7 CARA MELATIH DAN MENGASAH KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA ANAK

Sabtu, 02 Agustus 2014

Belajar Angka, menenmpel angka
Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak-anak yang memiliki pribadi yang baik, pintar dan cerdas. Karena itu perlu usaha yang keras dan sungguh-sungguh dari orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak. Kecerdasan anak dapat dikembangkan dengan cara tertentu hingga dapat membuat anak menjadi seseorang yang cerdas baik pada saat ia kanak-kanak maupun untuk ia dewasa kelak. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu mengasah kemampuan dan kecerdasan logika atau matematika anak yaitu :


1. Mengenal bilangan melalui bermain
Ini dapat dilakukan dengan bermain tebak-tebakan dan menghitung jumlah mainan, menebak penjumlahan dan pengurangan sederhana, serta menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan bilangan akan membantu anak mengenal bilangan.

2. Mengenalkan bentuk geometri
Kemampuan ini dapat dilakukan sejak masih bayi dengan menggantung berbagai macam bentuk. Pada anak usia 4 tahun pengenalan bentuk bisa dilakukan dengan mengelompokan berdasarkan bentuk yang sama dengan berbagai ukuran dan warna, urutkan dari kecil ke besar.

3. Pengenalan pola
Kemampuan melihat pola adalah suatu kemampuan yang harus diajarkan secara bertahap. Hubungan sebab akibat sebagai salah satu perkembangan dari kemampuna melihat pola dapat dikembangkan dengan mengajak anak melakukan pengamatan. Misalnya ajak anak mengamati air yang selalu mengalir ketempat yang lebih rendah, air selalu berubah bentuknya sesuai wadahnya.

4. Menyelesaikan Puzzel
Menyusun Puzzel adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan menggunakan logika. Selain itu kegiatan menelusuri jalan (maze) dapat dilakukan, Puzzle dan maze tidak harus selalu yang sudah tersedia. Anda dapat membuatnya sendiri bersama-sama dengan anak.

5. Bermain Game Komputer
Sekarang telah banyak Aplikasi dan game bermain untuk membantu belajar anak. Baik dalam hal pengenalan angka keaksaraan atau berhitung dan matematika sederhana. Temani anak dan berikan bimbingan untuk menyelesaikan setiap permainan yang dilakukan. Pada tahapan-tahapn tertentu anak dapat mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu level game, karena itu kita dapat memberikan bimbingan dan masukan pada anak secara persuasif dan intens.

6. DVD Belajar Angka Interaktif
Menggunakan DVD inter aktive, berupa tayangan di Televisi atau diputar melalui DVD, tayangan dan film belajar huruf dan angka untuk anak. Di pasaran sudah banyak dijual DVD seperti ini, tinggal orang tua secara kreative mengajak anak untuk melihat dan membimbing anak bersama-sama melihat dan memperlajari tayangan dalam film dan animasi belajar angka tersebut.

7. Eksplorasi dan Eksperimen di alam
Kita dapat merencanakan pada satu hari tertentu dalam satu minggu yang memungkinkan kita melakukan pengamatan dengan anak di alam terbuka, misalnya mengamati jumlah kendaraan yang lalu lalang di halaman sekolah dan sampah apa saja yang tergeletak di sekitar sekolah, mengajak anak mengenali berbagai macam profesi, mengajak anak mengenali berbagai macam buah-buahan dan sayur-sayuran.


Demikian 7 Cara melatih dan mengasah kecerdasan Logika-matematika anak, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung keblog ini.

Sumber : http://anakkusehatceria.blogspot.com/2014/08/cara-mengasah-kecerdasan-logika.html



01.41.00

0 komentar: