MENGATASI SULIT TIDUR PADA IBU HAMIL

Sabtu, 29 November 2014

Saat usia kehamilan bertambah, rasanya tidur lelap dambaan oleh setiap ibu hamil pada saat seperti itu. Untuk Ibu hamil, sulit tidur dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya keadaan perut yang semakin membesar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa kurang enak di daerah ulu hati, dan lain sebagainya.

 Bila kondisi ini terus belanjut, dapat berakibat patal bagi ibu hamil karena kondisi fisik ibu akan terus menurun, dan menyebabkan ibu dapat terserang berbagai penyakit baik yang ringan maupun yang berat. Efek ringan juga terjadi seperti konsentrasi berkurang, badan mudah lelah, terasa pegal, tidak mood dalam bekerja, bahkan kadang-kadang cenderung menjadi emosional. Keluhan tidur biasanya dimulai saat usia kandungan memasuki trismester ketiga diamana janin sudah tumbuh semakin besar sehingga terasa menyesakan.

Berikut beberapa hal yang dapat anda coba lakukan untuk membantu agar anda dapat tidur dengan lebih nyaman di malam hari. yaitu :

1. Carilah posisi tidur yang lembih nyaman
Sangat dianjurkan buat ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sisi kiri, karena hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta. Dengan posisi ini rahim tidak menekankan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari ibu ke janin sehingga asupan darah untuk pertumbuhan janin tetap dapat berjalan dengan baik. Posisi ini juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari bagian tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan. Tidur posisi miring ke kanan juga baik, anda dapat mengganti posisi miring kekanan kiri untuk membuat tidur anda lebih nyaman.
2. Mandi dengan air hangat 
Mandi dengan air hangat, memakai sabun yang wangi dengan aroma yang segar dapat membantu anda menjadi rileks dan siap untuk tidur.
  
3. Hindari makan berlebihan menjelang tidur
Sebaiknya makanlah 2 jam sebelum anda tidur, jangan makan terlalu banyak atau berlebihan untuk menghindari rasa tidak enak di daerah ulu hari perut yang akan mempengaruhi kenyamanan tidur. Minum segelas susu hangat sebelum tidur karena susu mengandung asam amino tryptophan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang membantu anda untuk dapat tidur.

4. Dengarkan Musik
Dengarkan musik apapun yang membuat bunda menjadi tenang dan rileks sehingg akan mudah untuk ibu dapat tidur lebih tenang dan nyaman.
5. Beristirahatlah setiap ada kesempatan
Istirahatlah setiap anda memiliki kesempatan untuk beristirahat. 

6. Latihan menarik nafas
Latihan menarik nafas dalama yang teratur dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot. Cari posisi yang nyaman buat anda, lalu tariklah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1 - 2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan, lakukan hal ini beberapa kali.
 
7. Buatlah suasana kamar tidur senyaman mungkin
Suasana kamar tidur yang bersih, tidak berantakan, suhu udara yang nyaman dapat membantu anda menjadi rilek sehingga memudahkan anda untuk tidur.

Source : Natural Times



20.12.00

0 komentar: