INILAH PETINGNYA PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI

Rabu, 13 April 2016

PAUD-Anakbermainbelajar----Kita tentunya masih ingat Pandang Piaget tentang kognitif dan kognisi bahwa perkembangan kognitif bukan hanya hasil kematangan organisme, bukan pula pengaruh lingkungan saja, melainkan interaksi antara keduanya. Dalam pandangan Pieget ini organisme aktif mengadakan hubungan dengan lingkungan. Perbuatan atau lebih jelas lagi penyesuaian terhadap objek-objek yang ada di lingkungannya, yang merupakan proses interaksi yang dinamis inilah yang disebut kognisi pada anak usia dini.
   
Pada dasarnya pengembangan kognitif dimaksudkan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui pancaindranya sehingga dengan pengetahuan yang didapatnya tersebut anak akan dapat melangsungkan hidupnya dan menjadi manusia yang utuh sesuai dengan kodratnya sebagai makhluk Tuhan yang harus memberdayakan apa yang ada di dunia uni untuk kepentingan dirinya dan orang lain.

Proses kognisi meliputi berbagai aspek, seperti persepsi, ingatan, pikiran, simbol, penalaran dan pemecahan masalah. Berdasarkan pendapat Piaget tentang pengembangang kognitif ini maka adalah sangat penting bagi guru  dan orang tua untuk turut mengembangkan kemampuan kognitif pada anak adalah sebagai berikut;
  1. Agar anak mampu mengembangkan daya persepsinya berdasarkan apa yang ia lihat, dengar dan rasakan sehingga anak akan memiliki pemahaman yang utuh dan komprehensif.
  2. Agar anak mampu melatih ingatannya terhadap semua peristiwa dan kejadian yang pernah dialaminya
  3. Agar anak mampu mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya
  4. Agar anak memahami berbagai simbol-simbol yang tersebar di dunia sekitarnya
  5. Agar anak mampu melakukan penalaran-penalaran baik yang terjadi secara melalui proses alamiah (spontan) ataupun melalui proses ilmiah (percobaan)
  6. Agar anak mampu memcahkan persoalan hidup yang dihadapinya sehingga pada akhirnya ia akan menjadi individu yang mampu menolong dirinya sendiri.
Melalui pengembangan kognitif anak, fungsi pikir anak dapat digunakan dengan cepat dan tepat untuk dapat mengatasi situasi dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi dalam hidupnya sehari-hari.

Demikian tentang pentingnya pengembangan kognitif pada Anak Usia Dini, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat, untuk bunda dan ayah agar membantu pengembangan kognitif-pengetahuan pada anak-anak kita. terimakasih.



* * *



21.41.00

0 komentar: