CARA EFEKTIF MENGATASI ANAK NAKAL

Senin, 08 Agustus 2016

PAUD-Anakbermainbelajar---Kebanyakan orang tua akan sependapat bahwa mendidik anak itu tapi gampang-gampang susah dilakukan, karena di satu sisi, setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan akhlak dan tingkah laku terpuji, tapi di sisi lain, mayoritas orang tua terlalu dikuasai rasa tidak tega untuk tidak menuruti semua keinginan sang anak, sampai pun dalam hal-hal yang akan merusak pembinaan akhlaknya. Akhirnya banyak terjadi orang tua yang mengeluh tentang perilaku anaknya yang terlihat sudah mulai "bermasalah", dengan kenakalan yang telah melewati batas kewajaran.

Dr. Scott Turansky dan Joanne Miller dalam buku "Effective Parenting"nya mengungkapkan 8 Delapan cara mengatasi anak yang nakal yaitu dengan upaya-upaya seperti :
1. Menegakan kepatuhan kepada anak tanpa orang tua harus berteriak
2. Menjadikan setiap kesempatan untuk mendisiplinkan dengan bermanfaat
3. Membantu anak-anak membuat perubahan permanen pada diri mereka
4. Mengomunikasikan Nilai-nilai sehingga anak mau mendengarkan
5. Mengatasi kemarahan pada anak
6. Mendisiplinkan secara konsisten meskipun kita lelah dan jenuh
7. Mendidik anak-anak untuk belajar dari kehidupan ini
8. Pendekatan untuk masalah yang telah mengakar dalam hubungan anak dan orang tua

Selama ini yang tidak kita sadari adalah penyebab anak menjadi menjadi nakal merupakan polesan dari orang tua sendiri dalam menerapkan pola asuh kepada anak. Untuk itu, bagi para orang tua khususnya para ibu yang memiliki anak yang nakal, hendaknya kita harus siap dan lebih sabar dalam mengembalikan kepribadian anak menjadi pribadi yang disiplin yang taat. Lantas bagaimanakah cara mendidik anak yang nakal agar mereka mamp menjadi anak yang patuh dan disiplin sehingga dapat membanggakan kedua orang tuanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai seputar anak yang nakal, penyebab anak menjadi nakal serta bagaimana cara mengatasi anak yang nakal sehingga mereka dapat kembali menjadi anak yang disiplin dan patuh terhadap kedua orang tuanya.

Dalam sebuah penelitian di Amerika, tentang latar belakang seorang anak setelah mereka dewasa, terungkap bahwa kebanyakan anak-anak yang semasa kecilnya diangkap nakal dan berperilaku yang memusingkan orang tua, ternyata kebanyakan anak-anak ini setelah dewasa sukses dalam karir dan pekerjaannya.

Dari hal tersebut dapat dilihat kenyataannya bahwa anak-anak yang terlihat nakal ternyata memiliki keunggulan tersendiri, mereka memiliki memiliki kecerdasan yang sangat baik, anak mempunyai percaya diri dan kemampuan survive yang tinggi sehingga memudahkan mereka untuk belajar dan mengekplorasi lingkungannya hingga memperkaya pengetahuan dan keterampilannya.

Tentunya dengan penanganan yag tepat serta pendidikan dan pembelajaran usia dini yang efektif, anak-anak ini dapat dibentuk menjadi pribadi-pribadi yang cerdas dan tangguh, tentu saja harus dibarengi dengan penanaman nilai-nilai karakter yang baik untuk mereka.

Salah satu point terpenting dalam 8 delapan cara mengatasi anak nakal menurut Scott Turansky dan Joanne Miller ini adalah kita harus terus membantu anak-anak kita untuk membuat perubahan permanen pada perilakunya. Kesadaran anak harus dibantu dan diarahkan dengan menjadikan mereka menyadari perlunya berperilaku yang baik untuk kepentingan mereka sendiri.

Demikian tentang cara efektif mengatasi anak nakal semoga dapat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam PAUD pendidikan anak usia dini kita. terimakasih.



19.22.00

0 komentar: