PENGERTIAN EVALUASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

anak Usia dini berkembang
Evaluasi merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di dalam dunia pendidikan. Evaluasi merupakan bagian yang penting dalam pendidikan, hal ini mengingat dengan evaluasi akan dapat mengetahui bagaimana proses pendidikan dilaksanakan, faktor-faktor apa yang menghambat maupun yang mendorong pencapaian tujuan pendidikan, bahkan dengan evaluasi dapat mengetahui tingkat keberhasilan suatu kegiatan pendidikan. 

Evaluasi merupakan prosedur sistematis yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah diatur dengan baik. Karena pelaksanaan evaluasi yang baik akan mendapatkan informasi yang akurat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 

TUNJANGAN SABUN UNTUK GURU PENDIDIK PAUD

Seperti hari-hari biasa, kemarin saya bertemu lagi pendidik TK PAUD, tapi hari ini pengamatan saya kok berbeda dari biasanya, mungkin juga sudut pandang yang terjadi agak berbeda juga dari materi pelatihan yang sering saya berikan tentang penampilan guru pendidik PAUD yang baik. Dalam materi saya sering menyampaikan dan menekankan kepada para guru pendidik TK PAUD bahwa mereka adalah model bagi anak dalam hal penampilan terutama dari segi cara berpakaian. Jadi mereka harus selalu berpakaian rapi dan bersih agar anak-anak meniru kerapian dan kebersihan ini.

KEGIATAN BERMAIN PERAN PAWAI/ PARADE UNTUK ANAK PAUD

Bermain Peran Macro Pawai/ Parade PAUD
Parade Anak PAUD Rumah Belajar Senyum RBS Banjarmasin
Kegiatan Pawai/ Parade Untuk Anak PAUD dilakukan dalam dua bentuk kegiatan yaitu : dalam kegiatan Bemain Peran Macro dan Kegiatan Pawai/ Parade sebenarnya pada acara-acara PAUD di daerah.

Untuk kegiatan Bemain Peran Macro Pawai/ Parade dilakukan di tempat atau di kelas PAUD dengan dibimbing guru dan pendidik dengan cara dan langkah-langkah sebagai berikut:

SEGULUNG TISU UNTUK ANAK-ANAK DI PAUD

Dalam sebuah pelatihan TOT Pendidik PAUD Angkatan Pertama awal, dahulu sekitar tahun 2007 di kota Semarang, saya bersama peserta lain pernah mendapat tugas dan pertanyaan dari salah satu narasumber, pertanyaannya adalah:  Sebutkan sepuluh benda yang paling penting di lembaga PAUD? dari kesepuluh benda tersebut ternyata salah satunya adalah tisu. Kok tisu? jawabannya karena dalam tisu terdapat aspek-aspek penting dalam pendidikan dan pembinaan karakter anak usia dini. 

CARA DAN LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PROGRAM PARENTING BERBASIS KARAKTER

Parenting Metting PAUD
Parenting Metting PAUD RBS
Pelaksanaan parenting berbasis karakter di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) harus dilaksanakan berdasarkan program yang terencana dan terarah. Program parenting berbasis karakter ini melibatkan berbagai komponen yang ada di lembaga, baik pengelola, guru pendidik, dan orang tua. Adapun cara dan langkah-langkah pelaksanaan program parenting berbasis karakter ini meliputi hal-hal sebagai berikut :

1. Persiapan

Persiapan dilakukan membentuk kepanitian secara terarah. Panitia yang sudah terbentuk segera bekerja dengan menyiapkan saran dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program sesuai dengan jenis-jenis program parenting yang akan dikembangkan dari hasil identifikasi kebutuhan. Masing-masing seksi berfungsi sesuai dengan uraian tugas masing-masing (job description) yang sudah disusun. 

7 TIPS CARA MENGAJAK ANAK USIA DINI YANG SUSAH MANDI

Anak dikamar Mandi
Anak-anak terutama yang berusia KB dan TK sering susah diajak mandi, kita kadang harus berkali-kali menyuruh dan mengajak mereka agar mau di ajak ke kamar mandi, bahkan sering anak sampai berlari-larian dan terjadi kejar-kejaran orang tua dengan anak hanya untuk membawa mereka ke kamar mandi. Berikut beberapa tips dan cara mengajak anak agar mau mandi dengan senang dan sukarela, hingga akhirnya anak terbiasa mandi dengan sendirinya.

1. Ajak anak bermain bukan Mandi

Setiap kali kita mengajak anak mandi sampaikan pada anak, kegiatan kekamar mandi itu adalah kegiatan bermain yang menyenangkan, untuk sementara jika mengajak anak mandi katakan "kita main air dikamar mandi yok". Anak pasti akan dengan senang hati mengikuti kita.

ANAK KUCING DI ATAS PELAPON

Cerita nyata ini menjadi topik perdebatan seru dan menarik setiap kali saya ceritakan disela-sela memberikan materi di pelatihan guru dan pendidik PAUD. Cerita ini mengilustrasikan gambaran tentang bagaimana asal muasal anak yang nakal, dan perilaku kasar anak terhadap orang lain di sekolah. Anak-anak nakal ini terutama adalah anak-anak dari lingkungan keluarga yang tinggal di daerah kumuh, perumahan rapat dengan latar belakang masyarakat yang berpendidikan rendah.

Saya beri saja judul ceritanya "Kucing di atas Pelapon".

Ceritanya : Kucing betina milik anak saya yang sudah beberapa bulan ini terlihat hamil, sudah melahirkan, perutnya sudah terlihat mengecil, tapi semula kami bingung karena anaknya yang dilahirkan tidak terlihat dimanapun. Hingga akhirnya anak saya menemukannya di belakang lemari buku. Ada 4 ekor anak kucing yang lucu-lucu, 2 ekor terlihat cantik seperti ibunya mempunyai  belang 3 warna, yang membuat kami lebih kegirangan keduanya ternyata berkelamin jantan, menurut orang-orang jika mempunyai kucing jantan belang tiga akan memberikan keberuntungan alias hoki pada pemilik rumah.. katanya...entah betul atau tidak?.

Kamipun memindahkan kucing-kucing kecil itu keruang tengah, kami buatkan kandang dari kardus bekas. Semula kucing-kucing itu terlihat nyaman di sana hingga besoknya kami jadi kaget kucing-kucing kecil itu beserta induknya tidak ada lagi dikandangnya. Kami menemukannya kembali di belakang lemari buku, si induk terlihat tegang dan terengah-engah seperti takut dengan sesuatu, ini terlihat juga dari tatapannya yang penuh curiga dan waspada kepada kami. Saya berfikir rupanya kucing-kucing ini tidak mau dipindahkan dari daerah rak buku ini, mungkin di sini lebih nyaman bagi mereka, akhirnya kandang yang kami buat, kami pindahkan ke situ.

Ketika esok harinya kami semua sangat terkejut! terutama anak saya sedih sekali mendapati dua ekor anak kucing yang belang tiga mati, badannya penuh berlumuran darah, bahkan yang satunya sangat menggenaskan mati dengan kepala hampir putus. Sementara induk dan dua ekor anaknya yang lain tidak terlihat dimanapun. Kami sudah mencari sekeliling rumah tapi tidak kami temukan. 

Kembali ke TKP..(eh kaya kejadian kriminalitas aja..hehe...) setelah kami selidiki kematian korban rupanya akibat perbuatan dari kucing jantan milik tetangga di depan komplek, dari data dan analisis lapangan di temukan memang sudah jadi kebiasaan dan hukum alam, kalo kucing jantan belang tiga yang lahir jarang yang dapat bertahan hidup lama, karena pasti kucing jantan besar akan memburunya untuk dibunuh, menurut pengalaman orang-orang tua katanya kalo kucing jantan belang tiga sudah dewasa ia akan menjadi peguasa daerahnya, kegagahan dan ketampanannya akan memikat semua kucing betina, dan kekuatannya akan mampu mengusir kucing jantan lain, pokoknya ia akan menjadi raja segala raja kucing.... karena itulah kucing-kucing dewasa menjadi resah dan takut sehingga berusaha membunuhnya ketika kucing itu masih kecil...itulah hukum rimba rupanya.

Sejak kejadian pembunuhan, kami sudah kehilangan kucing betina dan dua ekor anaknya yang tersisa, sudah kami cari kemana-mana tidak ditemukan, akhirnya kami berkesimpulan kucing betina ini pasti pergi jauh membawa anaknya ketempat yang lebih aman. Hingga suatu hari setelah hampir dua minggu sejak kejadian saya mendengar ada suara yang aneh di atas pelapon rumah kami. Ketika saya periksa di situ ada seekor anak kucing berwarna kuning, dalam posisi yang gelap dan sempit dipelapon ia menatap saya dengan tajam, perlahan saya dekati dan saya raih untuk mengambil membawanya turun. Tapi sungguh tidak diduga kucing itu melakukan perlawanan, ia seperti siap menerkam, mencakar dengan mulut yang tebuka lebar, suara dari mulutnya terdengar mendesis terasa menakutkan. 

Saya berkesimpulan selama dua minggu di atas pelapon, mulai sejak kucing ini masih kecil, dia harus berjuang untuk mempertahankan dirinya sendiri dari sesuatu, mungkin dari tikus-tikus besar yang sering terdengar berlari lewat di atas pelapon rumah kami itu.

Dengan handuk kecil barulah saya bisa menangkap anak kucing itu, membawanya turun dan memasukannya kedalam kotak yang sudah disediakan. Di bawah kami memeliharanya, tiga hari pertama kucing itu masih telihat ganas dan liar, tidak bisa disentuh sedikitpun, induknya tiba-tiba juga datang, dengan perlahan kami melakukan pendekatan, membiasakan mengelus kepalanya dan memegang badannya, hingga pada hari ke delapan barulah kucing kecil tersebut terlihat jinak dan mau digedong oleh anak saya.

Dari cerita pengalaman di atas, bisa bunda simpulkan sendiri, mengapa anak-anak kita di sekolah ada yang bersikap liar susah diatur, memang perlu waktu dan kesabaran secara perlahan untuk membantu mereka untuk berubah...

...children are fireflies in the dark night....

Dari Postingan original by asolihinskb  - http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/, terimakasih sudah berkunjung.

INSTAGRAM UNTUK BERBAGI PENGALAMAN DAN AKTIVITAS PAUD


Sekarang sedang ramai dan trend penggunaan instagram, banyak foto-foto menarik di internet khususnya di jejaring sosial seperti Facebook dari hasil olah foto melalui instagram ini. Karena itu penulis berpikir mengapa kita tidak memanfaatkan instagram ini juga untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui foto-foto kegiatan di lembaga-lembaga PAUD kita diseluruh Indonesia.

CARA MENGENALI ANAK AUTIS DAN AUTISME PADA ANAK USIA DINI

Mengenali gejala anak autis
Menurut Wikipedia: Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang dialami sejak lahir ataupun saat masa balita. Karakteristik yang menonjol pada seseorang yang mengidap kelainan ini adalah kesulitan membina hubungan sosial, berkomunikasi secara normal maupun memahami emosi serta perasaan orang lain. Autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan yang merupakan bagian dari Kelainan Spektrum Autisme atau Autism Spectrum Disorders (ASD) dan juga merupakan salah satu dari lima jenis gangguan di bawah payung Gangguan Perkembangan Pervasif atau Pervasive Development Disorder (PDD). Autisme bukanlah penyakit kejiwaan karena ia merupakan suatu gangguan yang terjadi pada otak sehingga menyebabkan otak tersebut tidak dapat berfungsi selayaknya otak normal dan hal ini termanifestasi pada perilaku penyandang autisme.

SALAM MENTARI

Jendela PAUD
Mentari pagi yang mengintip masuk dari jendela kecil di sekolah, cahayanya menyinari bangku dan meja kecil kosong, seolah mengucap "selamat pagi anak-anak!". Dengan senyum tulusnya mentari selalu setia pada janji untuk hadir esok hari menemani anak-anak ku bermain di Taman ini. 

MANFAAT SENI KERTAS ORIGAMI DAN KIRIGAMI UNTUK ANAK

seni kertas, origami, kirigami, pajangan origami
Kata Origami adalah berasal dari bahasa Jepang dengan kata “ori” yang berarti “lipat”, dan “kami” yang berarti “kertas” merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

TIMANG-TIMANG ANAKU SAYANG

Terkenang kembali lagu lama dari ayah untuk anaknya yang sangat  indah di bawah ini :


Timang Timang Anakku Sayang

Timang timang anakku sayang
Buah hati ayahanda se orang
Jangan menangis dan jangan merajuk sayang
Tenanglah tenang di dalam buian

Betapakah hati kan ria
Ingat kau begurau dan ketawa
Semogalah jauh dari marabahaya sayang
Riang gembira sepanjang masa


Setiap waktu ku berdoa
Pada Tuhan Yang Maha Kuasa
Jika kau sudah dewasa
Hidupmu bahagia sentosa

Timang timang anakku sayang
Kasih hati permata ayahanda
Tidurlah tidur pejamkan mata sayang
Esok hari bermain kembali

Esok hari bermain kembali ( 4X )



Dalam lagu ini ada harapan dan do'a yang dipanjatkan untuk anak kita tercita, pesan dan pelajaran yang berharga untuk generasi yang akan datang dari seorang ayah, ditanamkan sejak usia dini. Lagu ini dengan musik yang beat-nya lambat sangat menenangkan jiwa bagi anak tercinta maupun ayah yang menyanyikannya. Eh...para ayah perlu juga sering-sering bersikap lembut, agar anak merasakan kelembutan cinta dan kasih sayang yang lengkap dan penuh semangat.

....Let dad be gentle and compassionate...


METODE MONTESSORI

Maria Montessori dan metode
Banyak para guru dan pendidik sekarang yang kurang memahami bahwa beberapa metode yang sedang berkembang sekarang adalah metode yang sudah lama diterapkan, pada kenyataan metode-metode yang ada dewasa ini, merupakan pengembangan dari metode pendidikan yang dikembangkan dari teori-teori pendidikan dan perkembangan anak para ahli jaman dulu. Salah satu teori tersebut adalah teori dari Metode Montessori.  Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

KEGIATAN TOT TRAINING FOR TRAINER PAUD

Mari ikuti kegiatan training for trainer Untuk guru PAUD, Dosen PAUD, Trainer Pendidikan Pengelola dan Owner PAUD yang dilaksanakan di Gedung Silaturahmi Pencinta Anak Yogyakarta pada tanggal 29 sampai dengan 30 Maret 2014. 

Adapun Materi yang akan diberikan antara lain:
  • Trik mudah membuat lagu berkarakter untuk anak (prkatek 80%)
  • Teknik bercerita yang mudah dan jurus jitu membuat suara-suara hewan, kendaraan, dan lain-lain
  • Trik dan Tips Magic Education
  • Trik dan Tips membuat kreatifitas APE dan pembelajaran PAUD
  • Cara mentransfer materi pelatihan dengan humor dan asyik
  • Game-game motorik untuk anak Usia Dini/Outbond for kids
  • Seni Kertas (Kirigami dan Origami).

KUMPULAN LENGKAP LAGU-LAGU DAERAH UNTUK ANAK PAUD

Lagu daerah, lagu anak
Lagu-lagu daerah harus kita kenalkan kepada anak sejak usia dini, sebagai salah satu warisan budaya luhur yang harus kita lestarikan. Anak sebagai generasi penerus wajib dikenalkan dengan lagu-lagu daerah ini, karena dengan lagu-lagu daerah anak dapat mengenali, memahami dan mencintai budaya bangsanya, menjadikannya sebagai jati diri anak bangsa. Berikut ini kumpulan lagu-lagu daerah yang dapat kita kenalkan dan nyanyikan bersama anak-anak dalam berbagai kesempatan atau acara di lembaga-lembaga PAUD misalnya untuk mengisi acara perpisahan anak yang lulus.

ANAK PAUD DAN SAMPAH

Buang sampah untuk anak PAUD
Sampah memang sudah menjadi masalah dimana-mana, siapa saja pasti tidak suka dengan kejelekan dan kekotoran sampah yang berhamburan, herannya walaupun orang tidak suka tetapi tetap saja mereka menghambur-hamburkan sampah dimana-mana, ditempat yang seharusnya indah, bersih dari sampah, kok malah jadi tempat pembuangan sampah.

Setiap pagi seorang guru pendidik yang TK PAUDnya tepat berada dipinggir jalan mengeluh karena harus menyapu membersihkan halaman hingga kepinggir jalan. Sampah-sampah pelastik, bungkusan bekas jajanan, dan lain-lain banyak berhamburan hingga masuk ke halaman sekolah.

Suatu pagi ibu guru ini bertanya kepada salah seorang anak yang sedang jajan di luar: "kalo buang sampah dimana?" dengan enteng anak menjawab: "di jalan atau diselokan bu!". Ibu guru kaget, bingung padahal di sekolah sudah diajarkan kalo buang sampah di tempat sampah, tapi kok anak tetap buang sampah di jalan dan selokan. Ternyata inilah yang mereka lihat sehari-hari, Anak-anak ini meniru dari orang dewasa yang membuang sampah sembarangan. Contoh ternyata lebih mujarab dari pendidikan karakter di sekolah.

Untuk pendidikan karakter di PAUD, mengajarkan kebersihan lingkungan dari sampah pada anak marilah kita bersama-sama menyadari, jika kita membuang sampah sembarangan, efeknya bukan hanya kekotoran dan penyakit yang bertebaran dimana-mana, tetapi juga kerusakan generasi penerus yang akan meneruskan perilaku buruk membuang sampah sembarangan. Karena itu sudah saatnya orang dewasa berubah, tidak lagi membuang sampah sembarangan, agar anak-anak kita terhindar dari perilaku buruk ini.

Environmental hygiene is probity, cleanliness is part of faith, kebersihan adalah sebagian dari Iman....!!

PROFIL LEMBAGA PAUD BERPRESTASI 1

PAUD TERPADU SANG PEMIMPIN

PAUD Terpadu Sang Pemimpin adalah lembaga PAUD berprestasi yang mendapat penghargaan dan Predikat juara pertama dalam Lomaba PAUD berprestasi Pada tingkat Kota Banjarmasin dan Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan Tahun 2013. Prestasi ini diperoleh dari hasil kerja keras dan pengabdian seluruh komponen yang ada dilembaga PAUD tersebut yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan Pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini yang terbaik untuk masyarakat.

PAUD Sang Pemimpin Banjarmasin, PAUD Terpadu
Penghargaan PAUD Berprestasi Propinsi Kalsel 2013

ANAK BUKAN AYAM

Anak mengemis, anak dijalanan, anak korban orang tua
Alangkah miris dan menyedihkan melihat banyak anak kecil di jalanan, bebas tanpa pengawasan orang tua, bahkan ada anak yang mengaku sengaja dilepas kejalan oleh orang tua untuk menjadi peminta-minta, pengemis jalanan,  pengamen dan pemulung. Orang tua kejam macam apa ini, apakah kemiskinan sudah menumpulkan rasa sayang terhadap anak, hingga anak jadi objek untuk mencari keuntungan materi semata. Orang tua seperti ini sudah menjadi gila kejam terhadap anak, tidak perduli kesehatan dan keselamatan anak, mereka biarkan anak mengemis dijalanan, mengais-ngais sampah, mencari remah-remah untuk sekedar dimakan. 

CARA MENGENALKAN DAN MENGAJARKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI

Anak Belajar Bahasa Inggris, Bahasa Inggris Anak
Banyak orang tua mendambakan anaknya memiliki kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris sejak anak masih diusia dini. Ini tidaklah salah karena menurut teori dan hasil penelitian, usia anak-anak adalah usia yang baik untuk anak mulai belajar bahasa asing. Para ahli berpendapat bahwa kemampuan berbahasa seperti halnya kemampuan berjalan, merupakan bagian dari perkembangan anak yang dipengaruhi oleh kematangan otak. Para ahli juga menjelaskan bahwa beberapa bagian neuroligis tertentu dari otak anak memiliki hubungan dengan perkembangan bahasa, sehingga kerusakan pada bagian tersebut dapat menyebabkan hambatan bahasa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara alami anak sudah memiliki kemampuan bahasa dan komunikasi mulai sejak anak lahir.

MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PAUD RUMAH SEDERHANA DARI BARANG BEKAS

APE Rumah, Media Pembelajaran PAUD,
Ceritanya ni, coba-coba mau bikin rumah-rumahan sederhana buat anak-anak di PAUD dengan memanfaatkan barang bekas yang tersedia. Rencananya bentuk rumah meniru bagian salah satu rumah adat di kalimantan.  Kebetulan di rumah ada sisa-sisa kayu yang tidak terpakai, kardus bekas kipas angin, ada stik es cream tapi harus beli tambahannya karena masih kurang. Sebenarnya ini tanpa perencanaan, engga di desain dulu, pake ilmu kira-kira aja. Jadi dibikinnya dengan penuh perasaan dan estetika alami murni dari hasil rekaman otak aja..hahaha..

ASPEK-ASPEK DAN CIRI FISIK PERKEMBANGAN ANAK TK (TAMAN KANAK-KANAK)

Perkembangan anak TK, Fisik Anak TK, Taman kanak-kanak
Anak PAUD Istiqlal
Dalam masa-masa golden age anak usia dini, anak akan mengalami perkembangan yang sangat drastis dimulai dari perkembangan berpikir, emosi, motorik, fisik serta sosial. Aspek-aspek penting perkembangan anak TK Taman kanak-kanak meliputi aspek perkembangan Kognitif, aspek pekembangan Fisik, dan aspek perkembangan bahasa:

KUMPULAN GAMBAR DAN FOTO PAPAN NAMA LEMBAGA PAUD


Berikut ini adalah gambar dan foto-foto papan nama lembaga PAUD TK/RA, KB, TPA. Foto-foto tersebut sebagian adalah hasil jepretan kamera penulis dan sebagian lagi adalah foto-foto yang penulis dapatkan dari browsing di internet. Beragam bentuk tampilan dengan gaya, kreasi-variasi, dan kondisi papan nama ini seperti bercerita bagaimana denyut kehidupan lembaga-lembaga PAUD kita. Silakan langsung saja dilihat jika berminat, semoga bermanfaat, baik untuk yang mau mencontoh bikin papan nama PAUD yang baru dibuka, atau yang mau bikin papan namanya saja yang baru untuk mengganti yang lama, silakan!.

PAUD TERPADU ISLAMI INSAN KASIH


PAUD TK AL-BADARIYAH BANJARMASIN


PAUD TK KENANGA CIAMIS


PAUD KB MENTARI


PAUD SATUVISI FOUNDATION


PAUD TK SANG PEMIMPIN BANJARMASIN

PAUD TK RUMAH BELAJAR SENYUM (RBS)



PAUD AL-IKHLAS KEMUNING DEPOK
Lembaga Paud
PAUD INSAN ROBBANI PEKALONGAN


PAUD DI MALUKU
PAUD MELSAIE TUMBUR MALUKU


Lembaga PAUD
PAUD PUSPA PUTIH SAMBAS


Lembaga PAUD
PAUD SEKAR SARI SLEMAN


PAUD AL-MUNAWAROH BANDAR LAMPUNG


TK "KUSUMA BANGSA" BANJARMASIN

TPA/KB/TK "PERMATA BANGSA BANJARMASIN


TK PGRI PENERUS BANGSA BANJARMASIN

Lihat gambar selengkapnya di sini !!

CARA MEMBUAT PAPAN NAMA LEMBAGA PAUD YANG BAIK

Bermacam-macam bentuk papan nama lembaga PAUD kita temukan di berbagai tempat dan daerah, dari yang bentuknya sederhana hingga yang terlihat mewah dengan warna warninya. Kondisinya pun sekarang beragam, ada yang masih terlihat baru dan ada pula yang sudah sangat kusam karena tulisan, cat warna dan papanya terkelupas diterpa hujan dan panas. Ini sama dengan sebuah lembaga PAUD sendiri yang diterpa berbagai masalah, tetapi masih tetap kokoh bertahan. 

HAKEKAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Anak Usia Dini, Hakekat Pembelajaran PAUD, Pembelajaran PAUD
Pada kegiatan pembelajaran anak usia dini, terdapat kekhasan dan karakteristik tersendiri dibandingkan dengan pembelajaran untuk anak usia sekolah. Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini mengutamakan pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak diusia emas (golden age) yaitu bermain sembil belajar dan belajar sambil bermain. Secara sederhana prinsip pembelajaran anak ini untuk memotivasi anak itu sendiri untuk mengetahui sesuatu secara lebih mendalam dan intens, dan secara spontan anak dapat mengembangkan kemampuannya.

GAMBARAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK DI INDONESIA

Pendidikan anak Indonesia agak nya harus menjadi bahan perenungan yang mendalam, kita semestinya mengernyitkan dahi lebih berat lagi. Karena kondisi pendidikan anak Indonesia dalam tingkat yang masih memperihatinkan. Jika kita lihat dari hasil test tentang pendidikan anak kita di Indonesia berikut ini:



Dari hasil di atas terlihat Indonesia terletak pada posisi di kanan bawah. Jadi secara ranking test, Indonesia hanya satu tingkat berada di atas Peru yang memiliki kualitas pendidikan sekolah terendah. Untuk urusan pendidikan kita sangat rendah, tapi untuk urusan happy-happy-an, Indonesia sangat luaaaaaaar biasa..hihihi.. Bagaimana menurut anda.. ayah dan bunda?

Sumber :  www.buzzfeed.com/  atau di sini!!



STANDAR KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Standar Kompetensi PAUD, Anak Paud
Kegiatan lembaga Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan acuan kurikulum dan menu pembelajaran yang telah ditentukan. Pengembangan aspek-aspek pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini harus mengacu pada standar kompetensi anak usia dini antara lain sebagai berikut.

1. Moral dan nilai-nilai agama

Nilai-nilai agama dan moral yang diajarkan pada anak usia dini adalah perilaku positif, kemandirian, disiplin, kejujuran dan perilaku lainnya. Kegiatan pembiasaan yang berhubungan dengan nilai-nilai agama juga harus diberikan, seperti penguasaan terhadap do’a-do’a sehari-hari.

2. Fisik/motorik

Dalam hal ini pendidik harus mampu merangsang perkembangan fisik dan motorik anak sesuai dengan usia perkembangannya. Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai permainan-permainan edukatif.

3. Sosial dan Emosional
Anak dididik untuk dapat mengembangkan kemampuan sosial melalui proses sosialisasi. Melalui aspek ini anak dibekali dengan kemamuan memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapinya, tentunya melalui proses pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus.

4. Bahasa

Dalam aspek ini, anak didorong untuk menguasai kemampuan berkomunikasi sesuai dengan masa perkembangannya. Kemampuan berbahasa dilihat dari usia perkembangan anak dapat dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode prelinguistik (0-1 tahun) dan periode linguistik (1-5 tahun).

5. Kognitif

Perkembangan kognitif anak biasanya mengacu pada pendapat Piaget yang membagi perkembangan kognitif anak menjadi empat tahapan, yaitu periode  sensorimotorik (usia 0-2 tahun), periode praoperiosaional (2-7 tahun), periode operasional konkrit (7-11 tahun) dan periode operasional formal (usia 11 sampai dewasa).

6. Seni

Kemampuan di bidang seni dapat dikembangkan dalam musik, seni tari, seni gambar dan keterampilan lainnya yang memberikan kemampuan seni estetik dan artistik kepada anak usia dini.

Demikian standar kompetensi dalam pembelajaran untuk anak usia dini, semoga bermanfaat, Terimakasin.


Sumber : Bahan TOT pendidik PAUD dirjen Paudni-PNFI tahun 2010.

10 PESAN UNTUK ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK DI RUMAH

Pesan PAUD, orang tua anak, Mendidik Anak
Dalam pendidikan anak usia di lembaga PAUD, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk bekerja sama dalam mendidik anak. Selama ini banyak orang tua yang hanya menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada lembaga, sementara di lembaga kesempatan anak untuk mendapatkan pendidikan hanya sedikit dari prosentasi waktu yang ada  padahal kesempatan pendidikan yang terpenting adalah pendidikan yang dimulai dari keluarga dan lingkungan anak di rumah. Orang tualah yang harus berperan lebih besar dalam membimbing, mendidik dan mengasuh anak di rumah.

CARA MERENCANAKAN EVALUASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Evaluasi PAUD, Catatan Anekdot
Agar kegiatan evaluasi dapat dilaksanakan dengan baik, tentunya diperlukan perencanaan evaluasi. Hal-hal yang harus dilakukan dalam merencanakan evaluasi perkembangan anak usia dini, terdiri atas: (1) menentukan tujuan evaluasi, (2) menentukan ruang lingkup evaluasi, (3) menentukan metode/teknik evaluasi, (4) mengembangkan instrumen evaluasi, (5) menentukan cara mengintepretasikan hasil evaluasi, dan (6) menentukan cara melaporkan hasil evaluasi.

1) Menentukan Tujuan Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini

Tujuan evaluasi merupakan hal yang sangat penting, mengingat tanpa tujuan yang jelas, maka evaluasi yang dilakukan tidak memiliki arti. Untuk itu, ketika akan melakukan evaluasi, tentukan tujuan evaluasi secara jelas. Tujuan evaluasi disesuaikan dengan target perkembangan anak pada masing-masing rentangan usia.

KECERDASAN JAMAK (MULTIPLE INTELLEGENCES-MI) PADA ANAK USIA DINI

Anak adalah sosok manusia yang unik, menyimpan banyak potensi sekaligus rahasia dan misteri yang terus tumbuh dan berkembang dalam tahap-tahap perkembangan anak tersebut. Seluruh aspek perkembangan anak, yaitu perkembangan fisik, bahasa, sosial emosional, seni, dan kognitif  secara langsung berkaitan erat dengan pengembangan kecerdasan jamak ini. Anak memiliki kemampuan dan kecerdasan jamak dalam tingkatan yang berbeda dengan orang dewasa, pada tahapan awal perkembangan otak anak lebih pada perkembangan otak kanan, karena itu kecerdasan jamak lebih berorientasi pada bagian ini. Kecerdasan jamak/multiple intelegences yang biasa disingkat "MI" sendiri adalah hasil penelitian dan pemikiran seorang profesor dari Harvard University Gardner (1983), yang berpandangan bahwa dalam diri setiap manusia sebagai individu setidaknya memiliki 8 (delapan) kecerdasan potensial.