INILAH YANG TEJADI JIKA ANAK TERLALU LAMA BERMAIN BALOK (BLOCK BUILDING)

Minggu, 20 Maret 2016

PAUD-Anakbermainbelajar---Pembahasan tentang tema Balok ini sebenarnya sudah lama, dan sudah banyak sekali yang mengulasnya, yaitu tentang pentingnya bermain balok bagi anak usia dini. Sebetulnya pada artikel terdahulu sudah pernah juga Admin ulas, Tapi tidak ada-salahnya jika admint mengulang kembali dan meringkas lebih detil tentang manfaat dan pentingnya kegiatan bermain balok ini. Di lembaga-lembaga PAUD sudah menjadi sebuah ciri tersendiri jika kegiatan bermain balok itu merupakan salah satu kegiatan pokok untuk lembaga baik yang berbasis sentra maupun kelompok. Balok itu mempunyai tempat tersendiri di hati anak serta menjadi pilihan favorit sepanjang tahun, bahkan sampai tahun ajaran berakhir. Ketika bermain balok banyak temuan-temuan terjadi. Demikian pula pemecahan masalah yang terjadi secara alamiah. Bentuk konstruksi balok itu mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dapat menunjukan adanya peningkatan perkembangan logika dan berpikir anak.

Ada beberapa fungsi dan manfaat bermain balok untuk ini antara lain :
  1. Pada kegiatan bermain balok, anak belajar melakukan aktivitas dengan prosedur dan tahapan kerja, Sistematika berfikir anak tentang bangun dan ruang anak terbentuk dengan lebih cepat dan lebih baik.
  2. Anak dapat belajar dan memiliki kemampuan untuk menyatukan sebuah perencanaan.
  3. Anak dapat terdorong dengan positif untuk bekerja dalam sebuah struktur bersama
  4. Kemampuan anak melakukan pemetaan (mapping) mendorong tumbuhnya kemampuan berpikir simbolik, sehingga mengembangkan juga kemampuan berbahasa anak menjadi lebih meningkat dan semakin terstruktur.
  5. Meningkatkan kemampuan anak dalam penyusunan pola (making patten), ini terjadi ketika anak dapat mengungkapkan berbagai jenis perbedaan pola-pola balok yang dibuat.
  6. Meningkatkan kemampuan kerjasama dan proses sosial ketika anak bersama-sama bekerja dalam satu tim untuk menyusun balok tersebut.
  7. Meningkatkan dan mempertajam kemampuan konsentrasi anak pada setiap kegiatan dan tugas yang dilakukannya.
  8. Mengembangkan kemampuan motorik halus anak pada tingkatan yang semakin baik, anak dapat mempergunakan hampir semua anggota tubuhnya ketika menyusun sebuah pola, bentuk dan ruangan yang sulit dalam rangkaian penyusunan balok yang lebih rumit.



Berikut ini yang tejadi jika kegiatan bermain balok dilaksanakan di PAUD :
  1. Daya penalaran anak akan bekerja aktif dan berkembang lebih cepat
  2. Konsep pengetahuan matematika akan anak temukan sendiri dalam tahap bermain balok
  3. Anak Menemukan konsep-konsep baru dan terkini,
  4. Anak akan menemukan dan mengenal nama bentuk, 
  5. Anak akan menemukan dan mengenal ukuran
  6. Anak akan menemukan dan mengenal warna
  7. Anak akan menemukan dan mengenal pengertian dan definisi sederhana
  8. Anak akan menemukan dan mengenal konsep sama atau tidak sama,
  9. Anak akan menemukan dan mengenal pemahaman tentang konsep seimbang.
  10. Anak juga akan mengerti tentang Sosialisasi menciptakan jiwa tenggang rasa dan berkomunikasi dengan baik.
  11. Pengetahuan sosial tentang lingkungannya juga dapat timbul, misalnya anak membangun gedung-gedung, kantor, rumah, stasiun, bandara dan secara imajiner membuat sebuah kota dengan hiruk pikuk kesibukannya.
  12. Begitu juga kemampuan berbahasanya timbul saat anak menyebutkan dan mendeskripsikan nama hasil kreasinya.
  13. Jiwa sosial dan kemampuan komunikasi juga berkembang ketika anak bermain balok bersama-sama dengan teman-teman sebayanya.

Anak usia dini yang berada pada tahap pra-sekolah, sangat menyukai kegiatan bermain balok ini. saking asiknya terkadang mereka lupa waktu. Ini lah saat yang tepat bagi pendidik dan orang tua untuk ikut membantu menstimulus perkembangan mereka, karena dalam kegiatan bermain balok ada aspek-aspek yang turut terbangun secara utuh. Baik aspek Kognitif, Afektif dan Motoriknya, Anak akan tumbuh dengan cerdas dan trampil jika perkembangannya didukung dengan main yang bermutu, salah satu main itu adalah dengan kegiatan bermain Balok di bawah arahan pendidik dan guru mereka di kelas.

Demikianlah bunda-ayah tentang manfaat bermain balok untuk anak usia dini, khususnya anak-anak kita di lembaga-lembaga PAUD. Semoga tulisan ringkas ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita, terimakasih sudah berkunjung kembali. Wassalam... 



19.01.00

0 komentar: