CARA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG MENDUKUNG PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Cara menciptakan kondisi dan lingkungan tempat Anak Usia Dini harus merupakan lingkungan yang aktif, yaitu lingkungan yang kaya dengan bahasa. Orang dewasa bisa meletakan banyak kata di lingkungan bermain anak. Di mana-mana anak dapat melihat tulisan sehingga menolong anak dalam mempelajari keaksaraan. Misalnya : kalau ada meja, dapat diberi tulisan " m e j a", dll. Pendidik yang aktif dan kreatif akan membawa lingkungan di luar anak yang kaya dengan bahasa ke dalam pikiran anak dan juga mengeluarkan segala sesuatu yang ada di dalam pikiran anak dan juga mengeluarkan segala sesuatu yang ada di dalam pikiran anak ke luar melalui bahasa yang diucapkan anak. Dengan demikian pengetahuan anak akan terus bertambah.

Selain beberapa hal penting di atas, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa dan mendorong percepatan dalam pemerolehan bahasa anak yaitu :

1. Anak berada di dalam lingkungan yang positif dan bebas dari tekanan. Anak selalu dibiasakan untuk ikut dalam pembicaraan. Bila ada benda yang dibicarakan orang tua dapat menunjuk dan menyebutkan nama benda itu. (Sebagai mana disebutkan di atas, bahwa lingkungan yang kaya bahasa akan menstimulasi perkembangan bahasa anak. Stimulasi tersebut akan optimal jika anak tidak merasa tertekan. Anak yang tertekan dapat menghambat kemampuan berbicaranya. Dapat ditemukan anak gagap yang disebabkan karena tekanan dari lingkungannya.

2. Pandang mata anak saat berbicara. Kontak tersebut mendorong anak aktif berbicara, Menunjukan sikap dan minat yang tulus pada anak. Anak usia dini emosinya masih kuat, karena itu pendidik harus menunjukan minat dan perhatian tinggi kepada anak. Orang dewasa perlu merespon anak dengan tulus.

3. Menyampaikan pesan verbal diikuti dengna pesan non verbal. Dalam bercakap-cakap dengan anak, orang dewasa perlu menunjukan ekspresi yang sesuai dengan ucapannya. Perlu diikuti gerakan, mimik muka, dan intonasi yang sesuai. Misalnya: Orang dewasa berkata, " saya senang" maka perlu dikatakan dengan ekspresi muka senang, sehingga anak mengetahui seperti apa kata senang itu sesungguhnya.

4. Melibatkan anak dalam komunikasi
Orang dewasa perlu melibatkan anak untuk ikut membangun komunikasi. Kita menghargai ide-idenya dan memberikan respon yang baik terhadap bahasa anak.

5. Gunakan ejaan yang benar. Hindari ejaan yang dibuat-buat, seperti cayang, antik ya (sayang, cantiknya).

6. Bicara apa yang benar-benar dilakukan dan dialami anak. misalnya'ayo kita makan ya'. Wah adik kepanasan, mari mama bedaki badannya'

7. Beri respon yang lebih banyak atas pertanyaan anak. Misalnya, saat anak bertanya 'dari mana ma'. Jawab dengan 'mama dari toko di sebelah, ini geli gula untuk teh manis ayah'.

8. Gunakan tata bahasa yang benar dalam berbicara. Hal ini penting karena anak peniru yang unggul.Ia akan terbiasa dengan percakapan sehari-hari misalnya, 'ibu akan memandikan kamu/adik'.

9. Betulkan kesalahan bahasa anak dengan lembut, baik dalam pengucapan maupun susunan. Misalnya, Mama, mam adik nasi. Dengan lembut orang tua mengatakan 'adik mau makan nasi ya'. Hindari mentertawakan ucapan dan dialek anak. Anak akan malu atau justru mengulang-ulang kesalahan itu.

10. Hindari memaksa anak untuk menghafal kata. Sebenarnya anak suka mengulang-ulang kata yang dikenal. Orang tua dapat mendukung aktivitas ini. Tetapi, bila anak enggan orang tua tidak perlu mendorong lagi.  

Demikian cara menciptakan lingkungan yang dapat mendukung perkembangan bahasa Anak Usia Dini, Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber :
Dirangkum dan diadaftasi dari Modul Seri Bahan Ajar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Buku 9 "Komunikasi dalam Pengasuhan anak' Dirjen PAUDNI. 2013  

KUMPULAN LAGU-LAGU BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK TK/ PAUD

DAY
Sunday hari Senin
Tuesday itu Selasa
Wednesday itu Rabu
Thursday itu kamis
Friday itu Jum’at lets go to the mosque
Saturday Sabtu
Sunday hari Minggu.




MY EYES

My eyes… my nouse
My chip… my hand (3x)
My friend clap hand together (prok…prok)...




FRUITS

Watermelon… Watermelon… Papaya… Papaya
Banana… Banana.... Tomato (orange Jus).




ARE YOU SLEEPING

Are you sleeping
Are you sleeping
Brother John ... Brother John...

Morning Bell Are ringing 
Morning Bell Are ringing 

Ding...ding...dong
ding...ding...dong.........  


MY BONNIE

My Bonnie lies
Over the Ocean 

My Bonnie lies
Over the sea  

My Bonnie lies
Over the Ocean 

Oh Bring Back
My Bonnie To Me

Bring Back
Oh Bring Back

Bring Back
Oh Bring Back
My Bonnie To Me
To Me  To Me ...........2X


Twinkle, Little Star

Twinkle, Twinkle, Little Star
Twinkle, twinkle little star
How I wonder what you are
Up above the world so high,
Like a diamond in the sky
Twinkle, twinkle little star
How I wonder what you are


WALKING

Walking ..walking..walking ..walking
jump... jump... jump... jump..
Runing runing runing runing runing runing
Let’s stop now…. let’s stop now

Jalan… jalan… jalan… jalan
Melompat…..melompat…….
Lari…..lari….lari…..lari…lari…lari..
Berhenti…berhenti…..

Row, Row, Row, Your Boat
Row, row, row your boat
Gently down the stream.
Merrily, merrily, merrily, merrily,
Life is but a dream.


Hickory dickory dock

Hickory dickory dock,
The mouse ran up the clock.
The clock struck one,
And down he run,
Hickory dickory dock. 


Baca selengkapnya di sini !!

STANDAR KOMPETENSI GURU DAN PENDIDIK PAUD

Kompetensi Pendidik PAUD TKStandar Pendidik

1. Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Kualifikasi dan kompetensi guru PAUD didasarkan Pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru beserta lampirannya.

Bagi guru PAUD jalur pendidikan formal (TK, RA, dan yang sederajat) dan guru PAUD jalur pendidikan nonformal (TPA, KB, dan yang sederajat) yang belum memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi disebut Guru Pendamping dan Pengasuh.

2. Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendamping

a. Kualifikasi Akademik:
1) Memiliki Ijazah D-II-PGTK dari perguruan Tinggi terakreditasi; atau
2) Memiliki ijazah minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dan memiliki sertifikat pelatihan/pendidikan/ kursus PAUD yang terakreditasi.

b. Kompetensi
Guru dan Pendidik PAUD paling tidak memiliki kompetensi seperti yang dijabarkan dalam Kompetensi dan sub kompetensi berikut ini :

A. Kompetensi Kepribadian
  1. bersikap dan berperilaku sesuai dengan kebutuhan psikoliogis anak
  2. Bersikap dan berperilaku sesuai dengan norma agama, budaya dan keyakinan anak
  3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang berbudi pekerti luhur.
B. Kompetensi Profesional
  1. Memahami tahapan perkembangan anak
  2. Memahami pertumbuhan dan perkembangan anak
  3. Memahami pemberian rangsangan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan
  4. Membangun kerjasama dengan orang tua dalam pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak.
C. Kompetensi Pedagogik
  1. Merencanakan kegiatan program pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan
  2. Melaksanakan proses pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan
  3. Melaksanakan Penilaian terhadap proses dah hasil pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan
D. Kompetensi Sosial
  1. Beradap tasi dengan lingkungan
  2. Berkomunikasi secara efektif 
 

MASUK SD DENGAN MENCURI START DI PAUD MERUGIKAN ANAK

Kali ini admint mencoba menulis ulang sebuah artikel yang menarik dan dapat menjadi bahan renungan bagi terutama para guru, pendidik PAUD, dan orang tua kita, yang menitipkan anak-anaknya di lembag-lembag PAUD khususnya tentang dilematika mengajar membaca dan menulis pada Anak Usia Dini di PAUD dan TK tersebut. sebagai berikut :

Apakah Anda gelisah kalau si 5-6 tahun belum bisa baca tulis dan berhitung?
Kalau jawabannya "ya", selamat bergabung bersama 61,5% responden nakita. Padahal, mereka atau mungkin Anda tahu lulusan TK tidak diwajibkan dapat membaca. Toh ini bak buah simalakama. Kalau si kecil tidak diajarkan membaca, menulis dan berhitung (calistung), bisa-bisa ia tidak lolos tes masuk ke SD favorit.

Memang, sih, seperti dikatakan sebuah sumber di SD swasta favorit, tes calistung bukan merupakan pokok dari keseluruhan tes. Meskipun anak belum mampu calistung bukan berarti dia langsung gagal. "Masih banyak penilaian lain yang akan menentukan apakah anak akan diterima atau tidak," ujar salah seorang staf penguji ini. Misalnya, tes motorik halus, kasar, auditori, visual, daya pikir, dan bahasa. "Hanya, bila anak mampu calistung, maka ada nilai tambah yang mungkin akan membuatnya lebih berpeluang untuk diterima. Kalaupun tidak lulus lebih cenderung karena anak tidak bisa diajak komunikasi, pemalu, egonya tinggi, dan kemandiriannya sangat rendah. Lagi pula tes ini dilakukan mengingat banyaknya peminat yang ingin masuk sehingga mau tidak mau harus ada seleksi."

Hal yang sama juga dilakukan oleh salah satu sekolah favorit yang ada di kawasan Depok. Menurut sumber yang merupakan staf litbang di sekolah tersebut, calistung termasuk tes yang diujikan di sekolah ini. Namun, lanjutnya, kemampuan anak dalam calistung tidak menentukan dia akan diterima di sekolah tersebut. Begitu pula sebaliknya. Jika kemampuan calistungnya bagus tapi kemandiriannya sangat kurang, mungkin saja anak tidak lulus. Boleh dibilang, tes ini hanya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak dalam hal calistung.

Salah satu pengajar SD swasta di Grogol Jakarta Barat pun mengakui tes calistung yang diadakan di sekolah hanya sebagai proses seleksi saja mengingat banyaknya peminat yang ingin masuk. Tentu, seleksi yang dilakukan tidak terlalu formal, tetap memerhatikan sifat anak yang masih ingin bebas dan tidak ingin ditekan.
Terlepas bahwa calistung hanya merupakan salah satu materi tes seleksi SD yang tidak menentukan kelulusan, pada kenyataannya sekolah-sekolah favorit menginginkan murid-murid yang berkompetensi tinggi. Logisnya, kalau bisa menjaring murid yang sudah lancar calistung dasar, untuk apa susah-susah mengajari anak yang kemampuannya lebih rendah?

Lihat saja pelajaran anak-anak kelas 1 SD sekarang. Di minggu-minggu pertama sekolah, mereka langsung dihadapkan pada lembar-lembar padat teks yang menuntut kemampuan membaca. Bayangkan kalau si anak belum mampu dan gurunya menuntut demikian, sudah dapat dipastikan ia bakal merasa tertekan.

Siapa yang salah dalam keadaan ini? Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia yang mencakup kelompok bermain dan taman kanak-kanak sebenarnya tidak mencatumkan pengajaran baca tulis berhitung. Sampai-sampai, Dra. Diah Harianti, M.Psi, Kepala Pusat Bagian Kurikulum Balitbang Depdiknas, menyebut tuntutan calistung di TK dan seleksi masuk SD sebagai "kecurangan". Toh, anjing menggonggong kafilah berlalu. Anak-anak yang sudah mampu calistung mendapat kans lebih besar saat mengikuti tes masuk SD. Inilah bedanya kurikulum dengan kenyataan. Tidak heran kalau kemampuan calistung menjadi target kebanyakan orangtua yang anaknya baru duduk di TK bahkan di playgroup. Alasan mereka, kompetisinya makin ketat, bukan?

Tes seleksi masuk SD pun, kata Diah, amat tidak disarankan karena setiap anak Indonesia wajib bersekolah dan bisa bersekolah di mana pun. Tes masuk hanya untuk mengetahui latar belakang masing-masing murid agar guru dapat memahami kondisi mereka demi tercapainya tujuan pembelajaran kelak. Padahal, di SD-SD favorit berlaku sistem seleksi.

Sayangnya, seperti diakui Diah, tidak ada sanksi untuk pelanggar aturan tersebut. Beberapa SD swasta umpamanya banyak yang sudah menentukan ciri khasnya sendiri. "Pemerintah sebenarnya sudah pernah membuat surat edaran berisi imbauan bahwa tidak boleh ada penyelenggaraan tes masuk SD dan pengajaran baca-tulis di TK. Hanya saja memang tidak ada tindakan berupa sanksi." Alasannya, masing-masing sekolah memiliki hak otonomi, sehingga Depdiknas tidak dapat berbuat banyak. Lo? Jadi, Diah menyerahkan semuanya kembali kepada para orangtua.

Sumber : Disunting dari Majalah Nakita, dengan sedikit perubahan dan penambahan !!.

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PAUD / PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Kuliah umum diklat lanjutan dan seminar nasional Implementasi kurikulum 2013 PAUD dan Pembinaan karir PTK PAUD. Bekerja sama Direktorat Pembinaan PTK PAUD dengan IGTKI-HIMPAUDI Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Banjarmasin pada tanggal 16 Oktober 2014 lalu.  Memberikan beberapa masukan yang berharga terhadap pengembangan kurikulum dan pembinaan Karir PTK PAUD di masa-masa yang akan datang.








Lanjutkan... bapak dan Ibu sekalian, sukses Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia.

JANGAN RUSAK ANAK DENGAN HOROR DAN MISTIK DI RUMAH

horor anak
Bunda--ayah-- jangan takuti anak dengan mistik, baik dengan cerita-cerita maupun dari tayangan film dan video horor. Jauhkan atau bila perlu musnahkan Film kaset, VCD dan DVD horor dan berbau mistik yang ada di rumah. Karena tayangan horor ini tidak akan ada kebaikannya sama sekali untuk keluarga, malah berdampak negatif bagi sikecil yang ikut melihatnya pada televisi anda yang ada dirumah.

Mengapa tayangan Horor dan Mistik merusak bagi anak ?

tayangan horor dan mistik merusak dan memberikan dampak negatif bagi anak karena dapat membuat anak mengalami berbagai resiko penyakit mental, salah satunya yang kita kenal dengan Fobio ; yang merupakan ketakutan pada sesuatu yang tidak beralasan. Ini dapat terjadi karena pengaruh tayangan yang dilihat sikecil yang sangat mempengaruhinya karena tercetusnya rasa takut yang sangat dalam. Sikecil bisa jadi penakut, takut pada bayangan, takut pada bunyi-bunyi tertentu, takut pada kegelapan, takut pada gerakan dijendela dan takut pada orang lain dengan penampilan tertentu.

Mengapa anak dapat begitu ketakutan akibat tayangan-tayang horor dan mistik ini, walaupun ayah dan bunda sudah memberikan penjelasan dan pengertian bahwa itu tidak nyata ananda tetap masih takut setengah mati, hal ini sesuai dengan pemahaman kita pada anak yang tingkat perkembangan dan usia anak yang berada pada tahapan operasional konkret. Pada tahapan seperti ini, anak akan lebih mudah memahami dan mengetahui apapun apabila didekatkan dengan hal-hal yang bersifat kasat mata (terlibat langsung). Logika dan pikirannya belum memungkinkan diajak membahas masalah yang bersifat teoritis karena ruang lingkup wawasan dan pola berpikirnya masih dimulai dari yang terdekat dengan dirinya dan dari yang termudah anak kenal (spiraling curriculum). Kenyataannya dimasyarkat kita anak mudah mengenali hatu dan hal-hal yang menakutkan dari orang-orang yang bercerita disekitarnya.

Rasa keingintahuan (curiosity) yang mendalam dan murni telah dibawa oleh setiap anak yang lahir dalam kondisi normal. Itulah pendorong setiap anak mengajukan berbagai rasa penasarannya terhadap apa yang ditangkap dan dianggap sebagai pengetahuan baru, termasuk jika ia menemukan film atau VCD horor koleksi ayah dirumah, ia akan mencoba melihatnya. Akibatnya anak mendapatkan sebuah rangsangan baru yang memicu rasa takut dan trauma yang berakibat pada jangka pendek maupun jangka panjang ingatannya. Misalnya jika dalam adegan film yang dilihat anak kemunculan hantu disertai dengan guntur dan petir, maka guntur dan pentir dalam kehidupan nyata anak sehari-hari akan dia anggap sebagai pertanda akan kemunculan hantu yang membuat anak ketakutan setengah mati, kita tentu tidak menginginkannya bukan!!.

So..ayah--bunda, jauhkan ananda dari Horor dan mistik ya? biar ananda tidak terhambat pertubuhan mentalnya.

CARA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA UNTUK ANAK PAUD

Matematika anak, anak PAUD dan Matematika, matematika untuk anak PAUD
Pelajaran matematika adalah pelajaran yang dianggap momok dan menakutkan oleh sebagian anak ketika mereka telah memasuki jenjang sekolah. Banyak anak merasa kesulitan mengembangkan kemampuan belajar matematika bahkan ketika sudah memasuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini terjadi salah satunya karena dasar pengembangan pada pendidikan awal diusia dini anak tidak diberikan dan diajarkan matematika sesuangai dengan tahapan perkembang mereka.

Perlu dipahami bahwa mengajarkan matematika pada anak usia dini tidaklah sulit, karena kegiatan ini dapat dilakukan secara alami dalam kegiatan anak sehari-hari, terutama ketika kegiatan main dan bermain anak sedang berlangsung. Misalnya anak dapat melakukan penemuan, menguji, mengkalkulasi, dan menerapkan konsep-konsep yang logis untuk melakukan kegiatan dan tugas-tugasnya. Contoh sederhana Anak belajar untuk menyusun, menggabung dan mengurutkan ukuran dari yang besar dan kecil, dari yang tinggi dan rendah. Misalnya Anak memasukan gelas kecil kedalam gelas yang besar, memasang balok yang lebih ringan dan panjang di atas balok yang berat tapi besar sebagai pondasi. dan sebagainya. Anak juga belajar menentukan jumlah dan bentuk bilangan sederhana dengan benda-benda alam yang ada disekitarnya.

Dari ide-ide seperti atas dapat kita lihat bahwa matematika pada dasarnya adalah suatu yang berkaitan dengan ide-ide atau konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis melalui penaran yang bersifat deduktif, sedangkan permainan pada matematika  dalam pendidikan anak usia dini / PAUD adalah kegiatan belajar mengenal konsep mataematika melalui aktivitas belajar bermain kehidupan sehari-hari secara alami



CONTOH PESAN DAN KESAN PERPISAHAN ANAK TK DAN PAUD

Perpisahan Taman Kanak-kanak Ini memang sangatlah berat setelah lama bersama teman teman dan guru tercinta yang telah memberikan pembelajaran, bercanda, gembira, senang, sedih bersama sama. Kini tibalah hari perpisahan yang banyak memberikan pesan, dan kesan tentang kebersamaan lembaga TK/PAUD ini.  Berikut ini contoh  kesan dan pesan dari ananda semoga dapat dijadikan renungan dalam acara perpisahan lembaga/sekolah :

Pesan:
Ucapkan kasih Sayang kepada semua guru saya, terima kasih untuk semua bimbingan dan kasih sayang mu, ananda tahu ananda punya banyak salah, oleh karena itu atas semua kesalahan ananda sangat menyesal, dan memohon maaf yang sebesar-besarnya, terimakasih atas kesabaran dan ilmu yang telah diberikan bapak dan ibu guru. Semoga Allah membalas Bapak Ibu dengan imbalan yang berlipat ganda.

Kesan:
Sekolah ini telah sangat penting bagi ananda, sekolah ini telah membentuk ananda menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Sekolah telah mengajarkan banyak hal yang sangat bermanfaat untuk masa depan ananda. Ini semua karena para guru selalu ada untuk membimbing ananda, menunjukkan apa yang benar dan yang salah.Selain itu, teman-teman juga sangat membantu dengan penting dalam hatiku. Tanpa mereka, saya belum menjadi apa-apa. Saya yakin besok atau lusa saya akan benar-benar kehilangan waktu indah kita saat bersama-sama dalam perjalanan sejauh ini.

Teman-teman, terima kasih juga untuk waktu kita bersama-sama selama bertahun-tahun. Saya berharap kami telah jalin persaudaraan selama tiga tahun tidak akan terganggu, meskipun kita dipisahkan oleh benua dan negara, dipisahkan oleh jarak ratusan ribu kilometer, tetapi marilah kita tidak pernah melupakan kenangan indah yang telah kita kembangkan kembangkan selama tahunan ini.

CONTOH PIJAKAN SEBELUM MAIN SAAT LINGKARAN YANG SESUAI USIA ANAK.

Bunda dalam BCCT saat lingkaran merupakan kegiatan harian penting di dalam pembelajaran, pada saat itu juga bisa memberikan beberapa penguatan yang sangat bermanfaat kepada anak. Tetapi tahukah bunda bahwa dalam kegiatan Pijakan Sebelum main, ternyata ada perbedaan antara kegiatan Pijakan sebelum main untuk anak Usia 2-3 tahun dengan Pijakan sebelum main  untuk anak usia 3-6 tahun.
   
Saat lingkaran anak-anak dapat melakukan kegiatan antara lain :
Mendengarkan cerita, belajar siapa yang hadir dan tidak, mendiskusikan kegiatan hari ini, berbicara kejadian-kejadian istimewa sehari-hari, mengetahui dan bermain dengan bahan/alat main yang baru di sentra, membahas, aturan main, bernyanyi atau bergerak mengikuti irama.


Berikut ini contoh Pijakan sebelum main di PAUD yang sesuai dengan usia anak :


PIJAKAN SEBELUM MAIN
USIA 2 – 3 TAHUN

  1. Membacakan cerita atau bernyanyi
  2. Mendiskusikan secara singkat dan sederhana aturan bermain (misal: kita menggali pasir atau kita melempar bola).
  3. Memberikan gagasan penggunaan alat/bahan main (misal: truk sudah siap mengangkut pasir)
  4. Membantu anak mengalami interaksi sosial yang positif.

PIJAKAN SEBELUM MAIN
USIA 3 – 6 TAHUN
  1. Membacakan cerita atau bernyanyi
  2. Mendiskusikan secara singkat dan sederhana aturan bermain (misal: kita menggali pasir atau kita melempar bola).
  3. Memberikan gagasan penggunaan alat/bahan main (misal: truk sudah siap mengangkut pasir)
  4. Membantu anak mengalami interaksi sosial yang positif.
Demikian bunda sekalian, semoga dapat bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran di PAUDnya. terimakasih.

PENDIDIKAN TERPADU UNTUK ANAK USIA DINI MENURUT ISLAM

Manasik Haji PAUD, Pendidikan terpadu Islami
Manusia adalah mahluk (ciptaan Allah) yang paling sempurna dan paling mulya (QS. 94:4 ), padahal sebelumnya   dicipta dari bahan yang sangat hina, ternyata dengan kasih sayang Allah dibimbing dan didekatkan kepada-Nya selaku mahluk termulya di antara mahluk ciptaanya (QS.17:70 ).  Tugas manusia di dunia adalah sebagai wakil Allah ( khalifah ) untuk mengelola dunia, agar manusia sejahtera di dunia dan di akhirat. (QS.2:30,201). Untuk memperoleh kebahagian di dunia dan di akhirat tersebut manusia dilengkapi dengan agama sebagai “buku petunjuk”, berupa wahyu Ilahi  berupa Al Quran dan penjelasan dari “utusan Allah” berupa Hadits. Untuk menangkap petunjuk Ilahi tersebut manusia diciptakan dengan seperangkat “potensi suci” (fitrah Allah).

Potensi suci merupakan bakat yang dipunyai anak manusia yang harus dipelihara dibina, dibimbing , dididik agar berkembang dengan optimal, sempurna yang kemudian menjadi modal utama dalam menghadapi era teknologi. Sudah menjadi keharusan bagi pendidik atau yang berkecimpung dalam dunia pendidikan berkewajiban menumbuh kembangkan bakat-potensi anak-anak kita  sesuai dengan keinginan Sang Pencipta seperti yang tercantum dalam kitab suci Al Quran. Yang menjadi pertanyaan ialah apakah para pendidik kita sudah mengetahui dengan tepat  dan pasti tentang sesuatu yang hendak dipelihara dan diarahkan pada anak didik?

Tujuan pendidikan  sebenarnya  bagaimana membawa anakdidik mencapai kesempurnaan hidup. Kesempurnaan hidup tidak bisa dicapai hanya  melalui pengembangan intelektual saja, sementara jiwanya gersang,  ahlaknya tidak terbina, muncul rasa  cemas, tidak puas, kadang-kadang menatap masa depan tidak jelas/gelap. Mengahadapi era kemajuan teknologi informatika, bagaimana pendidikan dapat memelihara, membimbing, membina dan menjaga bakat-potensi yang ada pada anak didik secara optimal.

Pendidikan terpadu adalah pendidikan pengembangan bakat-potensi berdasarkan fitrah Allah, yang telah menciptakan manusia. Pengembangan potensi tersebut tumbuh secara beriringan, tanpa ada yang tertinggal, dijaga dibina sehingga meraih kesempurnaan. Bakat-potensi tersebut berupa ruh, rasa, hati, akal dan nafsu. Hal ini seperti tercantumkan  dalam Al Quran 30:30, yaitu: “ Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Berdasarkan ayat tersebut bahwa  terdapat hubungan yang linier antara fitrah   ( potensi suci ) manusia, dengan agama ciptaan Allah (Islam), jika manusia ingin berada pada jalan yang lurus
Ruh merupakan unsur potensi ketenagaan zat hidup yang menghidupkan, memiliki sifat arah pengembangan bakat kekuatan. Yang dimaksud unsur sifat kekuatan adalah kekuatan iman yang berfungsi untuk mengkokohkan hati. Tanpa ada kekuatan iman sebagai pengokoh hati, pasti setiap saat hati mengalami goncangan terutama dalam menghadapi gejolak yang disebabkan lajunya pertumbuhan kehidupan.

Iman sendiri pada mulanya bersifat benih. Sejak awal manusia dicipta, benih iman itu telah Allah pasangkan  dalam wadah titik kecintaan –Nya, tetapi jika tidak mendapat siraman murni dari ruh pasti pertumbuhannya mengalami kelayuan yang berarti kelemahan. Jadi kelemahan sebagai sifat dasar manusia akan berkembang menjadi kelemahan jika iman mengalami kelayuan, begitu pula sebaliknya, jika iman mengalami kelayuan, maka akan muncul kelemahan dalam manusia. Cara menyiram ruh yang tersimpan dalam wadah kecintaan-Nya adalah dengan adanya rutinitas ruh menjumpai Allah . semakin sering ruh berjumpa dengan Allah, semakin subur iman itu tumbuh.

Rasa merupakan unsur yang paling peka terhadap keindahan sifat-sifat Allah. Memiliki arah pengembangan bakat menjadikan menusia senantiasa tampil dalam keindahan dalam segala tindak perbuatan. Manusia yang yang tidak memiliki rasa (mati rasa), selamanya tidak akan  bisa menikmati suatu keindahan. Meskipun ia beranggapan dan mengakui bisa menikmati keindahan dengan rasa, tetapi yang mendorong munculnya keindahan adalah rasa nafsu, yang bersifat sementara dan selalu berubah ubah. Dan satu hal, perbedaan prinsip rasa indah yang dimunculkan karena nafsu adalah rasa ketidak-puasan, tetapi rasa indah yang muncul dalam hati selaku menimbulkan rasa tentram baik buat dirinya sendiri maupun orang lain.

Sifat keindahan rasa yang dimunculkan dari dalam hati diserap langsung oleh hati dari sifat keindahan Allah kemudian disambut oleh unsur ketenagaan rasa, maka muncullah rasa keindahan Ilaahiyah yang bersifat berkelanjutan tanpa sedikitpun mengakibatkan gejolak. Dari  keindahan rasa yang bersifat Ilaahiyah, muncul rasa kelembutan kemudian mencuat rasa kasih dan sayang. Dengan demikian, kelembutan dan kasih sayang seseorang tidak akan pernah muncul jika sifat keindahan tidak bisa ditumbuh-kembangkan melalui unsur ketenagaan hati dan rasa. Dengan unsur sifat keindahan yang berbuah kelembutan dan kasih sayang, manusia dapat memanfaatkan bumi dan isinya tanpa menimbulkan kerusakan-kerusakan terhadap alam sekitarnya. Sifat indah yang dimaksud bukan sifat indah menurut ukuran manusia, melaikan sifat indah yang diperoleh dari penyerapan sifat-sifat Allah.

Hati merupakan pusat kegiatan manusia, fungsi utamanya mendengar dan membaca seluruh isyarat gerak getar yang bersifat pemberitaan, baik yang berhubungan langsung dengan alam maupun yang berhubungan langsung dengan Allah. Sebagaimana dinyatakan dalam Al-Quran, bahwa Allah menurunkan petunjuk-Nya ke dalam hati manusia. Inilah yang dimaksud hati sebagai wadah pusat pemberitaan. Sedangkan pembawa beritanya adalah Ruh, karena Ruh inilah yang senantiasa berhubungan langsung dengan Allah, kemudian dikirim ke hati, untuk selanjutnya dikembangkan oleh akal dan dilaksanakan oleh nafsu. Sedangkan arah pengembangan hati adalah menjadikan manusia yang bersifat intelektual yang spiritual atau manusia yang bersifat spiritual yang intelektual.

Akal merupakan unsur yang memiliki arah pengembangan bersifat untuk menjadikan manusia  tampil membawa sifat kemuliaan. Sebagaimana yang telah diketahui hati yang terjaga kehidupannya akan menjadi pusat kegiatan yang bersifat hakiki karena dari hati itulah memancarkan berbagai macam keilmuan baik yang bersifat spiritual maupun intelektual. Untuk pengembangan intelektual. Akallah yang mengambil peranan pengembangannya sehingga akal dan hati yang dapat bekerjasama dengan baik akan menghasilkan menusia yang intelektual berkeilmuan murni terpadu bersifat Qurani. Dengan mencuatnya keilmuan murni terpadu bersifat Qurani, muncullah sifat kemuliaan dalam diri manusia, sehingga manusia dapat menjaga, mengelola,dan memanfaatkan bumi dan isinya. Dengan demikian seseorang  baru dapat dikatakan memiliki sifat kemuliaan, jika dalam dirinya mencuat keilmuan murni yang bersifat Qurani, dan keilmuan murni ini bisa mencuat jika hati dan akal dapat bekerjasama dengan baik. Dengan kata lain fungsi akal adalah untuk menyusun dengan rapi dan indah apa-apa yang telah didengar dan dibaca oleh hati.

Nafsu merupakan unsur yang cenderung membawa manusia pada sifat kehinaan dan kelemahan. Tetapi jika unsur ketenagaan nafsu dalam pertumbuhan mengikuti 4 unsur ketenagaan lainnya, yaitu ruh, hati, rasa, dan akal maka sifat kehinaan dan kelemahan yang dibawa oleh nafsu berubah menjadi sifat keterpujian. Kehinaan dan kelemahan dapat hilang dari diri manusia jika kekuatan iman tumbuh dengan subur. Tugas pokok manusia terhadap dirinya sendiri agar membawa dan mengarahkan nafsu kokoh dengan keterpujian, sedangkan fungsi nafsu hanya sekedar pelaksana dengan lurus terhadap apa–apa yang telah dirumuskan oleh akal berupa rumusan keintelektualan spiritual dan spiritual yang intelektual.

Sumber : Disarikan dari Makalah: Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad, Pendidikan Terpadu bersifat Qurani, Materi seminar Guru TK dan Pendidik PAUD Propinsi kalsel di Hotel Blue Atlantik Banjarmasin tahun 2010

MENGENAL KECERDASAN MUSIKAL PADA ANAK USIA DINI

Kemapuan musik pada anak, anak dan musik, musik anak
Pernahkan bunda--dan ayah'nda--melihat ananda bergerak-gerak, bergoyang, dan menari-nari kecil mengikuti alunan atau hentakan irama musik. Telihat lucu dan menggemaskan, Itulah tanda anak memang memiliki salah satu kecerdasan dalam kecerdasan jamak (Multiple Intelligences) yaitu kecedasan musikal, musik yang memang telah menjadi potensi bawaan sejak anak masih sangat kecil. Anak usia dini yang memiliki kecerdasan musik terlihat senang bernyanyi, bersenandung, atau bersiul seorang diri. Jika mendengar irama musik tersebut, anak yang berbakat secara kinestetik di bidang ini akan menggerak-gerakan tubuhnya mengikuti irama dan ikut menyanyi. Anak yang sangat cerdas dan berbakat bahkan sudah dapat memainkan alat musik yang menurut sebagian anak sangat rumit.

Tetapi juga perlu diperhatikan bahwa ada anak usia dini yang cerdas di bidang musik ini dengan cara tidak nampak dan kentara dengan hanya menunjukan rasa apresiasi yang baik pada musik. Secara umum kecerdasan musikal adalah kemampuan seorang anak dalam menangani bentuk-bentuk musikal, seperti mengubah, menikamati musik, mengekspresikan diri, misalnya seorang anak mencoba menjadi artis hayalannya, pemain musik, mengekspresikan diri, misalnya menjadi penyanyi, komposer, dan menjadi pemain musik. Sebagai seorang pendidik PAUD hendaknya kita membantu menggali dan turut mengembangkan kemampuan anak yang memiliki kecerdasan musikal ini seotimal mungkin.

Potensi Otak Kiri kanan, Kecerdasan, kemampuan otak
 
Otak kanan, kecerdasan otak kanan,  Musik dan otak kanan

Pada perkembangan selanjutnya seperti yang kita ketahui bahwa pada awal-awal pertumbuhan otak anak anak berkembang lebih pesat pada kemampuan otak kananya. Karena itu kecerdasan musikal yang bersentuhan langsung dengan potensi kecerdasan otak kanan anak sangat bagus untuk dibangun sejak usia dini. Kegiatan-kegiatan seni khususnya seni musik di sekolah atau lembaga PAUD dapat membantu perkembangan kecerdasan anak menjadi lebih optimal, terutama kemampuan kecerdasan musikal pada anak usia dini. Guru dan pendidik PAUD dapat berperan aktif dalam memberikan rangsangan-rangsangan pada kecerdasan musikal anak dengan kegiatan-kegiatan musik baik secara langsung maupun tidak langsung melibatkan anak dalam kegiatan tersebut. Kegiatan langsung misalnya anak diajak bernyanyi, bermain musik,dan sebagainya. Kegiatan tidak langsung melibatkan anak misalnya di lembaga PAUD dapat diputarkan musik dan video lagu-lagu anak, musik klasik dapat menjadi pilihan yang baik untuk seluruh anak di lembaga PAUD tersebut. Dengan kegiatan tersebut diharapkan kemampuan musikal dan apresiasi seni musik anak dapat menjadi dasar bagi peningkatan dan perkembangan kecerdasan otak anak secara lebih optimal.

Demikian mengenai kecerdasan musikal pada anak usia dini, semoga bermanfaat untuk dijadikan acuan bagi pendidik dan orang tua dalam mendukung anak belajar dan berlatih di rumah dan di sekolah. Terima kasih.

Sumber : di sarikan dari berbagai sumber !!

FUNGSI DAN MANFAAT BERMAIN BALOK (BLOCK BUILDING) UNTUK ANAK PAUD

Sentra Balok, Bermain balok, Fungsi Bermain Balok, Manfaat Bermain Balok
Sentra Balok PAUD RBS
Bermain merupakan kegiatan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik, sosial, emosi, intelektual, dan spiritual anak sekolah dasar.Dengan bermain anak dapat mengenal lingkungan, berinteraksi, serta mengembangkan emosi dan imajinasi dengan baik. Salah satu aktivitas bermain yang sangat bermanfaat untuk anak adalah bermain Balok Bangunan (Block building). Kegiatan ini harus dapat dilakukan dilembaga-lembaga PAUD atau dirumah untuk orang tua yang mempunyai waktu khusus untuk membimbing anaknya. Bermain balok ini sangat penting, karena bermain bangunan balok dapat membantu kita membimbing pengaturan atau pengendalian diri anak, perencanaan dan koordinasi berbagai peranan pada anak-anak, serta memberikan saran yang memperlihatkan ungkapan simbolik (gambaran) dan manipulasi konkret.

Ada beberapa fungsi dan manfaat bermain balok untuk ini antara lain :
  1. Pada kegiatan bermain balok, anak belajar melakukan aktivitas dengan prosedur dan tahapan kerja, Sistematika berfikir anak tentang bangun dan ruang anak terbentuk dengan lebih cepat dan lebih baik.
  2. Anak dapat belajar dan memiliki kemampuan untuk menyatukan sebuah perencanaan.
  3. Anak dapat terdorong dengan positif untuk bekerja dalam sebuah struktur bersama
  4. Kemampuan anak melakukan pemetaan (mapping) mendorong tumbuhnya kemampuan berpikir simbolik, sehingga mengembangkan juga kemampuan berbahasa anak menjadi lebih meningkat dan semakin terstruktur.
  5. Meningkatkan kemampuan anak dalam penyusunan pola (making patten), ini terjadi ketika anak dapat mengungkapkan berbagai jenis perbedaan pola-pola balok yang dibuat.
  6. Meningkatkan kemampuan kerjasama dan proses sosial ketika anak bersama-sama bekerja dalam satu tim untuk menyusun balok tersebut.
  7. Meningkatkan dan mempertajam kemampuan konsentrasi anak pada setiap kegiatan dan tugas yang dilakukannya.
  8. Mengembangkan kemampuan motorik halus anak pada tingkatan yang semakin baik, anak dapat mempergunakan hampir semua anggota tubuhnya ketika menyusun sebuah pola, bentuk dan ruangan yang sulit dalam rangkaian penyusunan balok yang lebih rumit.

Demikian fungsi dan manfaat bermain balok untuk anak, semoga bermanfaat. terimakasih atas kunjungannya. 

TIPS CARA AGAR LEMBAGA PAUD DAPAT BERTAHAN LAMA

Banyak lembaga-lembaga paud yang akhirnya tutup, bubar karena tidak mampu lagi bertahan menyelenggarakan programmnya karena berbagai faktor, salah satunya faktor keuangan dan manajemen. Serta tidak mampu lagi mendapatkan murid yang lebih banyak lagi.

Banyak lembaga PAUD semula didirikan dan melanjutkan manajemen lembaganya dengan menggunakan dana bantuan rintisan dari pihak terkait, harus mati ditengah jalan karena kesulitan dana dan keuangan.

Cara agar PAUD dapat bertahan hal yang utama perlu diingat dan diperhatikan adalah anggapan bahwa membangun PAUD bukan untuk menambah penghasilan (bisnis) utama yang digunakan untuk mengisi-pundi-pundi keuangan pengelola dan penyelenggaranya. Karena itu PAUD haruslah sebagai lembaga yang sifatnya sosial yang justru mendapatkan bantuan dan suntikan dana dari penyelenggaranya sendiri. Tanpa dana rutin dan dana sosial yang sewaktu-waktu harus diterima, maka Lembaga PAUD akan kesulitan menjalankan roda kegiatannya secara terus menerus dan berkesinambungan.
Berikut ini beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan agar lembaga PAUD yang telah berjalan dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama atau bahkan selama-lamanya:
  1. Tentukan kondisi dan posisi strategis lembaga PAUD dilingkungannya 
  2. Jaring peserta  didik sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan dan daya tampung lembaga ybs.
  3. Persiapkan lembaga PAUD yang memiliki usaha atau penghasilan sampingan didekat lembaga PAUD tersebut.
  4. Jaring dan cari donatur tetap dan donatur khusus yang membantu untuk menyumbang kepada lembaga.
  5. Pengelola dan penyelenggara harus gigih , kreatif dan proaktif untuk selalu membaca kesempatan bantuan baik dari lembaga dinas maupun lembaga swasta yang memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal bantuan lembaga.
  6. Memiliki tabungan lembaga yang sifatnya investasi untuk perluasan atau pembangunan cabang PAUD sejenis yang lebih baik ditempat lain.
Demikianlan beberapa tips cara agar lembaga PAUD dapat bertahan lama, semoga artikel tulisan ini bermanfaat. terimakasih.

PREODE PERKEMBANGAN ANAK PRA-LAHIR DAN JANIN

Anak sebagai individu manusia yang telah belajar tahapan dan perkembangan kearah kemandirian, sebelumnya adalah calon bayi yang dikandung ibu selama sembilan bulan lebih yang dikenal juga dengan sebutan janin. Periode Perkembangan Janin atau anak pra lahir ini terdiri dari beberapa tahapan dan periode utama yang sangat berbeda pengaruh dan perkembangannya pada masing-masing periode tersebut. Seperti yang di ungkapkan Santrock yang membagi dalam tiga periode utama yaitu Periode Genital, Periode Embrionis, Periode Petal. Untuk lebih jelaskan dapat kita lihat dalam uraian sebagai berikut :

1. Periode Germinal
Periode Germinal adalah periode perkembangan pada Janin atau calon anak pra-lahir yang berlangsung pada 2 minggu pertama setelah pembuahan. Ini meliputi penciptaan zigot, dilanjutkan dengan pemecahan sel, dan melekatkannya zigot ke dinding rahim. Dalam 36 jam setelah pembuahan, zigot memasuki periode pembelahan dan penduplikasian kilat, kemudian membelah diri menjadi 16 sampai 32 sel, membelah diri lagi hingga 64 sel, dan terus membelah diri. Pemisahan sel telah mulai ketika lapisan dalam dan lapisan luar organisme terbentuk.

2. Periode Embrionis
Periode Embrionis adalah periode perkembangan pra kelahiran yang terjadi dari 2 hingga 8 minggu setelah pembuahan. Selama periode embrionis, angka pemisahan sel semakin meningkat, sistem dukungan bagi sel terbentuk, dan organ-organ mulai kelihatan. yang kemudian memasuki masa-masa sel yang disebut embrio.

3. Periode Fetal
Periode Fetal adalah periode perkembangan pra klahiran, dimulai dari 2 bulan setelah pembuahan hingga lahir. Pada periode ini, janin tumbuh 20 kali lebih panjang daripada sebelumnya, dan organ serta sistem tubuhnya menjadi lebih kompleks. Saat itu Janin mulai menunjukan aktivitasnya laksana manusia hidup, dengan respon terhadap situasi di dalam dan di luar rahim ibu yang mengandungnya. 


Berikut ini adalah tahapan pertumbuhan janin dan bayi pada setiap minggu, dan setiap bulannya hingga bayi lahir ke dunia sebagai calon Anak Usia Dini :

Minggu ke 1: Dalam minggu-minggu awal ini, telah menjadi menstruasi terakhir sebelum kehamilan bagi seorang calon ibu. Perdarahan terjadi dan hormone-hormon ditubuh mempersiapkan sel telur untuk dilepaskan.

Minggu ke 2 : Uterus (dinding rahim) menebal dan mempersiapkan untuk tahap ovulasi dan menampung sel-sel dari pembuahan datangnya sperma ayah.

Minggu ke 3: Merupakan masa ovulasi (pelepasan telur). Kehamilan terjadi pada saat ini. Pembuahan terjadi pada saat sperma dari pasangan anda bertemu dengan sel telur anda di tuba falopi. Pembuahan memerlukan waktu 4 hari, setelah telur dibuahi maka dinamakan zygote

Minggu ke 4: Saat buat si zygote kecil untuk menemukan tempat didalam rahim anda. Dengan berakhirnya minggu ini, anda tidak mendapat menstruasi, dan menjadi tanda pertama kemungkinan kehamilan. Pada beberapa wanita mendapatkan sedikit perdarahan dan disalahartikan sebagai menstruasi, sebenarnya perdarahan yang sedikit itu karena implatasi dari zygote ke dinding rahim anda.

Minggu ke 5: Ukuran bayi anda sekarang sekitar sebuah biji aple dan pada minggu ini disebut sebagai embrio. Bayi anda sudah mempunyai detak jantung sendiri, plasenta dan tali pusat sudah berkerja sepenuhnya pada minggu ini. Vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk, sistim saraf mulai berkembang.

Minggu ke 6: Embrio terlihat seperti berudu. Pada minggu ini dapat mengenali kepala, ekor, tangan dan anggota badan masih seperti tunas. Pada minggu ini pembentukan awal dari hati, pancreas, paru-paru,kelenjar tiroid dan jantung.

Minggu ke 7: Jantung sudah terbentuk lengkap. Saraf dan otot bekerja bersamaan unutk pertama kalinya. Bayi mempunyai reflek dan bergerak spontan(anda belum dapat merasakannya). Akhir minggu ke ini otak akan terbentuk lengkap.

Minggu ke 8: Embrio sekarang berukuran panjang sekitar 25-30 mm. Lengan dan kaki sudah terbagi menjadi komponen paha, kaki,tangan, lengan, bahu. Organ reproduksinya mulai terbentuk begitu juga dengan kartilago dan tulang. Telinga luar sudah terbentuk sempurna, mata membentuk pigmen. Didalam otak, jaringan saraf berhubungan dengan lobi penciuman di otak. Jantung sudah memompa dengan kuat dan irama teratur.

Minggu ke 9: Pergerakan pertama fetus dapat dideteksi dengan USG. Pada minggu ini perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata dan bibir atas terbentuk.

Minggu ke 10: Tulang sudang menggantikan kartilago. Diafragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut. Otot leher terbentuk. Otak berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh.

Minggu ke 11: Organ seks luar sudah terbentuk, juga folikel-folikel rambut dan gigi. Bayi sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali(kencing).

Minggu ke 12: Ukuran fetus anda sekarang sekitar 8 cm. Semua organ vital bayi sudah terbentuk. Dengan signal dari otak, otot akan merespon dan bayi sudah dapat menendang.

Akhir trimester pertama,organ-organ tubuh bayi sudah terbentuk. Rasa mual dan lelah pada anda sudah hilang. Perkembangan selanjutnya anda akan melihat pertumbuhan bayi (dan juga anda) bertumbuh lebih besar.

Perkembangan bayi anda pada bulan kehamilan 13-28 minggu (trimester ke dua) Memasukin trimester ke dua ini dunia luar akan mulai menyadari anda sebagai si calon ibu, karena perut anda sudah mulai terlihat. Bersamaan dengan rasa mual, lemas menghilang pada akhir trimester pertama, bayi anda akan terus bertumbuh, begitu juga anda.

Minggu ke 13: Panjang bayi sekitar 7,5 cm dengan trakea, paru-paru, perut,hati, pancreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. Pada minggu ini jari tangan, telapak kaki, mulai terlihat.

Minggu ke 14: Pada minggu ini organ seks bayi sudah dapat dibedakan antara laki dan perempuan. Denyut jantung bayi berdetak kuat (detak jantung hampir 2X lebih cepat dari anda) dan anda dapat mendengarkannya di dokter anda. Sudah memberi respon terhadap dunia diluar rahim ibu, bayi mungkin akan bergerak bila anda mengusap perut anda, tapi anda mungkin masih belum dapat merasakannya.

Minggu ke 15: Bayi anda sudah mulai dapat mendengarkan anda, mendengarkan denyut jantung anda, suara perut anda, juga suara anda. Sekarang bayi anda sudah mulai mempunyai rambut di kepalanya, juga bulu mata dan alis. Ukurannya sekarang 114 gram dengan panjang sekitar 15cm.

Minggu ke 16: Jika anda melakukan USG saat ini mungkin anda dapat mengetahui jenis kelamin. Otot bayi sudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Mulai mengisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan-kencing dan cengukan. Pada minggu ini jika sinar terang diletakkan diperut anda bayi akan mengerakkan tangan – matanya.

Minggu ke 17: Masih banyak ruang dalam rahim anda bayi akan bergerak merasakan sekitarnya. Kulit bayi anda berkembang dan transparan. Terlihat merah sebab pembluh darah masih terlihat jelas.

Minggu ke 18: Sekarang bayi sudah dapat mendengarkan suara dari luar tubuh anda, bayi akan bergerak atau melompat ketika mendengarkan suara keras. Otot bayi sudah dapat berkontraksi dan relaks, bayi sudah dapat menendang atau meninju. Bergerak sangat aktif , dalam minggu ini mungkin anda sudah dapat merasakan gerakan putarannya untuk pertama kali.

Minggu ke 19: Sekarang panjang bayi anda sekitar 23 cm. Jika anda belum juga merasakan bayi anda, mungkin anda akan mulai mersakan gerakkanya minggu ini.

Minggu ke 20: Otot bayi anda semakin kuat tiap minggu. Jika anda masih belum dapat meraakan gerakkanya, anda pasti akan merasakan gerakkanya sekarang. Anda mungkin salah mengartikan gerakkanya pertama kali sebagai angin, karena terasa seperti letupan gelembung-gelumbung didalam. Bayi anda bergerak sekitar 200 kali sehari , tapi anda hanya akan merasakan sedikit dari semua gerakan ini.

Minggu ke 21: Panjang sekitar 28 cm. Anda akan merasakan lebih banyak gerakan bayi anda sekarang karena bayi makin aktif.

Minggu ke 22: Bayi anda sadar akan lingkungannya dan bayi akan merasa tenang ketika mendengarkan suara dan sentuhan anda diperut. Tubuh bayi mulai memproduksi sel darah putih. Ini penting untuk bayi dalam melawan penyakit dan infeksi.

Minggu ke 23: Panjangnya sekitar 23 cm. Sekarang ukuran kepalanya sudah sesuai dengan tubuhya . Saat ini bayi terlihat sama seperti akan lahir nanti tapi lebih kecil dan kurus saat ini. Anda dapat mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stestoskop.(letakkan stestoskop langsung diperut anda). Pertumbuhan otak sangat cepat.

Minggu ke 24: Pendengaran bayi sudah terbentuk sempurna. Bayi akan bergerak dengan suara musik dari luar. Bayi membentuk pola kapan saat tidur dan kapan saat bangun, anda akan merasakan dengan suatu saat bayi bergerak terus, dan saat lain tidak.

Minggu ke 25: Bayi mulai berlatih bernafas dengan menghirup dan menhembuskan cairan amnion, yang mana kadang membuat bayi cegukan—dan anda akan dapat merasakannya juga.

Minggu ke 26: Bayi sudah mempunyai lemak dibawah kulit, yang akan membantu mengontrol suhu tubuhnya pada saat lahir. Wajah dan tubuhnya secara umum akan terlihat bayi saat lahir. Panjang sekitar 28-32 cm dengan berat sekitar 680 gram.

Minggu ke 27: Matanya sudah terbuka dan melihat sekelilingnya untuk pertama kalinya. Bayi terlihat seperti bernafas tetapi sebenarnya bayi mengambil air bukan udara. Ini merupakan latihan yang baik untuk paru-parunya.

Minggu ke 28: Pada bayi laki testis akan turun ke kantung skrotum. Jaringan otak berkembang. Sekarang bayi anda dapat bermimpi.

Perkembangan bayi anda minggu ke 29-40 (trimester ke tiga) Memasuki trimester teakhir ini anda akan mulai mengunjungi dokter anda 2 minggu sekali, sibuk mencari nama unutk si kecil, dan kurang waktu tidur karena perut yang makin membesar ini….apapun itu dibawah ini perkembangan bayi dalam kandungan anda pada trimester teakhir ini.

Minggu ke 29: Posisi bayi saat ini mempersipakan diri seperti posisi lahir dengan kepala kearah bawah. Jaringan lemak terus terbentuk.

Minggu ke 30: Bayi anda mengisi hampir seluruh ruang di rahim anda. Ketika bayi menendang atau mendorong, anda dapat melihat kaki atau tangannya bergerak dibawah kulit perut anda. Otak berkembang sangat cepat.

Minggu ke 31: Bayi makin bertumbuh besar, maka ruangan rahim menjadi lebih sedikit, bayi akan berkurang gerakknya. Bayi kemungkinana dalam posisi melengkungkan badan dengan dengkul dilipat, dagu di dadanya dan tangan dan kaki saling bersilang.

Minggu ke 32: Bayi berada dalam posisi kepala dibawah sampai nanti lahir. Bayi akan tetap menendang, gerakan rata-rata sehari meningkat 375 perhari, tapi anda tidak akan merasakan semuanya ini, 10 gerakan sehari sudah normal.

Minggu ke 33: Anda akan makinmerasakan gerakknya karena bayi mengisi hampir seluruh ruang rahim. Gerakan akan menjadi aktif suatu waktu yang membuat anda tak nyaman,terutama ketika kakinya dibawah tulang rusuk anda. Bayi mempunyai seluruh rambutnya pada minggu ini.

Minggu ke 34: Pertumbuhan terutama pada otak dalam minggu–minggu ini. Semua system tubuh sudah terbentuk sempurna, walaupun paru-paru masih tetap belum matang. Bayi memberi respon terhadap suara yang familiar.

Minggu ke 35: Bayi terus menambah cadangan lemak bawah kulitnya. Kepala bayi sudah mulai memasuki panggul.

Minggu ke 36: Mulai dari minggu ini bayi sudah mempunyai ukuran dan kematangan yang siap untuk lahir. Jika bayi lahir pada minggu ini bayi lahir premature tetapi akan bayi akan baik saja. Pada bulan terakhir kehamilan ini bayi akan mendapat antibody dari ibunya, seperti campak. Lemak akan terus bertambah diabwah kulit bayi setiap hari.

Minggu ke 37: Bayi akan terus berlatih untuk mengerakkan paru-parunya, karena bayi akan bernafas setelah dilahirkan. Jika posisi kepala bayi dibawah maka kemungkinana kepala sudah memasuki panggul ibu pada minggu ini.

Minggu ke 38: Reflek bayi sudah terkoordinasi, bayi sudah dapat mengedipkan mata, mengerakkan kepala, memegang, dan merespon suara, sentuhan, dan cahaya. Bayi sudah dapat membedakan antara terang dan gelap.

Minggu ke 39-40: Bayi sudah siap untuk lahir. Bayi sduah terlihat cukup montok sekarang, dengan lemak yang terbentuk dibawah kulitnya, akan mampu mengatur suhu tubuhnya saat lahir. Kulit bayi halus dan lembut. Berat bayi sekitar 2.7kg-3.2kg dengan panjang sekitar 50 cm.

Periode tersebut dapat dilihat dalam tayangan Video perkembangan dan tahapan pertumbuhan anak pra-lahir sebagai janin berikut ini :

Video Proses kelahiran Bayi
Video Anak PAUD dan Proses Perawatan Anak
Video Pendidikan Sejak dalam Kandungan Ibu
Video terbentuknya anak dari sel sperma dan Janin
Video Anak Bayi dalam Kandungan Ibu
Video aktivitas anak dalam rahim 
Video mengenal jenis seks dan Kelamin Manusia
Video/Film Perkembangan Anak Pra-lahir dan Janin.
Video Seks wanita dan Pria dari Bayi dalam Janin
Video proses bayi Tabung dalam bidang kedokteran
Video/film Bayi Tabung Uji (al-atfal al-anabib): Menurut Perspektif Fiqh Islami. 
 

Perkembangan, Janin, Bayi, dan Anak pra-lahir dan pertumbuhannya sebagai calon manusia dimuka bumi. Perkembanga anak usia dini setelah lahir, setelah melewati masa-masa dan tahapan pra-lahir dan Janin.

Source : Pertumbuhan dirangkum dari berbagai sumber
Gambar : Google Taken.