PERUBAHAN TAMPILAN BLOG ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR

Anak PAUD, Blog Anak PAUD, Anak PAUD Bermain Belajar
Tidak terasa tiga tahun lebih sudah blog Anak PAUD Bermain Belajar ikut berpartisipasi dalam blogging di dunia pendidikan khususnya pendidikan anak. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki blog sederhana ini, hal yang terpenting selama menjalankan aktivitas posting blog adalah keinginan admin, penulis untuk berbagi dan turut menyumbang pemikiran untuk mengembangkan pendidikan anak, khusus tentang pendidikan anak usia dini (PAUD). Semula tujuan dibuatnya blog ini hanyalah untuk mendokumentasikan secara pribadi materi bahan dan tulisan yang penulis dapatkan dari kegiatan diklat penataran dan pendidikan PAUD baik di daerah (tingkat lokal/Regional) maupun dipusat (tingkat Nasional), tetapi kemudian ternyata blog banyak dikunjungi oleh rekan-rekan seprofesi dan masyarakat yang berminat tentang pendidikan anak usia dini.   

MENULIS DALAM KEGELAPAN

anak bersedih, kegelapan anak, hak anak
Mohon maaf, judul postingan kali ini mungkin agak berbeda dari gendre yang seharusnya, entah kenapa penulis kepikiran judul ini di bisa dipost diblog yang khusus membahasa tentang anak dan perkembangan anak usia dini ini. Mungkin, karena judulnya terlalu indah dan keren untuk dilewatkan, atau gairahnya yang bisa menghiasi blog sederhana ini. Walaupun dari segi key word sangat kurang mendukung seo blog ini. Tapi untuk kepuasan batin ini sangat mendukung dan patut dicoba.

PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR EVALUASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DALAM PAUD

Pengertian Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini

Evaluasi merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di dalam dunia pendidikan. Evaluasi merupakan bagian yang penting dalam pendidikan, hal ini mengingat dengan evaluasi akan dapat mengetahui bagaimana proses pendidikan dilaksanakan, faktor-faktor apa yang menghambat maupun yang mendorong pencapaian tujuan pendidikan, bahkan dengan evaluasi dapat mengetahui tingkat keberhasilan suatu kegiatan pendidikan. 

Evaluasi merupakan prosedur sistematis yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah diatur dengan baik. Karena pelaksanaan evaluasi yang baik akan mendapatkan informasi yang akurat sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

CONTOH BERMAIN KEGIATAN MAIN SENSORIMOTOR SEDERHANA ANAK PAUD

Anak bermain Busa sabun, bermain sensorimotor busa sabun
Anak usia dini memulai mengembangkan kemampuan bermainnya melalui tubuhnya, mereka menggunakan tubuh serta dorongan hatinya untuk mengetahui semua tentang diri mereka. Dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuhnya dan penjelajahannya terhadap lingkungan sekitar dengan menggunakan seluruh inderanya. Anak belajar segala sesuatu yang berpengaruh terhadap seluruh kemampuannya. Banyak ahli berkesimpulan bahwa anak adalah makhluk yang aktif dan dinamis. Kebutuhan-kebutuhan jasmaniah dan rohaniahnya anak yang mendasar sebagian besar dipenuhi melalui bermain, baik bermain sendiri maupun bersama-sama dengan teman (kelompok), jadi bermain itu merupakan kebutuhan anak. Kegiatan main sensorimotor merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan anak khususnya sebagian besar pada kebutuhan jasmani fisik anak. 

ANAK BELAJAR KONSEP WARNA DAN ANGKA DARI LAGU ANAK : BALONKU

Lagu anak, Balonku, Penjual Balon
Ini kebetulan lagi melihat penjual balon di jalanan, kamera HP Nokia Asha 305 beraksi lagi, mengabadikan macam-macam warna-warni balon, kok.. aku malah jadi kepikiran anak-anak di PAUD bisa Belajar konsep warna dan angka dari balon dan lagu anak-anak: 

Balonku:
"Balonku ada lima
rupa-rupa warnanya
merah kuning kelabu
merah muda dan biru

FUNCTION OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION

Program activities play in early childhood education has a number of functions, namely : (1) to develop all the capabilities of the child in accordance with the stage of development, (2) introduce children to the world around, (3) developing the socialization of children, (4) introduce regulations and instill discipline in children, and (5) provide opportunities for children to enjoy playing.


Based on the purpose of early childhood education can be explored some of the functions of early childhood education, namely :

MEMBANGUN KARAKTER ANAK SEJAK USIA DINI MELALUI PROGRAM PARENTING DI LEMBAGA PAUD (PROGRAM PARENTING BEBASIS KARAKTER)

Oleh: Aniyoga Prawoto

Abstract: Parenting as a continuous process of interaction between parents and their children which includes the following activities: feeding (nourishing), provide guidance (guiding), and protect (protecting) the children when they grow. Character Education is an attempt to develop the basics of good character for children such as child aware of his duty, to develop self confidence, giving praise for accomplishments, not to punish but improve the attitude, not ordered but ask for help, cultivation of motal values and religion, good manners, tolerance, mutual respect, self-reliance, and so on. All of them is intended to shape the character of achild who is not only intelligent and skilled, but also moral, have high confidence, can get along and be able to adapt to any conditions and new environment.
Keywords: parenting program, character based

CERITA TENTANG KEBERANIAN UNTUK MEMOTIVASI ANAK PAUD

Ada sebuah contoh menarik bagaimana mendorong dan memotivasi anak dengan kisah dan cerita agar anak menjadi berani dan tidak takut terhadap sesuatu, anak diajarkan untuk tidak cengeng, tetapi penuh semangat untuk bangkit dari jatuh dan kesedihannya.

Kisah ini dimulai disuatu hari di sebuah kelompok Bermain PAUD….

DILEMATIKA MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG (CALISTUNG) DI PAUD DAN TK

Calistung PAUD, Anak Belajar Calistung
Lagi-lagi persoalan Membaca, menulis dan berhitung atau biasa disingkat dengan CALISTUNG, sepertinya sudah harus melekat dan tidak bisa lagi dipisahkan dari Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Dari tahun ke tahun, masalah yang sama selalu muncul. Juga pertanyaan yang sama selalu ditujukan pada guru, penyelenggara sekolah atau praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Mengapa di sekolah ini anak saya hanya bermain? Kapan belajarnya? Kapan anak saya bisa membaca? Apakah sekolah ini akan menjamin anak saya bisa membaca? Begitulah kira-kira pertanyaan yang selalu muncul hampir di setiap saat. Membaca, menulis dan berhitung, seakan-akan menjadi satu-satunya hal terpenting dalam pendidikan bagi anak usia dini. Menjadi tolok ukur apakah satu lembaga pendidikan anak usia dini diminati orang tua atau tidak. Laris manis atau kekurangan murid.

MENGEMBANGKAN KEGIATAN OUTBOND PAUD YANG BERBASIS ALAM SEKITAR

anak bermain disawah, Outbond PAUD,Program Outbond
Mungkin tidak salah sebuah pendapat yang menyatakan "mau anak pintar, cerdas, berkarkter dan memiliki kemampuan fisik dan motorik yang bagus, kembalilah ke alam. Salah satu pendidikan anak yang bagus adalah mendidik anak melalui alam dan kembali ke alam, anak didik untuk mencintai lingkungan sejak usia dini. Itulah yang akan diperoleh dari kegiatan pendidikan anak PAUD yang berbasis alam. Di lembaga PAUD yang mengembangkan pendidikan anak berbasis alam, anak-anak di ajak bermain khas Outbound dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar, misalnya anak dapat diajak menanam padi, menangkap ikan, memanen buah-sayur, berenang dikali, membuat hiasan pakaian dari daun dan kegiatan lain yang bersentuhan dengan alam sekitar.

TIPS MENGATASI DILEMATIK PERILAKU DAN SIKAP NAKAL ANAK

Dalam mendidik anak, adakalanya kita sebagai orang tua dan pendidik PAUD menghadapi dilema terhadap perilaku negatif dalam mendidik dan membimbing anak-anak kita, berikut beberapa tips untuk mengalihkan anak dari perilaku dan sikap yang berada pada situasi dilematis menjadi konsep yang membangun dan bermanfaat bagi perkembangan anak sebagai berikut :

CARA BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS DENGAN BERMAIN UNTUK ANAK PAUD TK

Membaca Menulis, Belajar anak PAUD, Anak TK
Metode membaca dan menulis yang selama ini dilaksanakan di sebagian besar lembaga PAUD dan TK, masih menggunakan metode lama yaitu mengeja dan mendektekan hurup dan angka. Cara ini sangat tidak sesuai dengan perkembangan anak, bahkan ada sebagian yang berpendapat cara ini menzalimi anak merampas hak-hak anak di usianya yang masih memerlukan kegiatan bermain ini. Karena itu diperlukan cara dan metode belajar untuk anak yang sesuai dengan tahapan usia dan perkembangannya yaitu kegiatan belajar dengan bermain, belajar membaca dan menulis dengan bermain. 

PERMAINAN TRADISIONAL KLASIK BALOGO ANAK BANJARMASIN

Permainan Tradisional, Alat permainan, Permainan Balogo
Ketika penulis kebetulan lewat jalan di salah satu Gang kampung di kota Banjarmasin, ada sesuatu yang menarik perhatian penulis, sekelompok anak yang terlihat asik bermain permainan yang oleh anak-anak setempat disebut permainan "Balogo" dengan alat mainnya disebut "Logo". Dengan kamera HP Nokia Asha 305 yang cuma 2 Mega Pixel yang kebetulan dibawa, penulis coba rekam aktivitas tersebut dalam foto-foto yang sederhana, hemm,,lumayan hasilnya.  

CARA MEMBUAT BONEKA JARI SEDERHANA UNTUK ANAK TK PAUD

Bermain Boneka Jari, Membuat Boneka Jari.
Pengertian boneka adalah tiruan bentuk manusia, bentuk binatang, kartun dll. Jadi sebenarnya boneka merupakan salah satu model perbandingan dengan makhluk hidup yang sesungguhnya. Boneka sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan cara dimainkan dalam sandiwara-sandiwara boneka. Sejak tahun 1940-an pemakaian boneka sebagai media pendidikan menjadi populer dan banyak digunakan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan di Amerika. Di Eropa seni pembuatan boneka telah sangat tua dan sangat populer serta lebih tinggi tingkat keahliannya dibandingkan di Amerika. Untuk keperluan sekolah dapat dibuat boneka yang disesuaikan dengan cerita-cerita jaman sekarang. Untuk tiap-tiap daerah pembuatan boneka ini disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing.
Fungsi boneka adalah selain sebagai media pembelajaran,boneka juga sebagai perantara alat komunikasi,menangkap daya pikir anak,mengembangkan daya visualnya serta anak dapat berimajinasi dengan senangnya dia belajar. Boneka jari adalah Boneka yang dibuat dengan bentuk ukuran yang kecil untuk digunakan dengan jari, sesuai dengan namanya boneka ini dimainkan dengan menggunakan jari-jari tangan dengan Kepala boneka diletakkan pada ujung jari kita.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PERMAINAN ANAK DAN DAMPAKNYA PADA ANAK USIA DINI

Permainan anak PAUD, Tekanologi PAUD, TIK PAUD, Game Anak Usia DiniPerkembangan teknologi informasi dan komputer saat ini berkembang begitu luar biasa. Perkembangan ini sangat membingungkan oleh sebagian masyarakat, mereka menganggap hampir sampai tidak masuk akal. Teknologi komputer sudah mengalami perkembangan sangat pesat pada tahun 1960 -1970an, hingga mencapai tahapan puncak dengan teknologi komputer virtual dan Gatget Androit dengan kecepatan tingkat tinggi di abad millenium ini.

Teknologi komputer dan IT canggih saat ini tidak hanya dikenal oleh orang dewasa saja, anak-anak usia dini pun sudah mulai mengenal teknologi ini. Secara tidak langsung, teknologi komputer yang terus berkembang ini membawa dampak bagi perkembangan anak usia dini. Apapun Dampak positif ataupun negatif yang ditimbulkan adalah konsekuensi karya cipta teknologi baru, tetapi apapun itu pasti kembali lagi pada cara penggunaan dan pemanfaatan teknologi komputer yang dipakai user sendiri dalam hal ini orang tua yang memberikan anak komputer tersebut.

PILAR KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Berikut ini adalah 3 (tiga) pilar karakter utama untuk anak dalam program Pendidikan Anak Usia Dini / PAUD. Tiga pilar ini merupakan pencapaian yang diharapkan bagi pengembangan pendidikan karakter anak usia dini yang dilakukan dilembaga-lembaga PAUD yang meliputi Pilar karakter Kejujuran, Pilar karakter Disiplin, Pilar karakter Percaya diri. Pejabaran dan isi masing-masing Pilar karakter tersebut adalah sebagai berikut :

LAMBANG DAN LOGO PAUD ARTI DAN MAKNANYA

Lambang, logo atau Simbol secara etimologi adalah berasal dari kata symballo dari bahasa Yunani. Symballo artinya kurang lebih melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau konsep objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan. Simbol ini dapat menghantarkan seseorang ke dalam gagasan atau konsep masa depan maupun masa lalu. Simbol adalah gambar, bentuk, atau benda yang mewakili suatu gagasan, benda, ataupun jumlah sesuatu. Meskipun simbol bukanlah nilai itu sendiri, namun simbol sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan penghayatan akan nilai-nilai yang diwakilinya. Simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja. diantaranya; ilmu pengetahuan, kehidupan sosial, juga keagamaan dan kepercayaan.

MANFAAT 15 MENIT MEMBACAKAN CERITA DAN DONGENG KEPADA ANAK

Membacakan cerita atau dongeng untuk anak kita memiliki lusinan manfaat yang akan sangat berguna bagi masa depan anak. Ikatan emosional yang terbangun akan memperkuat kecerdasan emosional, dengan cerita yang dihadirkan akan merangsang daya imajinasi anak yang memupuk kreativitas dan ide-ide baru menjadi inovasi yang membawa manfaat bagi orang lain. Bercerita juga bertujuan menanamkan pesan-pesan atau nilai-nilai sosial, moral dan agama yang terkandung dalam cerita tersebut, sehingga anak dapat menghayati dan menjalankan nilai-nilai itu dalam kehidupan sehari-hari.

10 TIPS MENGAJAR YANG BAIK UNTUK GURU PENDIDIK PAUD

Tips cara mengajar PAUD yang baik
Dalam kegiatan pembelajaran di PAUD terdapat beberapa teknik dan cara mengajar yang baik yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pendidik PAUD, teknik dan cara mengajar yang baik ini menyangkut kompetensi dan kemampuan profesional yang harus dimiliki seorang pendidik dalam kegiatan pembelajaran dan pengasuhan anak usia dini. Berikut ini ada beberapa tips mengajar dan mendidik yang baik dalam kegiatan pembelajaran dan pengasuhan di PAUD yaitu :

Cari Tulisan