CARA MENGEMBANGKAN EMOSI YANG SEHAT PADA ANAK

Senin, 09 Juni 2014

Setiap orang tua pasti mendambakan anaknya berperilaku baik, berbudiperketi, hormat dan sopan santun pada orang lain. Biasanya anak yang mempunyai prilaku dan budiperketi yang baik ini karena mempunyai emosi yang baik pula. Emosi yang baik ini terlihat pada tingkah lagu anak yang sehat dengan perkembangan perilaku yang positif sesuai dengan usia dan tumbuh kembang anak.
Salovry dan Mayer dua orang peneliti dan Ahli pendidikan Anak, mengemukakan bahwa terdapat lima cara yang dapat dilakukan untuk membina emosi yang sehat pada anak yaitu :

1. Kemampuan untuk mengenali emosi diri
Untuk membantu anak mengenali emosinya, dapat dilakukan dengan cara mengajarkan anak untuk memahami perasaan-persaan yang dialaminya. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan pendekatan yang lebih akrab dan intens terhadap anak yang bersangkutan.

2. Kemampuan untuk mengelola dan mengekspresikan emosi secara tepat
Anak dapat dibiasakan untuk berpikir realistis sehingga anak dapat menanggapi suatu kejadian dengan perilaku yang tepat. Hindari mencekoki anak dengan hal-hal yang tidak realistis seperti mitos-mitos atau hal-hal yang berbau mistis yang tidak masuk akal. Perlu juga anak diajarkan konsep-konsep ilmiah dan sains sederhana untuk melatih mereka berpikir logis.

3. Kemampuan untuk memotivasi diri
Pengembangan kemampuan untuk memotivasi diri didorong oleh kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah. Orang tua dan guru perlu menanamkan optimisme pada anak.

4. Kemampuan untuk memahami perasaan orang lain.
Untuk mengembangkan keterampilan anak dalam memahami orang lain maka upaya pengembangan empati dan kepedulian terhadap orang lain menjadi sangat penting. Anak sebaiknya mendapatkan pengalaman langsung dalam kehidupan nyata untuk merasakan perasaannya tersebut.

5. Kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain
Latihlah anak untuk bergabung dengan anak yang lain, bermain kelompok, dan melakukan kerjasama. Aktivitas-aktivitas permainan kelompok atau outbond dapat dilakukan untuk membantu anak menjadi lebih peka dalam membina hubungan dengan orang lain ini.


Kegiatan-kegiatan tersebut di atas dapat kita jadikan acuan dan rujukan agar anak lebih terdorong emosinya untuk berkembang, hingga menjadi perilaku yang baik. Semoga tulisan sederhana di atas bermanfaat untuk pendidik, ayah-bunda sekalian, terima kasih sudah berkunjung di blog Anak Paud Bermain Belajar.

Sumber: http://anakkusehatceria.blogspot.com/



18.20.00

0 komentar: