapan perkembangannya. Segala umber Belajar dapat memberikan anak berbagai pengetahuan dan pengalaman yang membentuk perkembangan anak lebih maksimal. AECT (Association for Education Communication and Technology) yaitu sebuah organisasi Asosiasi Komunikasi dan Teknologi Pendidikan. AECT mengklasifikasikan sumber belajar dalam enam jenis yaitu:
 
1. Pesan (message)
Segala bentuk informasi yang harus dikirim oleh komponen lain kepada anak yang berbentuk ide, fakta, pengertian, dan data.

2. Orang (people)
Orang yang memiliki keahlian dapat menjadi sumber belajar dengan memberikan informasi kepada anak, selain guru juga ada narasumber lain yang dapat didatangkan untuk anak dalam memberikan informasi, pengetahuan dan keterampilan secara langsung pada anak.
 
3. Bahan (material)
Bahan-bahan yang paling dekat bagi anak yang biasanya digunakan dalam praktik ditempat belajar. Bahan-bahan berwarna, berbentuk, dengan tekstur tertentu memberikan informasi dan ilmu pengetahuan pada anak sehingga menjadi sumber belajar yang nyata.
 
4. Peralatan (tool)
Peralatan yang berupa media  belajar/ hardware yang dapat dilihat dan digunakan anak secara langsung. Media seperti televisi, radio, audiovideo digital dan lain sebagainya dapat dijadikan sumber belajar untuk anak.

5. Teknik
Teknik berupa prosedur yang disiapkan dalam mempergunakan bahan pelajaran, peralatan, situasi, dan orang yang menyampaikan pesan. Contohnya orang tua yang mengajarkan bagaimana memasang sepatu kemudian anak menirukannya dengan baik maka terjadi teknik penyampaian belajar bagi anak.
 
6. Lingkungan (setting)
Ekplorasi lingkungan bagi anak mempunyai peranan yang sangat penting karena anak secara langsung dapat belajar dari lingkungannya. Potensi lingkungan sebagai sumber belajar sangat besar, karena itu anak dapat diajak memahami seluas-luasnya nilai-nilai dan pengetahuan yang terdapat dari lingkungannya.





19.57.00

0 komentar: