10 TIPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK TK

Jumat, 16 Mei 2014

Bakti Sosial Panti Jompo PAUD RBS
Para ahli yang mendalami bidang kecerdasan emosional (Emotional intelligence), meyakini bahwa keberhasilan dan kesuksesan seseorang dalam berbagai bidang kehidupan sangat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Bahkan ada yang berpendapat 75% sukses seseorang ditentukan oleh kecerdasan emosional seseorang itu. Karena itu di TK (Taman Kanak-kanak), guru perlu menggembangkan kemampuan emosi atau yang sekarang umum di sebut kecerdasan emosional (Emotional intelligence). Kecerdasan emosional ini merupakan kemampuan emosi yang sangat tinggi dan cerdas sehingga seseorang mampu berbuat sesuatu dengan tepat dan berhasil jika didukung kecerdasan ini.

Ada beberapa Hal penting yang perlu diperhatikan dan dibutuhkan anak dalam upaya pengembangan emosi yang sehat sebagai mana yang dikembangkan dari pandangan Seorang ahli Pendidikan anak Reynolds di antaranya adalah berikut:

  1. Anak TK harus mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang dari orang tuanya, keluarga, guru-guru dan teman-temannya.
  2. Anak TK harus memiliki perasaan diinginkan dan memiliki tempat dalam keluarga, sekolah, dan lingkungannya. anak harus menyadari eksistensinya sangat penting bagi orang disekitarnya.
  3. Anak TK perlu memperoleh kesempatan untuk merasakan rasa berprestasi dan rasa puas terhadap hal-hal/pekerjaan yang dilakukannya.
  4. Anak TK juga perlu memperoleh kesempatan untuk mandiri dan membuat keputusan sendiri, dengan kesempatan untuk mencoba lagi bila ia gagal
  5. Seorang Anak TK harus mempunyai rasa aman dalam menjalin hubungan dengan orang lain, karena itu faktor kedekatan dengan orang yang dapat dipercaya menjadi sangat penting.
  6. Seorang Anak TK harus pula memiliki kepercayaan pada dirinya dan membangun kesadaran akan kebaikan-kebaikan yang ada pada dirinya.
  7. Anak TK harus diperlakukan sebagai seseorang, tidak sebagai bagian dari keluarga atau kelompok, tetapi sebagai seseorang yang mempunyai identitas.
  8. Anak TK harus diberikan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan rentang usia yang mereka miliki.
  9. Anak TK harus diajarkan mencintai sesama dengan memberikan contoh dan model yang dapat mereka pahami dalam kehidupan sehari-hari.
  10. Anak TK harus diberikan penghargaan dan rangsangan emosional yang baik atas hasil positif dari apa yang mereka karyakan. 
Demikian beberapa tips cara mendukung dan mengembangkan kecerdasan emosional anak TK, semoga bermanfaat untuk  bunda guru pendidik TK, orang tua ayah dan bunda, terimakasih.



09.06.00

0 komentar: