CARA MENAMBAHKAN LOKASI LEMBAGA TK-PAUD KE GOOGLE MAPS

PAUD-Anakbermainbelajar---Lokasi lembaga TK-PAUD di Kabupaten atau Kota kita mungkin masih banyak yang belum terdaftar secara detail di Google Maps, hal ini sering menjadi kendala bagi orang-orang yang ingin berurusan dan berkunjung ke lokasi lembaga TK-PAUD kita, walaupun sudah diberi alamat secara tertulis, akan lebih baik jika dibarengi dengan peta yang detail bahkan bisa terdeteksi jarak antara lokasi A dengan lokasi B di Lembaga TK-PAUD anda dengan bantuan fasilitas online yang disediakan oleh Google Maps.

Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, mengandalkan data dan aplikasi dari pusat yang sering berubah-ubah, agaknya sulit untuk dijadikan pegangan dalam menyimpan data dan alamat TK-PAUD.
Google Maps sebagai aplikasi yang dapat kita jamin keberlangsungan hidupnya bisa kita andalkan sebagai pencarian tempat dan lokasi lembaga TK-PAUD yang selalu kita butuhkan disaat penting dan mendesak. Selain itu keuntungan bagi lembaga TK-PAUD menjadi media promosi yang mengangkat eksistensi Lembaga nya di masyarakat dalam jangkauan yang lebih luas.

Berawal dari Kebutuhan untuk pemetaan dan penentuan lokasi Lembaga TK-PAUD agar mudah dipantau posisinya terkait program Satu desa satu PAUD, agar mendapat gambaran dimana posisi Lembaga TK-PAUD berada, dan memudahkan dalam pencarian untuk berbagai keperluan Dinas, seperti kemarin ada tamu dari pusat yang ingin memferivikasi data PAUD, kesulitan mencari alamatnya, maka dengan ini Admin 'PAUD-Anakbermainbelajar' sebagai penulis mencoba menguraikan langkah-langkah dalam mendaftarkan dan menambahkan lokasi Lembaga TK-PAUD kita di Google Maps sampai berhasil terdaftar, semoga tulisan ini bisa memudahkan dalam mendaftarkan lembaga TK-PAUDnya ke Google Maps.

Persyaratan dan Persiapan yang harus dilakukan
  1. Syarat utama bisa membuat nama tempat di google map harus mempunyai akun google (Google Akun Gmail), kalau belum punya silahkan mendaptar  Klik disini !!
  2. Silahkan login Gmail terlebih dahulu, kemudian buka http://google.co.id/maps/
  3. Apabila halaman google maps sudah terbuka dalam bentuk tampilan Peta, anda juga bisa beralih pada tampilan Satelet (Earth)
Bunda-ayah untuk memulai menandai lembaga kita di Google Maps, silakan ketikan di kotak pencarian Googel untuk nama lembaga PAUD yang ingin kita tandai di Google Maps kemudian klik links Maps untuk menuju Google Maps dan silakan masukan akun Google kita seperti contoh gambar di bawah ini :




Atau bunda-ayah bisa juga langsung menuju situs google maps dengan link berikut dengan aku Google kita kemudian ketikan nama tempat di kotak pencarian : https://www.google.co.id/maps/

Selanjutnya akan terbuka halaman Google Maps seperti di bawah ini, kemudian klik link "Add (nama lembaga TK-PAUD kita) to Google Maps" atau ketikan nama TK-PAUD kita yang ingin di daftarkan.





Pada contoh gambar di atas yang sudah diketikan nama TK-PAUD yang belum terdaftar maka selanjutnya klik tulisan tambahkan TK-PAUD yang berwarna Biru.

Kemudian isikan lengkapi kotak yang tersedia sesuai dengan informasi tempat kita seperti nama, Alamat, Kategori, Phone, Website. Selanjutnya pindahkan marker atau pointer yang muncul ke titik tempat yang kita ingin kita tandai, lalu setelah marker-pointernya pas posisinya sesuai lokasi wilaya'h dan alamat dengan tempat kita tinggal klik tombol "submit" atau "Kirim". Contohnya seperti gambar berikut ini :
 




Jika telah selesai selanjutnya secara otomatis akan masuk email dari Google Maps ke kotak masuk email kita yang menyatakan bahwa proses tempat yang kita tandai telah diterima dan akan direview. Kemudian selanjutnya setelah proses review selesai maka akan masuk lagi ke email yang menyatakan bahwa tempat kita telah sukses ditambahkan ke Google Maps, tetapi kadang tempat kita tidak direview yang langsung sukses ditambahkan di Google Maps dengan masuk email seperti gambar di bawah. Untuk mengeceknya, Anda tinggal klik link "See 'Your Addition" yang terdapat pada email tersebut untuk melihat Lembaga dan tempat TK-PAUD kita di Google Maps. Dan perlu diingat, Google memerlukan waktu sekitar 24 jam untuk benar-benar menampilkan tempat kita di Google Maps sampai tempat kita tampil ketika dicari.


 


Setidaknya sudah sampai pada tahapan di atas maka sudah dapat terlihat lembaga PAUD kita di google maps. Berikutnya untuk lebih melengkapi dan memperindah tampilan kita bisa memasang  kode tertentu yang disebut kode embed Google Maps tempat lembaga PAUD kita.

Selanjutnya untuk mengambil kode embed Google Maps tempat lembaga TK-PAUD kita, silakan klik ikon menu di pojok kiri atas lalu pilih menu "Share or embed maps" lalu silakan ubah kode iframe "Embed Map" seperti di bawah ini.

Agar menjadi responsive, silakan kita rubah sedikit kode di atas dengan menghapus kode width="600 height="450" frameborder="0"  dan menambahkan kode width : 100%;height:450px pada style sehingga menjadi seperti di bawah ini :
Atau bisa juga bunda-ayah menggunakan kode javascript di bawah ini yang diambil dari kode responsive Youtube dan ternyata bisa digunakan untuk responsive iframe Google Maps.
Silakan ganti kode url iframe  yang saya marking di atas dengan url dari iframe Google Maps kita, dan akan tampak seperti di bawah ini.

-- Gambar --

Demikian cara menambahkan lokasi lembaga TK-PAUD ke Google Maps, semoga bermanfaat, terimakasih.

INILAH CARA AGAR ANAK BERHASIL MEMPELAJARI LITERASI

PAUD-Anakbermainbelajar---Bunda-dalam banyak pendapat dan pengertian dapat diambil kesimpulan tentang apa itu literasi, Literasi adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca, budaya literasi dimaksudkan untuk melakukan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya.

Bagi anak usia dini literasi lebih diarahkan pada pengenalan dan pemahaman anak melalui tahapan-tahapan bermain dan belajarnya tentang aksara dan angka, hingga membentuk anak kreatif dan mandiri yang mampu berkaya sesuai dengan usia dan perkembangannya. Karena itu kita sebagai pendidik wajib memberikan dorongan atau stimulus dengan cara-cara tertentu agar anak berhasil mempelajari literasi ini.

Menurut Brian Cambourne (1988) anak akan berhasil dalam mempelajari literasi apabila terdapat kondisi-kondisi belajar sebagai berikut :

1. Demonstrasi (Demonstration)
Bagi anak kecil, mempelajari literasi tidak cukup hanya dengan melihat tulisan-tulisan atau mendengarkan orang berbicara di sekelilingnya. Mereka perlu demonstrasi yaitu melihat bagaimana orang dewasa berperilaku dan berbahasa. Mereka juga perlu melihat benda-benda dan bagaimana orang dewasa menyebut benda-benda tersebut.

2. Keterlibatan (Engagement)
Seorang akan belajar dari suatu demonstrasi apabila ia terlibat di dalamnya (Fisher, 1991) dan menurut Brian Cambourne (1988) anak akan terlibat dalam suatu kegiatan aabila ia merasa kegiatan tersebut berarti dan berguna bagi dirinya ketika ia berpikir bahwa ia akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Oleh karena itu, guru perlu mengupayakan agar anak-anak senantiasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan di kelas yaitu dengan menarik minat anak dan membuat setiap kegiatan menyenangkan.

3. Ketenggelaman (Immersion)
yang dimaksud dengan immersion atau ketenggelaman adalah bahwa anak "tenggelam" dalam suatu keadaan. lingkungan dan kondisi yang dipenuhi oleh percakapan dan tulisan-tulisan. Percakapan dan tulisan-tulisan tersebut merupakan modle atau contoh bagi anak untuk berbicara, membaca dan menulis. Dengan kata lain, anak belajar secara alami bagaimana berbicara, membaca dan menulis dari lingkungannya.

Implikasi dari teori tersebut adalah bahwa dalam ruang kelas guru perlu menyediakan berbagai tulisan yang terdapat dalam nyanyian, puisi, chart, poster, big book serta berbagai karya anak-anak yang ditempel di dinding atau digantung di dalam kelas. Perlu juga disediakan berbagai judul buku yang dijual di toko-toko buku serta alat-alat menulis seperti kertas, pensil, pensil warna, krayon dan sebagainya.

4. Harapan (Expectation)
Yang utama bagi anak dalam belajar  literasi adalah mereka menyadari bahwa orang tuanya atau gurunya berharap agar ia dapat mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis seperti mereka (orang dewasa). Harapan orang dewasa di sekelilingnya akan mendorong anak untuk terlibat dalam setiap kegiatan literasi yang ada disekitarnya. Di sekolah, seorang guru hendaknya mempunyai harapan yang besar bahwa anak didiknya akan dapat belajar mendengar, berbicara, membaca dan menulis melalui kegiatan-kegiatan yang diciptakannnya di dalam kelas.

5. Kedekatan ucapan (Approximation)
Yang dimaksud dengan kedekatan ucapan adalah ucapan anak yang mendekati kebenaran. Misalnya, seorang anak mengucapkan "tutu" untuk kata susu. Biasanya para orang tua tidak mengoreksi kata-kata anaknya tetapi meresponnya dengan benar, misalnya dengan mengatakan "Ini susunya"sambil memberikan segelas susu pada anaknya.

Menurut Holdaway (1984) pendekatan ucapan mendominasi belajar anak, khususnya pada awal-awal belajar mereka di sekolah. Jadi kedekatan ucapan yang dilakukan anak adalah wajar bahkan merupakan sarana bagi anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Bukan pada tempatnya apabila guru mengoreksi ucapan anak. Yang perlu diperhatikan guru adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk 'mengambil risiko' mengucapkan dan memonitor ucapannya sendiri serta merespon ucapan anak dengan tepat.

6. Tanggung Jawab (Responsibility)
Anak hendaknya mempunyai tanggung jawab terhadap belajarnya sendiri karena dengan demikian motivasi intrisiknya akan muncul dan mendorong belajar. Tanggung jawab guru adalah menyediakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengkondisi anak untuk belajar. Namun anak bertanggung jawab untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Cara menimbulkan rasa tanggung jawab tersebut misalnya dengan memberi kesempatan pada mereka memilih kegiatan yang mereka inginkan dalam waktu 'bebas memilih'.

7. Penggunaan (Use)
Kondisi belajar terbaik bagi anak yang belajar membaca adalah ketika ia membaca dan bagi anak yang belajar menulis adalah ketika ia menulis. Smith (1983) mengatakan bahwa anak belajar membaca dengan membaca dan belajar menulis dengan menulis. Dengan demikian anak harus mempunyai kesempatan membaca dan menulis yang sesungguhnya dalam belajar literasi. Anak harus diberi kesempatan menggunakan atau memperaktikan pengetahuannya tentang membaca dan memulis yang didapatnya dari pengalaman dan pengamatannya dalam kehidupan sosial baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kegiatan membaca dan menulis di dalam kelas dapat berupa kegiatan yang direncanakan oleh guru seperti membaca big-book, menulis daftar kegiatan yang akan dilakukan anak-anak hari itu, dan sebagainya, atau kegiatan yang dipilih sendiri oleh anak, seperti membaca buku pilihan mereka sendiri, menuliskan sesuatu pada gambar yang mereka buat dan sebagainya.

8. Tanggapan (Respon)
Tanggapan adalah suatu yang diperlukan anak dalam kehidupan sosial di rumah maupun di sekolah. Ketika mereka bercerita, mereka ingin ada orang lain yang menanggapi, seperti teman, orang tua, guru atau siapa saja yang ada di dekatnya mereka. Atau pada saat mereka bertanya pada orang dewasa, mereka mengharapkan tanggapan.

Di dalam kelas guru hendaknya menanggapi keinginan dan perbuatan anak secara alami. Misalnya, menjawab pertanyaan, mengomentari pekerjaan mereka ketika mereka menunjukannya, membantu mereka jika membutuhkan pertolongan, dan sebagainya.
 
Demikian bunda-ayah, tentang cara-cara agar anak berhasil mempelajari literasi, semoga bermanfaat. terimakasih. 

CARA INSTAL APLIKASI DAPODIK PAUD DIKMAS VERSI TERBARU 2017

PAUD-Anakbermainbelajar---Sebelum menginstal menggunakan aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 3.0.0 - 3.2.2 Tahun Pelajaran 2016/2017 ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan antara lain mengenai perangkat dan spesifikasi komputer dan spesifikasi software yang digunakan harus mendukung terhadap aplikasi Dapodik PAUD Dikmas ini sebagai berikut:

SPESIFIKASI MINIMAL KOMPUTER (HARDWARE)

Untuk dapat menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas, Spesifikasi perangkat keras-Hardware minimal yang diperlukan adalah :
a. Processor minimal Pentium IV
b. Memory minmal 512 MegaByte
c. Storage tersisa minimal 100MegaByte
d. CD/DVD drive jika instalasi melalui meida CD/DVD

SPESIFIKASI MINIMAL SOFTWARE (OPERATING SYSTEM)

Untuk dapat menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas, Spesifikasi perangkat lunak-Software yang diperlukan adalah:
Operating sistem:
a. Windows XP SP3
b. Windows Vista
c. Windows 7 - 32 & 64 Bit
d. Windows 8 - 32 & 64 Bit
e. Windows 8.1 32 & 64 Bit

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aplikasi dapodik PAUD-DIKMAS Versi 3.0.0 dalam memasuki tahun ajaran baru 2016

a. Registrasi kembali ke aplikasi dengan kode registrasi lama
b. Lulusan/Keluaran siswa tahun ajaran sebelumnya ke PD keluar
c. Entri siswa baru ke aplikasi
d. Entri PTK jika ada perpindahan dari/masuk sekolah
e. Buat rombel baru
f. Pindahkan siswa pada anggota rombel sesuai rombelnya
g. Entrikan data JJM PTK pada pembelajaran
h. Jangan lupa untuk sinkron setelah melakukan perubahan

Browser
a. Google Chrome (Sangat Disarankan dan Bersih dari plugins-plugins)
b. Opera
c. Mozila Firefox


LANGKAH-LANGKAH INSTALASI APLIKASI

1. Terlebih dahulu dapatkan dan Download Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.0.0 atau versi terbarunya lagi untuk Tahun Pelajaran 2016/2017

2. Setelah mendapatkan aplikasi bisa langsung melakukan instalasi pada PC atau Laptop khusus pendataan Dapodik PAUD. Disarankan menggunakan 1 PC atau Laptop khusus dalam melakukan entry data. Seteleh itu aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan jendela berikut ini.

 

Tekan tombol Run untuk melanjutkan proses instalasi aplikasi. Selanjutnya tampilan aplikasi akan seperti jendela berikut ini



Anda sangat disarankan untuk menutup program lain sebelum proses instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas yang terkait dapat diperbaharui tanpa harus booting ulang komputer Anda.

Tekan tombol (Lanjut>) untuk melanjutkan atau tombol (Batal) untuk membatalkan instalasi.

Jika anda memilih batal maka akan dikonfirmasi proses pembatalan instalasi, tekan tombol (Yes) untuk membatalkan instalasi, tombol (No) untuk melanjutkan instalasi.

Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini. Setelah anda baca dengan seksama dan anda menyetujui tekan tombol (Saya Setuju) yang berarti Anda setuju dengan ketentua yang dituliskan dengan lisensi tersebut lalu klik (Lanjut>). Atau tekan tombol (Batal) jika tidak setuju.
 Setelah proses penginstalan selesai, klik (Lanjut>) dan tunggu hingga proses pengaturan aplikasi Dapodik PAUD Dikmas selesai.
Selanjutnya otomatis akan muncul Java Setup dan tekan tombol (Install>) seperti gambar berikut.



Tunggu sampai indikator proses ekstrasi selesai, setelah itu tekan toombol (Selesai) untuk menutup penutup instalasi.


Dengan demikian proses install dapodik PAUD Dikmas telah selesai, selanjutnya dapat dilanjutkan dengan langkah Data Prefill dan penentuan Username & Password, untuk itu silakan ikuti postingan selanjutnya tentang pengisian dapodik PAUD Dikmas. Demikian semoga bermanfaat, terimakasih.

Cari Tulisan