Home » , , » CARA MENAMBAHKAN LOKASI LEMBAGA TK-PAUD KE GOOGLE MAPS

CARA MENAMBAHKAN LOKASI LEMBAGA TK-PAUD KE GOOGLE MAPS

PAUD-Anakbermainbelajar---Lokasi lembaga TK-PAUD di Kabupaten atau Kota kita mungkin masih banyak yang belum terdaftar secara detail di Google Maps, hal ini sering menjadi kendala bagi orang-orang yang ingin berurusan dan berkunjung ke lokasi lembaga TK-PAUD kita, walaupun sudah diberi alamat secara tertulis, akan lebih baik jika dibarengi dengan peta yang detail bahkan bisa terdeteksi jarak antara lokasi A dengan lokasi B di Lembaga TK-PAUD anda dengan bantuan fasilitas online yang disediakan oleh Google Maps.

Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, mengandalkan data dan aplikasi dari pusat yang sering berubah-ubah, agaknya sulit untuk dijadikan pegangan dalam menyimpan data dan alamat TK-PAUD.
Google Maps sebagai aplikasi yang dapat kita jamin keberlangsungan hidupnya bisa kita andalkan sebagai pencarian tempat dan lokasi lembaga TK-PAUD yang selalu kita butuhkan disaat penting dan mendesak. Selain itu keuntungan bagi lembaga TK-PAUD menjadi media promosi yang mengangkat eksistensi Lembaga nya di masyarakat dalam jangkauan yang lebih luas.

Berawal dari Kebutuhan untuk pemetaan dan penentuan lokasi Lembaga TK-PAUD agar mudah dipantau posisinya terkait program Satu desa satu PAUD, agar mendapat gambaran dimana posisi Lembaga TK-PAUD berada, dan memudahkan dalam pencarian untuk berbagai keperluan Dinas, seperti kemarin ada tamu dari pusat yang ingin memferivikasi data PAUD, kesulitan mencari alamatnya, maka dengan ini Admin 'PAUD-Anakbermainbelajar' sebagai penulis mencoba menguraikan langkah-langkah dalam mendaftarkan dan menambahkan lokasi Lembaga TK-PAUD kita di Google Maps sampai berhasil terdaftar, semoga tulisan ini bisa memudahkan dalam mendaftarkan lembaga TK-PAUDnya ke Google Maps.

Persyaratan dan Persiapan yang harus dilakukan
  1. Syarat utama bisa membuat nama tempat di google map harus mempunyai akun google (Google Akun Gmail), kalau belum punya silahkan mendaptar  Klik disini !!
  2. Silahkan login Gmail terlebih dahulu, kemudian buka http://google.co.id/maps/
  3. Apabila halaman google maps sudah terbuka dalam bentuk tampilan Peta, anda juga bisa beralih pada tampilan Satelet (Earth)
Bunda-ayah untuk memulai menandai lembaga kita di Google Maps, silakan ketikan di kotak pencarian Googel untuk nama lembaga PAUD yang ingin kita tandai di Google Maps kemudian klik links Maps untuk menuju Google Maps dan silakan masukan akun Google kita seperti contoh gambar di bawah ini :




Atau bunda-ayah bisa juga langsung menuju situs google maps dengan link berikut dengan aku Google kita kemudian ketikan nama tempat di kotak pencarian : https://www.google.co.id/maps/

Selanjutnya akan terbuka halaman Google Maps seperti di bawah ini, kemudian klik link "Add (nama lembaga TK-PAUD kita) to Google Maps" atau ketikan nama TK-PAUD kita yang ingin di daftarkan.





Pada contoh gambar di atas yang sudah diketikan nama TK-PAUD yang belum terdaftar maka selanjutnya klik tulisan tambahkan TK-PAUD yang berwarna Biru.

Kemudian isikan lengkapi kotak yang tersedia sesuai dengan informasi tempat kita seperti nama, Alamat, Kategori, Phone, Website. Selanjutnya pindahkan marker atau pointer yang muncul ke titik tempat yang kita ingin kita tandai, lalu setelah marker-pointernya pas posisinya sesuai lokasi wilaya'h dan alamat dengan tempat kita tinggal klik tombol "submit" atau "Kirim". Contohnya seperti gambar berikut ini :
 




Jika telah selesai selanjutnya secara otomatis akan masuk email dari Google Maps ke kotak masuk email kita yang menyatakan bahwa proses tempat yang kita tandai telah diterima dan akan direview. Kemudian selanjutnya setelah proses review selesai maka akan masuk lagi ke email yang menyatakan bahwa tempat kita telah sukses ditambahkan ke Google Maps, tetapi kadang tempat kita tidak direview yang langsung sukses ditambahkan di Google Maps dengan masuk email seperti gambar di bawah. Untuk mengeceknya, Anda tinggal klik link "See 'Your Addition" yang terdapat pada email tersebut untuk melihat Lembaga dan tempat TK-PAUD kita di Google Maps. Dan perlu diingat, Google memerlukan waktu sekitar 24 jam untuk benar-benar menampilkan tempat kita di Google Maps sampai tempat kita tampil ketika dicari.


 


Setidaknya sudah sampai pada tahapan di atas maka sudah dapat terlihat lembaga PAUD kita di google maps. Berikutnya untuk lebih melengkapi dan memperindah tampilan kita bisa memasang  kode tertentu yang disebut kode embed Google Maps tempat lembaga PAUD kita.

Selanjutnya untuk mengambil kode embed Google Maps tempat lembaga TK-PAUD kita, silakan klik ikon menu di pojok kiri atas lalu pilih menu "Share or embed maps" lalu silakan ubah kode iframe "Embed Map" seperti di bawah ini.

Agar menjadi responsive, silakan kita rubah sedikit kode di atas dengan menghapus kode width="600 height="450" frameborder="0"  dan menambahkan kode width : 100%;height:450px pada style sehingga menjadi seperti di bawah ini :
Atau bisa juga bunda-ayah menggunakan kode javascript di bawah ini yang diambil dari kode responsive Youtube dan ternyata bisa digunakan untuk responsive iframe Google Maps.
Silakan ganti kode url iframe  yang saya marking di atas dengan url dari iframe Google Maps kita, dan akan tampak seperti di bawah ini.

-- Gambar --

Demikian cara menambahkan lokasi lembaga TK-PAUD ke Google Maps, semoga bermanfaat, terimakasih.

0 komentar:

Cari Tulisan