PASANG IKLAN PADA BLOG INI


Pasang IKLAN  PRODUK Anda Di sini. Iklan Murah  125 x 125
Paket Iklan yang Tersedia
Paket Sidebar
  • Ukuran : 125 x125 Pixel
  • Harga : Rp.20.000,-
  • Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
  • Status Pemakaian : Tersedia
  • Format :  *.JPG, *.PNG, *.GIF
  • Keterangan : Iklan akan dipasang di setiap halaman
Paket Main Page
  • Ukuran : 300x250 Pixel
  • Harga : Rp.30.000,-
  • Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
  • Status Pemakaian : Tersedia
  • Format :  *.JPG, *.PNG, *.GIF 
  • Keterangan : Iklan akan dipasang di setiap halaman utama
Paket Artikel
  • Ukuran : 300x250 Pixel
  • Harga : Rp.50.000,-
  • Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
  • Status Pemakaian : Tersedia
  • Format :  *.JPG, *.PNG, , *.GIF 
  • Keterangan : Iklan akan dipasang pada halaman setiap Posting artikel
Paket Side Header
  • Ukuran : 728x90 Pixel
  • Harga : Rp.80.000,-
  • Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
  • Status Pemakaian : Tersedia
  • Format :  *.JPG, *.PNG, , *.GIF 
  • Keterangan : Iklan akan dipasang di Atas samping Header Blog ini dan ditampilkan diseluruh halaman (Not Random).
Paket Footer
  • Ukuran : 350x19 Pixel
  • Harga : Rp.30.000,-
  • Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
  • Status Pemakaian : Tersedia
  • Format :  *.JPG, *.PNG, , *.GIF 
  • Keterangan : Iklan akan dipasang footer Blog ini dan ditampilkan diseluruh Halaman (Not Random)

HUBUNGI  KAMI DI NOMOR: 085754444649 / 085245882828

Suport By. BCA, Mandiri, BRI
 
 

Mohon maaf jika slot iklan belum ada terpasang karena belum ada permintaan untuk pemapasang iklan.
*Harga Paket Iklan sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuaan terlebih dahulu.

PUISI - BURUNG-BURUNG KECIL PAUD

Sajak kecil untuk ananda di PAUD Mentari Pagi

Burung-burung yang baru belajar terbang tadi pagi
baru belajar senyum dan membuka mata pada cakrawa dunia
dengan kepak sayap yang indah
tembang mengitari awan
merenda pelangi di sela-sela gerimis kecil
mematuki embun yang membasahi hati. 

Burung-burung kecil yang baru terbang tadi pagi
menukik dicakrawala menembus mega 
menarikan tarian indah 
bersama nyanyian angin yang membawa
citra anak Indonesia sejati.

Cinta dan sayang bunda seperti mentari
yang menyinari alam, memberi kehangatan
sayap-sayap kecil yang berhias mutiara indah
putih berkilau belum ternoda.
Kepakanlah sayap mu 
terbanglah tinggi wahai ananda tercinta
do'a bunda akan selalu menyertai
setiap langkah dalam perjalanan mu
menuju puncak cahaya.

Medio gerimis Pagi, Maret 2014


Gambar: Circle Time dan Imtag PAUD Rumah Belajar Senyum Banjarmasin.

ALASAN MENJADI PENDIDIK PAUD ITU SEHAT DAN AWET MUDA

Bunda-- banyak yang mengatakan bahwa menjadi seorang guru pendidik PAUD dan Taman Kanak-kanak itu sehat dan awet muda, ini sangat benar sekali, ternyata menjadi seorang guru pendidik PAUD bukan sekedar pengabdian yang tidak menguntungkan, salah satu keuntungan yang tidak langsung diterima adalah bunda menjadi sehat dan awet muda. Ini terjadi karena beragam aktivitas yang bersentuhan dengan anak memberikan dampak yang baik bagi bunda sendiri. Berikut alasan mengapa menjadi pendidik PAUD itu sehat dan awet muda yaitu :

1. Pendidik PAUD Sering Tersenyum untuk Anak-anak
Senyum menunjukkan kesehatan yang baik. Biasanya orang yang bugar akan terlihat segar dan bersemangat. Beberapa Penelitian menunjukan bahwa tersenyum dan Tertawa membantu seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga bunda yang selalu tersenyum tulus dan gembira pada anak-anak akan selalu berenergi dan membebaskannya dari serangan bibit penyakit.

2. Bernyanyi dan bermain seirama ritme jantung
Kegiatan di PAUD yang berupa Bernyanyi dan bermain seirama ritme jantung juga dapat melancarkan dan meningkatkan aliran darah. Ini membantu tubuh kita rileks dan membantu kita terbebas dari stres. Di sisi lain, stres dan kesedihan hanya akan menambah beban pikiran yang dapat menyebabkan serangan jantung, dengan bernyayi dan bermain secara sungguh-sungguh dengan anak, dapat menghidarkan diri dari beban stress dan penyakit serangan jantung tersebut.

3. Pendidik PAUD selalu senang hatinya
Yang menyenangkan adalah ketika melihat anak-anak yang lucu dan lugu dengan tatapan mata anak-anak yang penuh kebahagiaan dengan senyum khas di wajah mereka. Ketika kita bahagia, kita mengekspresikannya dengan tertawa atau tersenyum bersama anak-anak. Hal ini selain membuat keadaan psikis lebih santai, rileks dan hidup penuh kebahagiaan bersama anak-anak yang kita cintai.

4. Pendidik PAUD Rutin bergerak dan Berolahraga
Disadari atau tidak pendidik paud akan rajin berolahraga, karena harus mengajarkan dan mengikuti senam anak paling minimal 1 kali seminggu untuk anak-anak. Juga aktivitas di PAUD yang mengharuskan ibu guru aktif bergerak mengikuti anak-anak akan memberikan dampak olah raga yang berbentuk gerakan motorik fisik membakar kalori setiap hari. Gerakan yang terjadi selama mengikuti kegiatan bermain anak yang dapat berlangsung 30 sampai 60 menit. Selain baik bagi tubuh dan jantung, juga dapat merangsang sistem hiposis hipotalamus di otak yang mengeluarkan hormon anti aging yang kuat. Sehingga bunda menjadi tetap sehat dan vitalitas setiap saat.

Demikian bunda alasan mengapa menjadi guru atau pendidik PAUD itu bisa sehat dan awet muda, jadi tetap semangat ya bund, mendidik putra-putri kita yang membuat kita bisa selalu tertawa dan bahagia. terimakasih. semoga bermanfaat.

Gambar: Our Special Moment Aku cinta Indonesia PAUD Rumah Belajar Senyum Banjarmasin.
Dari : http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/.... terimakasih sudah berkunjung, semoga sukses.

LIRIK IRAMA DAN NADA LAGU TK BINATANG CIPTAAN ALLAH

Binatang Ciptaan Allah

Jerapah-jerapah lehernya panjang
kulitnya belang-belang..ih lucu sekali
Jerapah-jerapah itu namanya
Jerapah-jerapah ciptaan Allah..

Jalannya lompat-lompat
telinganya panjang
kulitnya hitam putih..ih..lucu sekali
kelinci-kelinci itu namanya
kelinci-kelinci ciptaan Allah

Jalannya menggal-menggol
mulutnya panjang
bulunya putih bersih.. ih..lucu sekali
bebek wekwek - bebek wekwek itu namanya
bebek wekwek - bebek wekwek ciptaan Allah.

Lihat Nada dan Lagu pada Rekaman berikut !! ya bunda.

video
Download di sini!!

FROGY DANCE TARIAN UNTUK SENAM OTAK ANAK

Entah dari mana sumber utamanya, video tarian anak yang katanya berasal dari Jepang ini sudah menyebar dari orang ke orang dan dibanyak sumber dan ada banyak di internet, silakan saja cek di Youtube. Penulis sendiri mendapatkan video ini dari salah seorang narasumber ketika mengikuti pelatihan training of trainer TOT Pendidik dan pengelola PAUD di Pusat kemaren. Dalam video yang bedurasi kurang dari 2 menit ini, gerakan tarian yang dilakukan oleh dua orang anak animasi ini terlihat mudah dan sederhana, tetapi mempunyai dinamika yang indah dan menarik. Dengan ritme musik ceria yang sesekali ditingkahi bunyi suara kodok, sangat menarik dan bagus jika diputarkan di kelas-kelas PAUD karena akan selalu menarik perhatian anak. Anak-anak di PAUD selalu antusias jika melihat video ini, mereka akan berusaha menirukan gerakan tarian dalam video tersebut dan memang cocok untuk anak usia dini terutama anak-anak usia Taman Kanak-kanak. Simak saja videonya di bawah ini:


video

Tetapi tahukah bunda, gerakan-gerakan yang dapat ditiru anak-anak PAUD dalam video tersebut ternyata sangat bagus untuk perkembang anak karena mengandung unsur-unsur senam otak (brining gym) untuk anak usia dini. Seperti kita ketahui brining gym juga dibutuhkan oleh anak untuk membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan anak.  

Jadi ayo bunda ajarin anak-anak frogy dancenya...ya ..!!

Untuk mendapatkan video Frogy Dance silakan download di sini !!

KITA TUNGGU PERUBAHAN KURIKULUM PAUD DITAHUN 2014-2015

Mengapa ditulis judul di atas kita tunggu kurikulum 2014-2015, karena seperti yang sudah-sudah setelah pergantian suksesi pimpinan eksekutif dan legislatif kita maka akan terjadi peninjauan ulang terhadap kurikulum yang sedang dilaksanakan. Periode selanjutnya setelah pemilu bulan April 2014, akan ada jenjang rentang waktu hingga akhir tahun 2015 untuk melakukan peninjauan dan perubahan terhadap kurikulum PAUD kita. Peraturan pemerintah yang baru mungkin akan diterbitkan, atau mungkin masih menggunakan PP yang lama hingga akhir periode 5 tahun kepemimpinan eksekutif yang akan datang, kita tunggu saja.!

Kurikulum yang sekarang kita pakai yaitu yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 yang telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 7 Mei 2013, juga menyisipkan bab khusus tentang Kurikulum, yang diletakkan pada Bab XIA. Ada sejumlah pasal menyangkut Kurikulum yang disisipkan di antara Pasal 77 dan Pasal 78 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yaitu dari Pasal 77A hingga Pasal 77Q. Disebutkan dalam PP ini, bahwa Kerangka Dasar Kurikulum berisi landasan fisiologis, sosiologis, psikopedagogis, dan yuridis sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Kerangka Dasar Kurikulum ini digunakan sebagai: a.Acuan dalam Pengembangan Struktur Kurikulum tingkat nasional; b.Acuan dalam Pengembangan muatan lokal pada tingkat daerah; dan c.Pedoman dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, muatan Pembelajaran, mata pelajaran, dan beban belajar pada setiap satuan pendidikan dan program pendidikan,” bunyi Pasal 77B ayat (1) PP No. 32 Tahun 2013.

Menurut PP ini, Struktur Kurikulum PAUD formal berisi program Pengembangan pribadi anak; Struktur Kurikulum untuk satuan pendidikan dasar berisi muatan umum; untuk pendidikan menengah terdiri atas:
a. Muatan umum
b. Muatan peminatan akademik
c. Muatan peminatan kejuruan
d. Muatan pilihan lintas minat/pendalaman minat.

Muatan umum sebagaimana dimaksud terdiri atas muatan nasional untuk satuan pendidikan, dan muatan lokal untuk satuan pendidikan sesuai dengan potensi dan keunikan lokal,” bunyi Pasal 77B ayat (9) PP tersebut.

Struktur Kurikulum PAUD yang berjalan

PP ini menjelaskan, Struktur Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) formal berisi program-program Pengembangan nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Ketentuan lebih lanjut mengenai Struktur Kurikulum PAUD diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang ditelah ditetapkan menteri pendidikan terkait.

Berdasarkan Keputusan Mendiknas tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini Pada Pasal 1 Standar pendidikan anak usia dini meliputi pendidikan formal dan nonformal yang terdiri atas:
a. Standar tingkat pencapaian perkembangan;
b. Standar pendidik dan tenaga kependidikan;
c. Standar isi, proses, dan penilaian; dan
d. Standar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan. Sumber

Bagaimana dengan acuan kurikulum 2014, masih kita tunggu, sementara ini tetap kita laksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 ini secara optimal, kita berharap ada perbaikan yang diorientasikan pada peningkatan kemempuan anak didik dan profesionalisasi guru dan pendidik. Demikian gambaran dan harapan tentang acuan kurikulum PAUD tahun 2014 ini semoga bermanfaat. terimakasih.  

Sumber : 
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.  
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tahun 2009 

BERMAIN SAMBIL MELATIH FISIK MOTORIK KESEIMBANGAN ANAK USIA DINI

Paud Istiqlal
Anak usia dini berada dalam tahapan usia dimana anak sedang berada pada masa-masa yang cukup riskan secara fisik dan motorik. Pada masa ini anak telah mulai mengembangkan otot-otot motoriknya dengan proses dinamika geraknya. Saat anak dalam proses ini tidak jarang anak mengalami kejadian yang diluar dugaan seperti benturan atau kecelakaan, yang terjadi saat anak sedang bermain atau beraktivitas fisik yang berat di luar. 

Karena itulah anak perlu dilatih kemampuan fisik dan motoriknya dengan cara yang tepat agar dapat meningkatkan konsentrasi, koordinasi kekuatan otot-otot dan kepercayaan diri yang tinggi, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan, seperti jatuh, terbentur, kehilangan keseimbangan atau keragu-raguan dalam aktivitas geraknya.

Otot dan fisik anak usia dini ini dapat dilatih dengan berbagai terknik dan cara yang menarik dan menyenangkan bagi anak, salah satunya bermain permainan keseimbangan yang bagus untuk melatih otot-otot tubuh anak sehingga meningkatkan keseimbangan tubuh, kelenturan, dinamisasi dan memperkuat punggung, otot-otot perut dan tungkai anak.


Berikut kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk melatih keseimbangan dengan bermain yang menyenangkan bagi anak:
  • Berjalan lurus dengan garis lurus atau papan keseimbangan, ini dapat dilakukan anak sambil membawa atau menjinjing barang di atas kepalanya.
  • Anak melakukan posisi dan gerakan membungkuk dengan kaki lurus dengan kedua tangan dilemaskan mencoba menyentuh jari-jari kaki.
  • Anak menirukan jalan binatang Onta, gerakan maju perlahan dengan tubuh membungkuk tangan dan kaki yang diluruskan ke bawah, bergerak seperti jalan binatang onta.
  • Anak merentangkan kedua tangan lebar-lebar kesamping, ke atas, ke belakang, kedepan.
  • Anak berdiri berjinjit dengan posisi ini ditahan kurang lebih 5 menit tanpa jatuh, jika anak jatuh harus diulangi lagi dari awal.
  • Anak berdiri berjinjit dan perlahan-lahan jongkok.
  • Menyentuh jari kaki dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  • Berjalan cepat sambil kedua tangan membawa ember kecil yang penuh air dan tidak tumpah.
  • Permainan lembar bola berpasangan dan berjalan menyamping yang jarak lemparnya semakin lama semakin dijauhkan jaraknya. 
  • Menembakan bola dengan menendang ke gawang dengan jarak tembak yang semakin lama ditambah jarak jauhnya tempat menembak bolanya.
Demikian beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih keseimbangan dengan bermain bagi anak, semoga bermanfaat untuk melatih fisik, motorik keseimbangan anak. Sehingga mudah kita terapkan di lembaga PAUD kita masing masing. Terimakasih.

Sumber: Dirangkum dan disarikan dari bahan penataran diklat Pengelola dan Pendidik TK PAUD, Ditjen PTKPAUDNI di Hotel Sapir  tahun 2012.

Dari: http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/....terima kasih sudah berkunjung. semoga sukses. salam anak Indonesia.

STANDAR KOMPETENSI KEPALA TAMAN KANAK-KANAK (TK)

Diklat Kepala TK Banjarmasin

Sebagai dasar penyusunan standar kompetensi kepala sekolah Taman Kanak-kanak / TK adalah sebagai berikut :
1.UU No. 20 Sisdiknas
2.PP No.19 tahun 2005 khususnya yang terkait dengan pasal-pasal yang mengatur kompetensi kepala sekolah :
- Pasal 28  Memiliki kualifikasi sebagai pendidik ;
- Pasal 38 Memiliki kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan;
- Pasal 39  Memiliki kualifikasi sebagai pengawas;
- Pasal 49 Memiliki kemampuan mengelola dan melaksanakan satuan pendidikan .
- Pasal 52 Memiliki kemampuan menyusun pedoman
- Pasal 53 Memiliki kemampuan menyusun perencanaan.

Selain itu sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 162/U/2003 tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, Pasal 9 ayat (2), dijelaskan bahwa aspek penilaian kepala sekolah atas dasar tugas dan tanggungjawab kepala sekolah adalah sebagai :
a.  Pemimpin
b.  Manajer
c.  Pendidik
d.  Administrator
e.  Wirausahawan
f.   Pencipta Iklim Kerja
g.  Penyelia.

Berdasarkan uraian di atas,  maka kepala sekolah Taman Kanak-kanak / TK yang kompeten secara umum  harus memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, performance dan etika kerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah
Taman Kanak-kanak / TK, yang diuraikan dalam Kompetensi Profesional, Kompetensi Wawasan Kependidikan dan Manajemen, Kompetensi Personal dan Kompetensi Sosial.

Berikut adalah komponen-komponen kompetensi yang harus dimiliki seorang kepala sekolah
Taman Kanak-kanak / TK secara konstitusi dan normatif yang meliputi komponen-komponen sebagai berikut :

1.Komponen Kompetensi Profesional
  • Kepala Sekolah sebagai pemimpin
  • Kepala Sekolah sebagai manajer
  • Kepala sekolah sebagai pendidik
  • Kepala Sekolah sebagai administrator
  • Kepala sekolah sebagai wirausahawan
  • Kepala sekolah sebagai Pencipta Iklim Kerja


2.Komponen Kompetensi Wawasan Kependidikan dan Manajemen.
  • Menguasai landasan pendidikan
  • Menguasai kebijakan  pendidikan
  • Menguasai konsep  kepemimpinan dan manajemen pendidikan


3.Komponen Kompetensi Personal atau Kepribadian
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Berakhlak mulia
  • Memiliki etos kerja yang tinggi
  • Bersikap terbuka
  • Berjiwa pemimpin
  • Mampu mengendalikan diri
  • Mampu mengembangkan diri
  • Memiliki integritas kepribadian


4.Komponen Kompetensi Sosial
  • Mampu bekerja sama dengan orang lain
  • Berpartisipasi dalam kegiatan kelembagaan/sekolah.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan.
Demikian ringkasan standar kompetensi kepala sekolah Taman Kanak-kanak (TK), semoga bermanfaat, terima kasih.

CARA ANAK MENGEMBANGKAN BAHASANYA MENURUT TEORI PRAGMATIK

Anak belajar bahasa dengan caranya sendiri, berbeda dengan orang dewasa, cara anak belajar bahasa adalah pertama kali dengan tidak melepaskan diri dari kondisi dan pengaruh lingkungan terdekatnya. Pengaruh terbesar adalah lingkungan masyarakat terkecilnya yaitu keluarga, terutama dari ayah dan bunda yang setiap hari dekat denganya. Para ahli dari aliran teori pragmatik berpandangan bahwa anak belajar bahasa dengan kerangka hubungan sosial dan berkaitan dengan perilaku yang diarahkan agar sesuai dengan teori kebutuhan dan keinginan seseorang. Dalam teori pragmatik anak belajar bahasa diasumsikan jika anak selain belajar bentuk dan arti bahasa, juga termotivasi oleh fungsi bahasa yang bermanfaat bagi mereka. Dengan demikian anak belajar bahasa disebabkan oleh berbagai tujuan dan fungsi bahasa yang dapat mereka peroleh. 

Seperti yang dilansir dalam Halliday, cara anak mengembangkan bahasa dalam proses tahapan pertamanya melalui interaksi dengan orang-orang dekat disekitarnya dengan meliputi hal-hal sebagai berikut:

1. Bahasa  sebagai interaksi bagi anak 
Anak menggunakan bahasanya sebagai sebuah proses interaksi bagi orang lain yang diungkapkan anak secara prosonal pada orang lain. Misalnya: anak berkata "Ajaklah saya bersama ketaman itu..."

2. Bahasa sebagai ekspresi personal
Anak mengungkapkan bahasa sebagai sebuah reaksi dan ungkapan personalnya, menyangkut ekpresinya pada saat itu. Misalnya: anak berkata "Saya senang ini enak sekali.."

3. Bahasa sebagai instrumental 
Misalnya: anak berkata "Saya ingin melihat bintang di kebun binatang..." 

4. Bahasa sebagai dogmatis
Misalnya: anak berkata "Berikan pada ku mainan itu..." 

5. Bahasa dalam konsep heuristic  
Misalnya: anak berkata "Mengapa?, Bagaimana? dsb ..."   

6. Bahasa sebagai sarana Informatif
Anak mengekspresikan suatu pengetahuan, pemahaman, informasi yang diketahuinya dalam ungkapan bahasanya.  Misalnya: anak berkata "Ada hal yang ingin saya sampaikan kepada mama ..."

7. Bahasa dalam konsep imajinatif 
Anak berimajinasi untuk menjadi sesuatu atau seseorang yang jadi panduan imitasi anak yang kemudian diekspresikan dalam ungkapan bahasanya.  Misalnya: anak berkata "Seandainya saya bisa menjadi bidadari cantik ..." 

Dalam pemahaman teori prakmatik, saat anak menginginkan sesuatu dengan mengatakan 'makan' jadi 'mamam' dan ia memegang sendok yang diambil dari piring kosong, anak tersebut menyadari bahwa bahasa dapat digunakan untuk meminta dan menerima sesuatu dari orang lain, dalam hal ini pada ayah atau ibunya. Anak dipahami dari berbagai kegiatan berbahasanya, yang mencakup konteks kalimat tanya, pengulangan dan kecendrungan anak berceloteh sesuai tahapan perkembangannya.

Demikian cara anak mengembangkan bahasanya menurut teori prakmatik. Semoga bermanfaat untuk ayah, ibu yang sedang mengamati dan menunggu-nunggu ananda berbicara. makacih, cemoga cukces ya bunda..hihi.

Sumber: disarikan dari berbagai sumber !!

Dari:  http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/...terimakasih sudah berkunjung...salam kenal, salam anak Indonesia.



 


CARA AMAN DAN MUDAH MENGHILANGKAN GURATAN BEKAS MELAHIRKAN-STRECTHMARK

Bunda, guratan bekas melahirkan atau yang disebut Strecthmark itu Secara medis, adalah suatu kerusakan lapisan kulit yang berupa kerutan atau guratan-guratan berwarna putih, kemerahan, atau kecoklatan sesuai dengan warna kulit penderita, yang biasanya berada didaerah perut di bawah pusar. Biasanya stretch mark dialami oleh ibu sehabis melahirkan, terutama yang sudah melahirkan anak pertama.

Mungkin bunda bertanya..apa sih penyebab dari stretchmark? Penyebabnya adalah peregangan kulit secara berlebihan dalam waktu yang lama (hamil) sehingga membuat jaringan kulit mengalami kerusakan. Selain itu, pada waktu hamil kebanyakan wanita cenderung mengalami keluhan gatal yang berat. Hal ini tentunya membuat keinginan ibu hamil untuk menggaruknya. Nah, bekas garukan itulah yang membuat kulit cedera dan menimbulkan bekas atau stretch mark.

Adakah cara untuk menghilangkan stretch mark? Untuk menghilangkan kerut pasca melahirkan, mungkin beberapa tips berikut dapat membantu Anda.

Stecthmark ini bisa hilang namun tidak instan, dan dapat dihilangkan baik secara alami maupun ilmiah seperti dilansir oleh Boldsky.

Berikut tips menghilangkan guratan bekas melahirkan (strecthmark) secara alami dan secara ilmiah kedokteran:

Secara Alami:

Es dapat mengencangkan pori-pori kulit dan membantu dalam mengurangi bekas melahirkan. Masukkan es batu ke dalam kantung kompres dan gosokkan dengan lembut pada daerah bekas melahirkan selama 5 menit. Ulangi secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Minyak zaitun dapat melembabkan kulit dan tekstur kulit Anda. Minyak ini berguna untuk meringankan tanda bekas melahirkan, tetapi tidak mampu menghilangkan secara total. Pijatlah daerah tanda bekas melahirkan dengan minyak zaitun setiap hari selama 10 menit.

Vitamin E dikenal mampu mengobati kerusakan kulit akibat dari radikal bebas pada sel-sel tubuh kita. Ini sangat efektif untuk mengobati tanda bekas melahirkan. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dapat membantu Anda untuk menghilangkan tanda bekas melahirkan secara alami.

Buah-buahan. Banyak vitamin bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti lemon, anggur, jeruk, kiwi, atau apricot.

Sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang dapat membantu menghilangkan stretch mark adalah wortel, bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

Jus tomat mengandung banyak antioksidan yang membantu dalam mengurangi kerusakan sel kulit. Anda bisa menggunakan jus tomat sebagai masker alami untuk menyembuhkan tanda bekas melahirkan.

Vitamin A dan C juga sangat membantu dalam penyembuhan tanda bekas melahirkan. Buatlah pasta dari makanan yang kaya akan vitamin seperti kiwi, aprikot, dan jeruk. Kemudian gunakan pasta itu sebagai masker pada tubuh Anda. Ini adalah obat alami untuk menyembuhkan tanda bekas melahirkan.


Gunakan masker bahan alami

Tomat. Anda bisa menggunakan tomat untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan. Cara penggunaannya yaitu dengan memblender tomat tersebut. Setelah itu, jadikan hasil blenderan tersebut menjadi masker.

Anggur. Ekstrak dari buah anggur dipercaya ampuh menghilangkan kerut setelah melahirkan. Cara penggunaannya sama seperti tomat yaitu dengan diblender, baru kemudian dijadikan sebagai masker.

Lidah buaya. Lidah buaya juga diyakini mampu menghilangkan guratan-guratan pasca melahirkan. Cara penggunaannya sangat sederhana yakni dengan mengusapkan daging lidah buaya yang berwarna putih pada stretch mark. Agar hasil maksimal, Anda bisa melakukan cara ini 2 sampai 3 kali sehari.

Kapur dan jeruk nipis. Cara lain yang bisa Anda gunakan yakni dengan mengoleskan campuran dari kapur dan air perasan jeruk nipis pada bagian yang mengalami kerut.

Minyak almond. Bahan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark adalah minyak almond yang dilakukan dengan cara memijatkannya setiap hari ke daerah yang terdapat stretch mark.

Makan makanan bernutrisi seperti sayuran dan buah-buahan segar adalah cara paling ideal untuk menghilangkan tanda bekas melahirkan. Tanda ini tentu dapat diobati secara alami di rumah.

Secara Ilmiah Kedokteran

Untuk menghilangkan guratan Strecthmark ini juga dapat dilakukan dengan perawatan secara ilmiah kedokteran yang umumnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu laser dan mesotherapy 

Laser. Laser adalah operasi yang dapat memakan biaya banyak, namun hasil yang didapat terbukti memuaskan. Dalam perawatan ini, dokter akan mengecek seberapa parah stretch mark yang dialami penderita. Hal ini bertujuan untuk menentukan berapa kali operasi laser akan dilakukan.

Mesotherapy. Jenis perawatan ini adalah dengan menyuntikkan vitamin pada bagian yang terkena stretch mark. Untuk perawatan ini, sebaiknya cari dokter yang benar-benar kompetens dan terpercaya atau ahli dibidangnya.

Demikian tips cara menghilangkan guratan bekas melahirkan (strecthmark) untuk ibu melahirkan, semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kembali kecantikan dan persona para bunda. Termakasih sukses terus ya bun..salam.


Sumber : Dirangkum dari berbagai sumber
Sumber utama :http://www.docshop.com/
Sumber gambar: via.health.okezone.com

ANAK DAN BUNDA CANTIK SEKALI

Mungkin kisah anak di sebuah PAUD berikut ini dapat menjadi bahan renungan bagi kita dalam mendidik anak-anak yang kita cintai, pendidikan karakter sangat penting mengingat proses perubahan jaman yang sangat dinamis dan tidak dapat diduga bagi anak :

Suatu hari seorang anak berkata kepada ibunya "Mamah disekolah tadi bu guru baik dan cantik sekali, Elsa pengen deh seperti ibu guru"... Si ibu hanya tersenyum dalam hatinya bertanya-tanya apa gerangan yang menyebabkan anaknya jadi begitu kagum dengan ibu gurunya di sekolah hari ini.

Besoknya Elsa berkata lagi pada pada ibunya: "Mamah Elsa mau pake jilbab seperti ibu guru, Elsa mau cantik seperti bidadari surga".... Ibunya pun hanya tersenyum dan mengangguk senang, tapi hatinya semakin penasaran kok bisa Elsa jadi pintar dan penurut begini pikirnya, ada rasa senang sekaligus bimbang membayangkan jika Elsa nanti pake jilbab.

Besoknya lagi ibunya Elsa menemui ibu guru di PAUD, dia pun mengungkapkan dan menceritakan tentang apa yang diceritakan Elsa dan permintaan Elsa yang tiba-tiba untuk memakai Jilbab. Dengan rasa senang dan gembira Ibu guru mendengar apa yang diceritakan oleh Mamahnya Elsa. Alangkah senang lagi hati ibu guru ketika melihat mamahnya Elsa sekarang juga memakai jilbab, berhijab, dan sekarang pakaiannya terlihat rapi dengan menutup aurat ketika mengantar anaknya ke sekolah. Ibunya Elsa pun bertanya kepada ibu guru, apakah dia cantik pake jilbab?. jawaban ibu guru sama dengan jawaban ayahnya Elsa ketika melihat ibunya bersama Elsa... "Cantik sekali, ibu dan anak seperti bidadari surga."

Sungguh cantik bunda, kecantikan bukan hanya rupa tapi hati juga, alangkah indah pendidikan anak kita jika dimulai dari perubahan dari hati orang dewasa. Karena bagi anak contoh lebih mujarab, dan orang dewasa dilingkungannya adalah model bagi perubahan perilakunya.


Bunda Cantik, anak pun ikut cantik.

Sumber gambar: http://m.syariahpublications.com/

CARA MEMBUAT MAKANAN BAYI : BUBUR SARING HATI AYAM

Salah satu menu yang dapat disajikan untuk sikecil yang berusia sekitar 8 bulan ke atas adalah bubur saring hati ayam, bubur saring ini dapat diberikan sebagai kombinasi makanan pendamping yang sangat baik karena mengandung nilai gizi yang sangat tinggi. Berikut ini cara membuat bubur Saring Hati Ayam yang baik untuk anak bayi kita sbb:

* Bahan-bahan
- 1 buah hati ayam ukuran sedang
- 1 buah tahu putih (ingat yg tidak pakai formalin ya..he)
- 750 ml kaldu kaki ayam
- 2 sendok makan beras merah yang sudah dibersihkan
- 30 gram bayam merah, iris halus
- 100 ml santan kental



* Cara pengolahan masakan
- Bersihkan semua bahan terutama beras merah yang harus dicuci hingga bersih.
- Rebus beras, hati ayam, dan tahu dalam kaldu hingga menjadi bubur. 
- Masukan sisa bahan dan masak hingga 3 menit, lalu angkat dan dinginkan.
- Haluskan dengan blender atau saring dengan cara menekan-nekan makanan tim pada saringan yang kuat (dari plastik/kawat).
- Sajikan bubur bayi dalam wadah yang menarik khusus bayi
- Sajikan untuk 2 porsi atau dua kali makan sesuai kebutuhan.

Demikian cara membuat bubur saring hati ayam untuk bayi, semoga bermanfaat. terimakasih.

Dari : http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/... terimakasih atas kunjungannya.. semoga bermanfaat.

TIPS CARA MENJAGA POLA MAKAN YANG BAIK IBU HAMIL

Ibu hamil perlu menjaga pola makan agar dapat membantu menjaga kesehatan dan kemampuan tubuh dalam menghadapi masa-masa kehamilannya, karena dengan menjaga pola makan juga akan menghindari dari beberapa masalah serius nantinya berkaitan dengan kondisi kehamilan, seperti misalnya kelebihan berat badan dan kebersaran atau kecilnya janin cabang bayi yang dikandung. Berikut beberapa tips cara menjaga pola makan bagi ibu hamil sbb:

Disiplin membenahi pola makan yang seimbang sejak awal kehamilan, dengan komitmen untuk disiplin dari segi waktu, jenis makanan, jumlah asupan dan kualitas makanan yang diberikan pada Ibu hamil.

JANGAN BUNUH KHAYALAN ANAK DALAM DONGENG DAN CERITA

Sudah saatnya kita melakukan perubahan, perubahan berfikir kreatif yang selama ini masyarakat kita miliki yang ternyata dimulai dari kemampuan berfikir imajinatif yang salah. Kesalahan ini diwariskan dari generasi ke generasi hingga anak-anak kita sekarang. Hingga yang terbentuk adalah generasi berfikir dangkal dan mau enak sendiri, serba instan saja.

Penyebabnya adalah kita selalu membunuh khayalan anak. Patronizing. Kita orang dewasa terlalu menganggap remeh anak-anak. Kita tidak pernah mau menerima dan memahami bahwa Anak dapat menarik interpretasi sendiri dengan kreatif dan imajinatif.

DOWNLOAD JUKNIS PANDUAN LOMBA APRESIASI PTKPAUDNI BERPRESTASI TAHUN 2014

PANDUAN JUKNIS LOMBA APRESIASI PTKPAUNI BERPRESTASI TAHUN 2014

Jenis-jenis Lomba Apresiasi PTKPAUDNI Berprestasi tahun 2014 ini adalah :

7 KESALAHAN BERBAHAYA DALAM MEMBERI MAKAN BAYI

Kita sebagai orang tua hendaknya memberikan makanan dan nutrisi yang baik kepada bayi dan balita kita. Diawal pertumbuhannya ini anak yang masih bayi memerlukan kehati-hatian kita dalam memberikan makanan kepada mereka, jangan sampai pemberian makanan yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan bagi bayi, malah jadi malapetaka yang menjadi penyebab timbulnya penyakit yang sangat berbahaya bagi bayi kita. Berikut 7 kesalahan yang berbahaya dalam memberikan makanan kepada bayi yaitu :

PUISI-MENTARI PAGI DIAWAL MUSIM

Sajak kecil untuk anak-anaku di PAUD

Senyum, mu, ceria mu, canda tawamu di taman indah ini
menerbangkan kupu-kupu bersayap pelangi
meniupkan wangi bunga yang membuai hati
merayu kucup bunga agar mekar berseri
bersama kokok ayam jantan pagi hari 
celoteh merdu menandai awal hari dengan cinta sejati.
Mengoresi musim demi musim dengan hati kecil
yang masih teramat suci 

Dari jendela di ruang kelas PAUD ini
kita tatap mega bersama-sama
sambil bercerita tentang burung merpati
yang tebang bersama sayap bidadari
mengepak gagah perkasa sang garuda
mengitari awan dan mendaki pelangi 
menuju istana imajinasi.

Tumbuhlah, berkembanglah
bersama genggaman lembut 
tangan bunda yang mulia, seiring langkah
diiringi nyanyian merdu suara rumpun bambu
teruslah bermain dalam dekapan cahaya
hingga senja menjelang dan burung-burung
pulang kesarang.

Anada ku sayang, biarkan hari berlalu
dan engkau telah melangkahkan kaki 
keluar dari ruang kelas sentra ini
enggkau teruslah berjalan bersama naungan cinta
ketika dirimu telah tumbuh dewasa
ketika suara mu telah bergema
menggetarkan angkasa
menembus cakrawala dunia
bersama cita-cita kecil yang mulia
untuk berjuang membangun nusa dan bangsa.


Medio Kota Seribu sungai, 2013


Dari:  http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/..terimakasih sudah berkunjung keblog ini, salam kenal, salam anak Indonesia.

MANFAAT KEGIATAN BERMAIN DENGAN BAHAN MAIN TERSTRUKTUR PAUD

Main Puzzel sebagai main terstruktur anak PAUD
Bahan main yang terstruktur seperti : balok unit, balok berongga, lotto, leggo dan bahan montesori serta puzzel. Bahan main ini dapat membantu anak mengembangkan kemampuan sensorimotornya serta melatih koordinasi mata dan tangan. Bahan terstruktur ini sangat alamiah dan dapat membantu anak mengembangkan kontrol diri, Selain itu melalui bahan ini anak dapat belajar tentang bentuk, ukuran, urutan dan angka.

Cari Tulisan