Home » , , , » GAMBAR CONTOH APE ALAT MAIN AKSARA DAN ANGKA DI PAUD

GAMBAR CONTOH APE ALAT MAIN AKSARA DAN ANGKA DI PAUD

Dalam makna sederhana, keaksaraan pada anak usia dini melibatkan kemampuan anak dan proses pembelajaran yang mengarah pada kemampuan anak mengenal simbol atau huruf dalam sebuah alat mainnya.

Mengacu pada teori Jean Piaget yang menyatakan bahwa Anak usia Paud berada pada tahapan pra-operasional konkrit yaitu tahap persiapan kearah pengorganisasian pekerjaan yg konkrit dan berpikir intuitif dimana anak mampu mempertimbangkan tentang besar, bentuk dan benda-benda didasarkan pada interpretasi dan pengalamannya (persepsinya sendiri).

Karena itu sangat penting bagi anak untuk diberikan alat main yang mendukung kegiatan keaksaraannya karena seperti yang telah kita sadari bersama kesalahan pembelajaran masa lalu di TK -TK kita yang mendril anak terus menerus tenyata tidak menciptakan anak-anak yang kreativ. Ada perbedaan antara anak yang didrill terus menerus dibandingkan anak yang dibolehkan untuk melakukan percobaan dengan huruf, kata, dan menulis dalam lingkungan keaksaraan yang bebas tekanan.

Berikut beberapa contoh gambar alat-alat bermain berbasis keaksaraan yang diantaranya dapat dibuat sendiri oleh bunda para pendidik PAUD dengan mudah, dan kreativ dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas yang ada dilingkungan kita :




























































Sumber Gambar : Di unduh dan dikumpulkan Dari berbagai sumber, antara lain :
- Google
- Wikipedia
- Copas-copasan FaceBook
- Paudni.kemendikbud.go.id
- learwithplayathome.com
- koleksi pribadi
- dll.

0 komentar:

Cari Tulisan